Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Makan Shabu-shabu? Kenalan Yuk Sama Seluk Beluk Kuah Kolagen

List Artikel
27 Desember 2019 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang sangat suka menyantap shabu-shabu? Shabu-shabu merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Jepang. Kuliner berkuah ini memang sangat populer di masyarakat Indonesia, terutama saat musim hujan seperti sekarang ini. Saat menyantap shabu-shabu, biasanya ada berbagai macam pilihan kuah yang bisa kamu pilih. Mulai dari kuah tomyum, kuah spicy, kuah sukiyaki, kuah miso, kuah konbu dan hingga kuah kolagen yang banyak digemari. Berbicara tentang kuah kolagen, tahukah kamu kalau kuah ini ternyata menyimpan banyak sekali manfaat untuk tubuhmu. Tapi sebelum membahas tentang manfaatnya, kamu sendiri tahu tidak apa itu kuah kolagen yang sering dijadikan kuah shabu-shabu?



Sumber : Pergikuliner.com

 

Kuah kolagen merupakan kuah yang dibuat dari kaldu tulang. Berbagai macam tulang hewan seperti tulang sapi, domba, ayam, ikan, hingga bebek direbus dalam jangka waktu yang sangat lama hingga kuahnya ingin mengental dan berubah warna. Semakin lama waktu merebusnya, maka semakin lezat dan terasa cita rasa kaldu tulangnya. Untuk memperkaya rasa, saat membuat kuah kolagen ini bisa ditambahkan dengan aneka bumbu rempah dan sayuran, mulai dari bawang bombay, daun bawang, daun seledri, wortel, merica dan lain sebagainya. Beda bumbu rempah dan sayuran yang digunakan, maka cita rasanya juga akan berbeda.



Sumber : Pergikuliner.com

 

Setelah selesai direbus, semua bahan-bahan yang digunakan harus disaring terlebih dahulu sehingga kuahnya jadi lebih bersih. Saat memasak kuah kolagen, biasanya akan ada lapisan lemak berwarna keruh yang ada pada permukaannya. Kamu harus membuangnya supaya tampilan kuah kolagen jadi lebih bening. Berhubung dihasilkan dari tulang, rempah dan sayuran, maka tak heran kalau kuah kolagen ini punya cita rasa yang sangat gurih alami. Tidak diketahui secara pasti dari mana kuah kolagen ini berasal, tapi rata-rata mengira kalau kuah ini berasal dari Beijing atau Tiongkok. Hal ini dikarenakan shabu-shabu yang aslinya menggunakan kuah kolagen ini berasal dari negara tersebut. Kuah kolagen tak hanya digunakan pada sajian shabu-shabu, tetapi juga digunakan pada aneka kuliner Jepang lainnya seperti ramen serta udon.

 

Sekarang sudah tahu bukan bagaimana seluk beluk kuah kolagen? Buat kamu yang ingin menyantap shabu-shabu enak, mampir saja ke salah satu restoran shabu-shabu yang ada di bawah ini ya!

Shaburi Shabu Shabu

Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu

KOBESHI by Shabu - Shabu House

Foto KOBESHI by Shabu - Shabu House
Foto KOBESHI by Shabu - Shabu House
Foto KOBESHI by Shabu - Shabu House

Momo Paradise

Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise

Shabu Hachi

Foto Shabu Hachi
Foto Shabu Hachi

Takemori Shabu - Shabu

Foto Takemori Shabu - Shabu
Foto Takemori Shabu - Shabu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?