Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Apa yang Membedakan Kepiting dan Rajungan?

List Artikel
13 November 2018 | 0 Komentar

Kamu sering menyantap seafood? Seafood jenis apa saja yang kamu suka? Kita mengenal beragam jenis seafood, mulai dari ikan, kerang, udang, cumi hingga kepiting. Berbicara tentang kepiting, sebenarnya kamu tahu nggak perbedaan antara kepiting dan rajungan? Jangan sampai ketika sudah sampai di restoran seafood, kamu salah mengenali antara kepiting dengan rajungan nih teman PergiKuliner. Sebenarnya bagaimana cara membedakan antara kepiting dan rajungan sementara keduanya sama-sama merupakan jenis seafood dan memiliki bentuk yang nggak jauh berbeda. Untuk bisa mengenali keduanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih. Simak yuk!


Sumber : Pergikuliner.com


1. Bentuk dan Tampilan

Pertama-tama kamu harus harus membedakan dari segi bentuk dan tampilannya terlebih dahulu dengan teliti. Sebenarnya perbedaan keduanya ini terlihat jelas kok teman PergiKuliner, karena kepiting memiliki bentuk yang lebih bulat dan tebal sedangkan rajungan cangkangnya cenderung lebih lebar dan ramping. Keduanya juga memiliki warna yang berbeda. Kepiting memiliki satu warna, yakni hijau kecoklatan. Sedangkan rajungan memiliki dua warna, untuk jantan warnanya kebiruan dengan bercak putih terang dan untuk betina warnanya kehijauan dengan bercak putih. Kamu juga bisa melihat dari capitnya. Kepiting memiliki capit yang lebih kecil tetapi lebih keras dan kuat jika dibandingkan dengan rajungan.


2. Habitat

Kalau dilihat dari segi habitat atau tempat tinggalnya, keduanya memang sama-sama hewan yang bisa hidup di dua alam. Tetapi kepiting lebih banyak hidup ditemukan di perairan yang nggak terlalu dalam dan dekat pantai. Sedangkan rajungan nggak bisa hidup lama-lama di luar air sehingga rajungan seringkali mendapat julukan sebagai swimming crab yang harus dicari di perairan yang sangat dalam.


3. Tekstur dan Cita Rasa

Sekarang adalah bagian terpenting yang harus kamu ketahui karena tekstur dan cita rasa antara kepiting dan rajungan ini berbeda. Untuk kepiting, tekstur daging yang ada di dalamnya lebih banyak dan padat. Cita rasanya juga akan terasa lebih manis. Sedangkan rajungan dagingnya lebih sedikit dan cita rasanya lebih mirip daging ayam. Tetapi kalau kamu bandingkan nilai gizinya akan lebih tinggi rajungan dibanding kepiting karena rajungan terhitung rendah lemak dan kolesterol.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan apa perbedaan antara kepiting dan rajungan? Jangan sampai tertukar lagi ya. Karena meski terkesan hampir mirip, kamu tetap masih bisa mengenalinya. Nah, jika kamu merasa lapar setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung datangi saja ya tempat-tempat di bawah ini!

Kepiting Nyinyir

Foto Kepiting Nyinyir
Foto Kepiting Nyinyir

Kepiting Keki

Foto Kepiting Keki
Foto Kepiting Keki

Crab Paradise

Foto Crab Paradise
Foto Crab Paradise

The Holy Crab

Foto The Holy Crab
Foto The Holy Crab
Foto The Holy Crab

Stupid Crab

Foto Stupid Crab
Foto Stupid Crab
Foto Stupid Crab

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?