Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Nasi Goreng Indonesa dengan Nasi Goreng China

List Artikel
27 September 2020 | 0 Komentar

Nasi goreng menjadi salah satu kuliner khas Indonesia. Cita rasanya yang lezat selalu membuat siapa saja ketagihan, tak hanya masyarakat Indonesia saja, tapi juga para turis asing menyukainya. Menjadi kuliner populer, nasi goreng ternyata tak hanya bisa dijumpai di Indonesia, beberapa negara di Asia juga punya nasi goreng khasnya masing-masing, salah satunya di China. Kamu pastinya pernah melihat atau bahkan pernah mencoba sendiri bagaimana citarasa nasi goreng China. Meski sama-sama dibuat dari bahan dasar nasi, tapi anehnya, keduanya ini sangat berbeda loh. Mulai dari bahan pembuatan, bumbu, tampilan, dan citarasanya sangat jauh berbeda. Nah, buat kamu yang belum tahu apa saja perbedaannya, bagaimana kalau kita langsung mengecek perbedaan dari nasi goreng Indonesia dengan nasi goreng China di bawah ini!



Sumber: Dapurkobe.co.id


Dari Segi Bahan Utama

Seperti yang sudah dikatakan di atas, namanya juga nasi goreng, pasti bahan utamanya adalah nasi. Jenis nasi yang digunakan sama-sama nasi putih dan biasanya menggunakan campuran telur. Hanya saja untuk nasi goreng Indonesia, telurnya bisa diorak-arik, dijadikan dadar, atau telur mata sapi. Berbeda dengan nasi goreng China yang telurnya hanya diorak-arik saja. Selain itu, bahan lainnya dari nasi goreng China adalah kacang polong atau jagung manis pipil, sedangkan pada nasi goreng Indonesia bahan tambahannya adalah sawi hijau atau irisan cabai merah keriting.


Dari Segi Bumbu yang Digunakan

Untuk bumbu yang digunakan, tentu saja berbeda. Bumbu nasi goreng China jauh lebih simpel karena mereka hanya menggunakan bawang putih cincang dan irisan daun bawang saja dengan tambahan kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen. Sedangkan untuk nasi goreng Indonesia, bumbu yang digunakan jauh lebih banyak karena tak hanya menggunakan bawang putih saja, tapi juga ada bawang merah dan cabai keriting serta cabai rawit yang dihaluskan lalu ditambahkan kecap manis dan garam. Nasi goreng Indonesia juga kerap kali ditambahkan terasi dan kemiri untuk memperkaya aroma serta cita rasanya.


Dari Segi Tampilannya

Jika ingin mengenali perbedaan dari keduanya secara cepat, kamu tinggal melihat dari segi tampilannya saja. Nasi goreng China memiliki tampilan warna kekuningan cenderung keemasan. Sedangkan untuk nasi goreng Indonesia warnanya cenderung kecoklatan karena campuran kecap manis yang ada di dalamnya. Nasi goreng Indonesia juga mudah dikenali karena biasanya ada acar wortel dan mentimun yang disajikan disamping piring atau di atas nasi goreng.

 

Dari Segi Cita Rasanya

Perbedaan yang terakhir adalah dari segi citarasanya. Berhubung keduanya ini punya bahan tambahan yang berbeda dan bumbu yang berbeda juga, maka sudah pasti citarasanya akan berbeda ketika kamu icip. Nasi goreng China punya cita rasa yang cenderung gurih asin. Jika ada tambahan jagung pipilnya akan ada tambahan sedikit rasa manis. Berbeda dengan cita rasa nasi goreng Indonesia yang gurih asin, manis, dan ada campuran pedasnya karena menggunakan cabai.


Setelah membaca penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tahu khan apa saja perbedaan dari nasi goreng Indonesia dengan nasi goreng China. Jadi jangan sampai salah mengenali keduanya lagi ya?

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Gila Ampera 89

Foto Nasi Goreng Gila Ampera 89
Foto Nasi Goreng Gila Ampera 89

Kang Ajie Nasi Goreng Bistik

Foto Kang Ajie Nasi Goreng Bistik
Foto Kang Ajie Nasi Goreng Bistik

Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok

Foto Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok
Foto Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok

Nasi Goreng Babeh

Foto Nasi Goreng Babeh

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?