Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Bedanya Nasi Padang dengan Nasi Kapau

List Artikel
16 Desember 2016 | 0 Komentar

Sumatera Barat memang terkenal akan nasi Padangnya, kamu bahkan bisa menemukan rumah makan Padang hampir di seluruh sudut ibu kota. Tak hanya nasi Padang yang mereka miliki, namun ada juga nasi Kapau yang ternyata sangat mirip dengan nasi Padang jika kamu melihatnya secara sekilas. Menu antara nasi Padang dengan nasi Kapau memang mirip, mulai dari gulai, aneka balado, hingga sambal yang disajikan. Jika kamu baru pertama kali menyantap nasi Kapau, kamu pasti mengira kalau nasi Kapau adalah nasi Padang saking miripnya.



Sumber: saribundo.com


Tapi ternyata jika kamu teliti lebih lanjut, ada yang berbeda dari nasi Padang dan nasi Kapau lho. Hal yang paling mendasar adalah peletakan menu makanan. Seperti yang kamu tahu jika kamu berkunjung ke rumah makan Padang, maka kamu sudah bisa melihat pilihan menu makanan yang tersaji dari depan etalase rumah makan. Sementara pada nasi Kapau, kamu harus masuk dulu ke dalam rumah makan, baru bisa melihat pilihan menu makanan apa saja yang mereka punya. Semua menu makanan pada nasi Padang selalu diletakkan di atas etalase yang letaknya cukup tinggi dari penjual sedangkan pada nasi Kapau, menu makanan diletakkan lebih rendah dari penjual. Bahkan penjual nasi Kapau biasanya melayani para pembelinya sambil duduk.


Sumber: saribagindo.com


Menu yang dihidangkan antara nasi Padang dan nasi Kapau memang mirip, tapi tentu keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan yang paling mendasar bisa kamu lihat pada gulai sayuran keduanya. Di nasi Padang, gulai sayuran seperti nangka muda, rebung, dan kol dipotong kecil-kecil, sedangkan potongan sayuran pada nasi Kapau besar-besar, bahkan beberapa di antaranya disajikan secara utuh seperti kol yang dipotong per lembar.

 


Sumber:bellabello.com


Selain gulai, bumbu di nasi Padang dan nasi Kapau juga memiliki perbedaan. Di rumah makan Padang, semua bumbu makanan melalui proses penumisan terlebih dahulu sementara di rumah makan nasi Kapau, bumbu makanan tidak ada yang ditumis. Sehingga nasi Padang terlihat jauh berlemak dibanding dengan nasi Kapau. Rumah makan nasi Kapau selalu menyediakan menu gulai usus sapi sementara di rumah makan Padang kamu akan susah menemukan gulai usus sapi karena menu ini kurang populer.

 


Sumber: pergikuliner.com


Selain itu semua, tentunya perbedaan yang paling mendasar antara nasi Padang dengan nasi Kapau adalah penjualnya. Penjual nasi Kapau hanyalah orang-orang asli Kapau yang merupakan nama sebuah desa yang ada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Di Sumatera Barat sendiri, nasi Kapau ini disebut nasi warteg dengan harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga nasi Padang.


RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Rumah Makan Padang Raya II

Foto Rumah Makan Padang Raya II
Foto Rumah Makan Padang Raya II

Sari Bagindo

Foto Sari Bagindo
Foto Sari Bagindo
Foto Sari Bagindo

Marco Padang Grill

Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?