Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Aneka Bumbu Dapur Ini!

List Artikel
27 Oktober 2019 | 0 Komentar

Masakan Indonesia memang terkenal akan citarasanya yang khas. Hal ini dikarenakan masakan Indonesia menggunakan bumbu rempah-rempah yang terbilang sangat banyak jika dibandingkan masakan dari negara lainnya. Coba saja kamu perhatikan, ada berapa banyak bumbu rempah yang digunakan dalam satu masakan. Misalkan saja rendang yang cita rasanya sangat fenomenal. Kita bisa menggunakan hingga 10 jenis bumbu dapur di dalamnya. Mulai dari bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe, lengkuas, kunyit, ketumbar, pala, jinten, daun serai, daun jeruk, daun kunyit, hingga asam kandis. Dengan banyaknya rempah yang digunakan, maka cita rasa masakan Indonesia menjadi lebih lezat. Perlu kamu ketahui, jika belum terbiasa dengan bumbu dapur khas Indonesia ini, tak sedikit dari kita yang kerap kali salah mengenalinya karena ada beberapa bumbu dapur yang serupa tapi tak sama. Apa saja itu? Coba kita cek dulu yuk!

 

Merica vs Ketumbar



Sumber : Besspices.com


Dua bumbu dapur pertama yang mirip adalah merica dengan ketumbar. Jika dilihat seklias, tampilannya memang agak sedikit mirip karena bentuknya bulat kecil. Tapi keduanya ini berbeda, untuk merica ada cita rasa pedas yang akan dihasilkan, sementara ketumbar tidak. Wangi keduanya juga berbeda. Tapi jika ingin mudah mengenalinya, merica bentuknya lebih besar dengan warna yang putih cenderung abu-abu. Sedangkan ketumbar berwarna kuning kecoklatan dengan bentuk yang lebih kecil.  

 

Pala vs Kemiri



Sumber : Juarabeauty.com


Selanjutnya ada pala dan kemiri. Sebenarnya kemiri dan pala memiliki ciri yang sangat berbeda. Hanya saja bagi orang yang belum mengenal keduanya pasti akan salah mengenali karena bentuknya sama-sama bulat tidak rata. Tapi kalau dari warnanya, keduanya ini berbeda. Kemiri memiliki warna yang putih kekuningan, sedangkan pala memiliki warna cokelat tua. Aromanya juga berbeda, aroma pala tercium lebih wangi. Untuk teksturnya jika kamu pegang, pala lebih keras jika dibandingkan kemiri.  

 

Jahe vs Lengkuas



Sumber : Nyspirit.com


Jahe dan lengkuas memang kerap kali susah dikenali karena tampilannya yang mirip karena beruas-ruas. Jika diperhatikan dengan seksama, lengkuas memiliki kulit yang cenderung agak berwarna merah muda (untuk lengkuas muda) dan kekuningan (untuk lengkuas agak tua). Sedangkan jahe kulitnya berwarna kecoklatan. Jika kamu belah, lengkuas memiliki aroma wangi yang khas sedangkan pada jahe aromanya tercium pedas dan tajam.

 

Jintan vs Adas



Sumber : Newsmalaysiankitchen.com

 

Kalau bumbu dapur yang satu ini memang bagai pinang dibelah dua karena benar-benar mirip satu sama lain. Bahkan bagi orang-orang yang sering memasak pun terkadang salah mengenalinya. Adas punya bentuk yang lebih gemuk besar dan warna yang lebih gelap dari jintan. Untuk aromanya, adas beraroma manis, berbeda dengan jintan yang aromanya kuat. Kamu harus ekstra jeli ya ketika akan membedakan keduanya ini!

 

Daun Jeruk vs Daun Salam



Sumber : Imimg.com 


Terakhir ada daun jeruk dan daun salam. Kedua jenis daun ini memang sama-sama bisa ditemukan dalam keadaan segar dan juga kering dengan warna yang sama-sama hijau sehingga sulit dibedakan. Kamu bisa membedakan ukuran keduanya. Untuk daun jeruk ukurannya lebih kecil dan mungil jika dibanding daun salam. Mudahnya lagi, kamu bisa mencium aroma keduanya. Robek terlebih dahulu kedua daun tersebut. Untuk daun jeruk aromanya sangat wangi. Sedangkan daun salam tidak ada aroma sama sekali.

 

Itulah beberapa bumbu dapur yang tampilannya serupa tapi tak sama, sekarang sudah tahu kan ya? Nah, sekarang mari isi perut dulu yuk di sini!

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?