Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Cwi Mie dengan Mie Ayam!

List Artikel
12 Januari 2023 | 0 Komentar

Perbedaan cwie mie dan mie ayam memang tidak mudah untuk dibedakan. Pasalnya keduanya ini sama-sama dibuat dari bahan dasar mie dan ayam. Keduanya juga sama-sama bisa dengan mudah dijumpai di kedai pinggir jalan hingga kafe ternama dan pastinya dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi tak heran kalau keduanya ini kerap kali salah dikenali atau keliru untuk dikenali. Padahal sebenarnya ada banyak perbedaan dari cwie mie dan mie ayam yang bisa kamu dengan mudah. Mulai dari segi tampilan, bahan pendamping yang digunakan, dan pastinya rasa dan teksturnya. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa langsung melihat perbedaan dari cwie mie dan mie ayam yang ada di bawah ini!

 

Dari Segi Asal Usul

Untuk asal usulnya, meski keduanya sama-sama diadaptasi dari kuliner China yakni bakmi, tapi cwie mie dan mie ayam ini berbeda. Mie ayam diadaptasi dengan cara mengganti daging babi dengan daging ayam yang halal karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam. Sedangkan untuk bumbu yang digunakan pada ayam juga disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia yang cenderung lebih suka makanan yang gurih dan manis. Sebenarnya tidak diketahui secara pasti kapan pertama kali mie ayam muncul di Indonesia. Tapi untuk cwie mie, kita bisa tahu daerah asalnya yakni dari kota Malang, Jawa Timur. Cwie mie diciptakan saat membuat kuliner khas Malang yang terbuat dari bahan dasar mie.  

 


Sumber: Pergikuliner.com


Dari Segi Tampilan dan Bahan Pendamping

Setelah tahu dari segi asal usulnya, kamu bisa mengetahui perbedaan dari cwie mie dan mie ayam dari segi tampilan dan bahan pendampingnya. Cwie mie memiliki tampilan yang jauh berbeda dari mie ayam jika diperhatikan dengan seksama. Untuk mienya sendiri memang terlihat sama. Tapi dari segi bahan pendampingnya, kamu pasti akan langsung bisa mengenali perbedaannya. Cwie mie menggunakan topping daging ayam berwarna putih dengan daun selada, bawang goreng, irisan daun bawang, pangsit goreng, dan pangsit rebus. Untuk pangsit goreng dan pangsit rebus yang digunakan juga ada isiannya alias ada cincangan daging di dalamnya. Berbeda dengan mie ayam yang hanya menyajikan pangsit goreng dalam bentuk kerupuk.

 

Dari Segi Topping Ayam yang Digunakan

Khusus untuk topping ayam dari cwie mie dan mie ayam, meski sama-sama menggunakan daging ayam sebagai topping, tapi untuk topping mie ayam dan cwie mie ini berbeda. Topping mie ayam menggunakan potongan daging ayam seukuran dadu yang dimasak dengan bumbu kecap. Sedangkan untuk topping cwie mie menggunakan daging ayam yang direbus lalu dihancurkan atau dicincang sebelum dibumbui.



Sumber: Pergikuliner.com

 

Dari Segi Jenis Mienya

Untuk perbedaan dari cwie mie dan mie ayam dari segi mienya ini kita bisa melihat dengan lebih detail lagi. Untuk mie yang digunakan pada mie ayam biasanya memiliki bentuk yang lebih lebar dan tebal dan warnanya ini terlihat agak lebih gelap. Berbeda dengan mie yang digunakan pada cwie mie yang bentuknya lebih langsing dan tipis dengan warna yang agak lebih cerah. Mie pada cwie mie juga lebih keriting jika dibandingkan dengan jenis mie pada mie ayam.

 

Dari Segi Rasanya

Perbedaan yang terakhir bisa dilihat dari segi rasanya. Ketika kamu mencicip keduanya, tentu saja rasanya akan berbeda. Hal ini dipengaruhi dari topping ayam yang digunakan. Mie ayam cenderung memiliki perpaduan rasa antara manis dan gurih karena memang di dalamnya terdapat campuran kecap manis. Berbeda dengan rasa dari cwie mie yang terasa lebih asin dan gurih karena di dalamnya ini terdapat aneka campuran minyak, baik pada daging ayam maupun mienya.

 

Setelah melihat penjelasan yang ada di atas, kamu sekarang tahu bagaimana perbedaan dari cwie mie dan mie ayam. Jadi jangan sampai salah mengenali keduanya ya!

Buat kamu yang ingin makan mie ayam atau cwie mie enak, PergiKuliner sudah siapkan rekomendasi tempatnya di bawah ini! 

Mie Ayam Cipaganti

Foto Mie Ayam Cipaganti
Foto Mie Ayam Cipaganti
Foto Mie Ayam Cipaganti

Mie Ayam Djago

Foto Mie Ayam Djago
Foto Mie Ayam Djago
Foto Mie Ayam Djago

Mie Ayam Bakso Yunus

Foto Mie Ayam Bakso Yunus
Foto Mie Ayam Bakso Yunus
Foto Mie Ayam Bakso Yunus

Cwie Mie 87

Foto Cwie Mie 87
Foto Cwie Mie 87
Foto Cwie Mie 87

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?