Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa tapi Tak Sama, 5 Ragam Bakso yang Berasal dari Daerah Berbeda

List Artikel
20 Oktober 2023 | 0 Komentar

Bakso merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bakso disukai tidak hanya karena rasanya yang sangat enak, tapi juga karena harganya yang murah meriah. Bakso memiliki ciri khas bentuknya yang unik karena berbentuk bulat dengan kuah kaldu yang rasanya sangat gurih. Bakso biasanya disajikan bersama dengan mie kuning, bihun, sawi, dan sebagainya. Menjadi kuliner yang sangat disukai masyarakat Indonesia, membuat bakso punya ragam yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Meski sama-sama bakso, rasa dari bakso yang disajikan di setiap daerah ini nyatanya bisa berbeda-beda. Berikut ialah lima ragam bakso yang berasal dari daerah yang berbeda!

 

1. Bakso Cuanki



Sumber: pergikuliner.com


Ragam bakso yang pertama adalah bakso cuanki. Bakso yang berasal dari Jawa Barat ini memilki arti nama yang sangat unik karena merupakan singkatan dari "cari uang jalan kaki". Hal ini dikarenakan bakso cuanki dijual di gerobak yang didorong dengan berjalan kaki mengelilingi kota. Bakso cuanki adalah bakso yang dibuat dari bahan dasar daging sapi, ikan, dan tepung tapioka. Karena ada campuran ikan di dalamnya, maka rasa dan teksturnya pun lebih unik jika dibandingkan dengan bakso kebanyakan.

 

2. Baso Aci



Sumber: pergikuliner.com


Masih di daerah Jawa Barat, ada baso aci yang asalnya juga sama-sama dari kawasan serupa. Baso aci merupakan bakso yang dibuat dari bahan dasar aci atau tepung tapioka. Inilah yang membuat tekstur dari baso aci menjadi lebih kenyal dan tidak mudah hancur. Selain bakso, hidangan baso aci ini juga memiliki banyak isian lainnya seperti daging sapi cincang, cuanki lidah, siomay kering, pilus cikur, dan masih banyak lagi. Baso aci memiliki rasa yang unik dan merupakan salah satu hidangan yang digemari oleh banyak orang di Indonesia, terutama bagi mereka yang menyukai hidangan pedas dan kenyal.

 

3. Bakso Malang



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya, ada bakso Malang yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama lain bakwan Malang. Sesuai namanya, bakso Malang berasal dari daerah Malang, Jawa Timur. Tampilan dari bakso Malang ini mirip dengan bakso cuanki, tapi keduanya ini sangatlah berbeda. Bakso Malang dibuat dari beragam bahan campuran bakso daging biasa, bakso goreng, siomay rebus, siomay goreng, bihun, mie kuning, tahu putih, hingga tahu cokelat. Bakso Malang disajikan dengan taburan daun seledri dan bawang goreng sehingga aromanya menjadi lebih wangi.

 

4. Bakso Solo



Sumber: pergikuliner.com


Bakso Solo atau yang juga dikenal dengan nama bakso Wonogiri adalah bakso yang selama ini paling sering kita jumpai di pedagang kaki lima gerobak atau gerai pinggir jalan. Bakso Solo adalah bakso yang dibuat dari bahan dasar daging sapi giling yang dicampur dengan tepung tapioka lalu dibentuk bulat lalu direbus hingga matang. Nantinya, bakso akan disajikan dengan mie kuning, bihun, daun seledri, dan bawang goreng. Di beberapa tempat, bakso Solo juga bisa disajikan dengan nasi atau sebagai bagian dari menu bakso campur, di mana bakso disajikan bersama dengan aneka jenis bakso lainnya seperti bakso urat, bakso tahu, dan sebagainya.

 

5. Bakso Ikan Ekor Kuning



Sumber: indonesiakaya.com


Ragam bakso yang terakhir adalah bakso ikan ekor kuning. Bakso ini berasal dari daerah Jepara, Jawa Tengah. Bakso ikan ekor kuning dibuat dengan mencampur daging ikan ekor kuning yang telah dicincang halus dengan bahan-bahan lain seperti tepung tapioka, telur, bumbu-bumbu, dan rempah-rempah. Berbeda dengan bakso-bakso lainnya yang cenderung memiliki tekstur kenyal, bakso ikan ekor kuning memiliki tekstur yang cenderung lebih kasar tetapi lembut saat dikunyah. Warnanya juga lebih putih kekuningan. Bakso ikan ekor kuning disajikan dengan sederhana karena biasanya hanya diberi campuran bihun dan mie kuning saja, tapi ada beberapa yang juga menambahkan sawi hijau ke dalamnya.


Itulah aneka ragam bakso khas Indonesia yang berasal dari daerah berbeda. Setelah melihat lima ragam bakso di atas, manakah yang menjadi hidangan bakso favoritmu? Nah, buat yang suka makan bakso, di bawah ini ada rekomendasi beberapa tempat yang menyajikan bakso enak untuk kamu!

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Bakso Titoti

Foto Bakso Titoti
Foto Bakso Titoti
Foto Bakso Titoti

Bakso Rusuk Samanhudi

Foto Bakso Rusuk Samanhudi
Foto Bakso Rusuk Samanhudi
Foto Bakso Rusuk Samanhudi

A Fung Baso Sapi Asli

Foto A Fung Baso Sapi Asli
Foto A Fung Baso Sapi Asli
Foto A Fung Baso Sapi Asli

Bakso Ikah Asgar

Foto Bakso Ikah Asgar
Foto Bakso Ikah Asgar
Foto Bakso Ikah Asgar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?