Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Ngantuk Habis Makan? Ini Tips Mengatasinya!

List Artikel
18 September 2018 | 0 Komentar

Tak sedikit orang yang merasa mengantuk setelah menyantap makanan berat. Hal ini seringkali terjadi ketika makan siang. Badan kamu akan terasa berat karena lemas dan mulut terus menguap. Mengantuk sebenarnya adalah respon tubuh yang normal terhadap perubahan biokimia yang terjadi setelah kamu makan besar. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon serotonin dan melatonin yang langsung meningkat setelah kita mengonsumsi makanan yang ada kandungan karbohidrat dan proteinnya. Meski dikatakan lumrah, tapi rasa kantuk ini bisa membuat kita aktivitas terganggu, terutama jika harus langsung bekerja kembali. Tapi rasa kantuk ini bisa kita atasi lho. Berikut tipsnya!



Sumber : Pergikuliner.com


Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Pertama adalah memperhatikan makanan apa yang akan kamu konsumsi. Makanan yang kita santaplah haruslah seimbang, baik itu dari kandungan karbohidrat, protein, hingga seratnya. Jika sudah menyantap nasi putih, jangan menambahkannya dengan minuman manis yang bersoda karena akan menaikkan gula darah. Tapi jika kamu makan nasi merah atau tidak menyantap nasi, maka tambahkan protein dari lauk-pauk yang disantap.

 

Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Namanya juga food lovers, pastinya kita sering tidak bisa mengerem nafsu makan, terutama jika makanan tersebut terasa sangat enak. Kalau perut belum kenyang, rasanya kita tidak akan berhenti untuk makan makanan tambahan seperti menu cemilan atau dessert. Padahal perut yang kekenyangan justru bisa membuat kamu lebih cepat mengantuk. Jika masih ingin nyemil dan makan dessert, kamu harus mengurangi porsi makanan utamamu dan berhentilah sebelum merasa kenyang.


Minum Air Putih

Tips lain untuk mencegah rasa kantuk setelah makan adalah dengan meminum air putih yang cukup. Kenapa harus demikian? Karena dengan minum air putih paling tidak 30 menit sebelum makan, maka kamu bisa mengontrol rasa lapar yang berlebihan dan juga membantu proses pencernaan agar bisa mencerna makanan yang masuk dengan maksimal. Ditambah lagi, minum air putih bisa menetralisir makanan apa saja yang masuk ke perut.


Beranjak Dari Kursi dan Mulai Bergerak

Siapa di antara akamu yang setelah selesai makan tidak mau beranjak dari kursi karena merasa malas atau kekenyangan? Setelah makan, usahakan untuk bangkit dari kursi dan bergerak secara aktif paling tidak 15 menit untuk membantu aliran darah pada tubuh jadi lebih lancar sehingga distribusi oksigen dan nutrisi yang kamu santap bisa dialirkan ke sel-sel tubuh dengan baik. Dengan begini, rasa kantuk akan hilang seketika.

 

Jangan Pernah Melewatkan Sarapan

Sarapan merupakan hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Ada banyak manfaat yang diberikan oleh sarapan seperti bisa menjaga berat badan, mencegah nafsu makan berlebihan, dan pastinya mengusir rasa kantukmu setelah makan siang dan malam. Tapi pastikan agar menu sarapan kamu tidak mengandung banyak gula dan karbohidrat, melainkan mengandung banyak serat.


Nah, sekarang kamu sudah tau kan penyebab kenapa sering ngantuk sehabis makan dan apa saja cara yang ampuh untuk mengatasinya? Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk makan siang ya, teman PergiKuliner. Untuk itu PergiKuliner sudah menyiapkan lima rekomendasi tempat makan yang cocok untuk makan siang kamu di bawah ini!

Senyum Indonesia

Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia

Daun Muda Soulfood by Andrea Peresthu

Foto Daun Muda Soulfood by Andrea Peresthu
Foto Daun Muda Soulfood by Andrea Peresthu
Foto Daun Muda Soulfood by Andrea Peresthu

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Ayam Gallo

Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?