Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Terkena Brain Freezing Saat Makan Es Krim? Ini Cara Mengatasinya!

List Artikel
20 Maret 2018 | 0 Komentar

Suka makan es krim? Saat sedang makan es krim terkadang kita terkena brain freezing atau merasakan sensasi otak yang seolah membeku saat sedang menyantap es krim. Hal ini terjadi seolah-olah otak kamu terkejut karena terkena efek dingin dari es krim yang kamu makan. Sensasi ini memang hanya berlangsung selama beberapa detik saja dan akan hilang dengan segera, tapi tetap saja rasanya akan mengganggu kenikmatan kamu saat menyantap es krim. Penyebab pembekuan otak yang mirip gejala sakit kepala biasa ini karena disebabkan oleh mulut yang tidak siap menerima makanan super dingin yang masuk secara tiba-tiba ke dalam mulut. Organ-organ dalam mulut yang kaget membuat otak bereaksi dengan cepat dan mengirimkan sintal pada organ-organ lain agar ikut melambat. Brain freezing memang terdengar sepele, tapi untuk orang-orang yang punya penyakit migrain, hal ini tak bisa dianggap remeh karena bagi penderita migrain, sakit kepala yang diakibatkan oleh kekagetan mulut terhadap makanan dingin tak akan bisa hilang dengan segera. Jadi kamu harus dengan cepat mengatasinya dengan baik. PergiKuliner punya beberapa cara mengatasi brain freezing saat kamu makan es krim, yaitu:


Sumber: pergikuliner.com 


1. Hentikan Aktivitas Menyantap Es Krim

Ketika kepala kamu tiba-tiba sakit saat menyantap es krim, sebaiknya hentikan terlebih dahulu kegiatanmu tersebut dan tunggulah sebentar selama beberapa detik agar efek brain freezing bisa mereda dengan perlahan. Kalau kamu terus menyantap es krim, maka otakmu akan semakin merasa terkejut dan efek brain freezing ini akan semakin lama.


2. Hangatkan Langit-langit Mulut

Setelah menghentikan aktivitas menyantap es krim, kamu bisa menghangatkan langit-langit mulut dengan menggunakan lidah. Hal ini dilakukan untuk memperlancar aliran darah ke otak sehingga otak bisa berfungsi kembali secara normal. Sentuhkan lidah kamu ke bagian langit-langit mulut dengan segera lalu tekan dan biarkan sebentar. Selain itu kamu juga bisa menghangatkan mulut dengan menutup mulut dan hidung dengan kedua tangan lalu bernafaslah secara cepat. Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang hangat agar rongga mulut yang membeku lebih cepat hangat.

 

3. Hindari Makanan Dingin Menyentuh Langit-langit Mulut

Kalau mulut sudah mulai menghangat, kamu bisa mengonsumsi es krim kembali. Tapi jangan sampai es krim tersebut menyentuh langit-langit mulut secara langsung. Gigit atau jilat terlebih dahulu es krim atau gunakan sendok agar es krim tidak menyentuh langit-langit secara langsung. Lalu makan es krim dengan perlahan sedikit demi sedikit, jangan langsung memasukkan es krim dalam suapan yang banyak ke mulut.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara mengatasi brain freezing? Nah! Jadi sekarang kamu nggak perlu takut laigi untuk makan es krim karena semua tips dari PergiKuliner bisa kamu jalanin. PergiKuliner juga punya rekomendasi tempat makan es krim tervaforit nih. Dimana aja tempatnya? Cek di bawah ini!

Legato Gelato

Foto Legato Gelato
Foto Legato Gelato
Foto Legato Gelato

La Baia Gourmet Gelato

Foto La Baia Gourmet Gelato
Foto La Baia Gourmet Gelato
Foto La Baia Gourmet Gelato

Firenze Gelateria

Foto Firenze Gelateria
Foto Firenze Gelateria
Foto Firenze Gelateria

La Ricchi Ice Cream

Foto La Ricchi Ice Cream
Foto La Ricchi Ice Cream

Figaro Gelato

Foto Figaro Gelato
Foto Figaro Gelato
Foto Figaro Gelato

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?