Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Kalap Saat Buka Puasa, Cek Tipsnya di Sini!

List Artikel
7 April 2022 | 0 Komentar

Berpuasa seharian penuh kerap kali bisa membuat kita sering kalap saat berbuka puasa. Melihat makanan yang tersaji di atas meja makan dan mencium aroma wangi makanan, siapa sih yang tak tergoda. Keinginan untuk menyantap semua makanan di atas meja makan, mulai dari makanan pembuka, camilan, hingga makanan besar saat berbuka memang bisa membuat orang kalap. Tapi jika kamu menyantap semuanya sekaligus, perutmu bisa sakit loh. Setelah seharian perut tidak terisi, jika perut langsung diisi penuh, pastinya sistem pencernaan akan kaget. Akibatnya perut mudah begah, kembung, hingga mengakibatkan penyakit pencernaan lainnya. Lantas apakah kalap saat berbuka puasa ini bisa dicegah? Tentu saja bisa. Coba yuk ikuti beberapa cara yang ada di bawah ini!


Sumber: Imcnews.id


Berbuka Puasa dengan Air Putih

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kalap saat berbuka puasa adalah dengan minum air putih saat berbuka. Hampir sebagian besar orang lebih memilih untuk minum minuman manis untuk berbuka puasa, mulai dari teh hingga sirup. Padahal jika mereka berbuka dengan air putih, maka rasa kalap saat berbuka bisa dihindari. Pasalnya air putih bisa menetralisir keinginan tubuh untuk menyantap makanan secara berlebihan.


Menu Makanan Harus Seimbang

Selain minum air putih, salah satu cara agar tidak kalap saat berbuka adalah dengan makan makanan yang seimbang, yakni ada karbohidrat, protein, hingga serat yang kaya vitamin dan mineral. Jika menu makanan tak seimbang, maka tubuh yang kekurangan nutrisi cenderung meminta makanan lebih supaya bisa memenuhi nutrisinya. Jadi selalu usahakan ada nasi, sayur, dan lauk pauk ya saat berbuka.


Bikin Daftar Makanan untuk Berbuka dalam Seminggu

Berikutnya buatlah daftar makanan yang akan disantap saat berbuka. Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mencegahmu kalap mata dan kalap makan. Menjelang berbuka, biasanya kita ingin makan ini dan itu untuk berbuka. Lalu pada saat berbuka, semua makanan tersebut tanpa disadari sudah tersaji lengkap di atas meja dan membuatmu kalap saat menyantapnya. Dengan merencanakan ingin berbuka pakai apa selama satu minggu, maka kamu bisa menyantap semua takjil yang diinginkan secara bertahap. Misalkan saja kamu ingin makan cendol, martabak, serta es pisang ijo. Jika tidak membuat list perencanaan, bukan hal yang mustahil kalau kamu menyantapnya dalam waktu satu hari.


Jangan Lewatkan Makan Sahur

Poin ini sangat penting kamu perhatikan! Kalap saat berbuka puasa juga bisa diakibatkan karena kamu tidak makan sahur. Jika kamu melewatkan sahur, maka tubuh bisa merasa cepat lapar dan akibatnya ketika berbuka, perut yang sangat lapar tersebut bisa menjadi kalap saat berbuka. Setidaknya kalau kamu sahur, rasa lapar yang timbul saat berbuka adalah rasa lapar yang wajar.


Istirahat yang Cukup Selama Berpuasa

Tips yang terakhir adalah dengan beristirahat yang cukup selama berpuasa. Jika tubuh tidak diistirahatkan dengan baik saat berpuasa, maka metabolisme tubuh akan terganggu dan tubuh cepat lelah. Jika tubuh sudah lelah, maka dibutuhkan asupan nutrisi yang lebih. Untuk memenuhinya, tubuh harus diberi asupan yang lebih. Inilah yang membuat kamu kalap saat berbuka karena harus memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar tidak kalap saat berbuka puasa yang bisa kamu praktekan supaya perut kamu aman dari asam lambung atau maag ya, teman Pergikuliner!

Dapua Restaurant - Balairung Hotel

Foto Dapua Restaurant - Balairung Hotel
Foto Dapua Restaurant - Balairung Hotel
Foto Dapua Restaurant - Balairung Hotel

Al-Jazeerah Lounge

Foto Al-Jazeerah Lounge
Foto Al-Jazeerah Lounge
Foto Al-Jazeerah Lounge

Kongkow Coffee & Eatery

Foto Kongkow Coffee & Eatery
Foto Kongkow Coffee & Eatery
Foto Kongkow Coffee & Eatery

Hang Tuah Kopi & Toastery

Foto Hang Tuah Kopi & Toastery
Foto Hang Tuah Kopi & Toastery
Foto Hang Tuah Kopi & Toastery

Momo Paradise

Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?