Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Bedanya Yakiniku vs Bulgogi

List Artikel
17 September 2017 | 0 Komentar

Jika kamu penyuka kuliner Jepang dan Korea, pastinya sudah tak asing lagi dengan yakiniku dan bulgogi, yakni kuliner yang berbahan baku daging sapi yang diiris tipis-tipis. Kedua makanan tersebut sering disama-samakan karena di Jepang, keduanya sama-sama disebut yakiniku karena merupakan daging yang diiris tipis lalu dibumbui baru kemudian dibakar hingga matang. Menurut sejarah, bulgogi sudah ada terlebih dahulu di Korea, baru kemudian dibawa oleh imigran Korea ke Jepang seusai Perang Dunia II. Setelah itu, muncullah yakiniku pertama yang dibuat oleh Harumonyaki di Kansai. Jadi, bisa dikatakan kalau yakiniku ini mengadaptasi kuliner bulgogi asal Korea. Meski demikian, keduanya ini berbeda lho teman PergiKuliner!

 

Yakiniku (Sumber: pergikuliner.com)


Bumbu yang Digunakan

Bulgogi menggunakan bumbu soy sauce, lada hitam, bawang putih, jahe, minyak wijen,  gula, serta bahan pelengkap daun bawang, bawang bombay, dan cabai hijau besar yang diiris agak tebal. Sementara yakiniku menggunakan bumbu soy sauce atau kecap asin Jepang, sake, gula pasir, bawang putih, kecap manis, dan minyak.

 

Cara Memasak

Untuk membuat bulgogi, kamu harus merendam irisan daging ke dalam bumbu selama kurang lebih lima jam. Sedangkan untuk yakiniku kebanyakan tidak di-marinate atau direndam terlalu lama. Tak lama setelah direndam, daging yakiniku harus langsung dimasak di atas bara api atau pemanggang khusus BBQ. Sedangkan untuk bulgogi dimasak di atas hot plate sehingga masih terdapat sedikit kuah yang dihasilkan dari kaldu daging sapi.

 

Bulgogi (Sumber: Pergikuliner.com)


Cara Memakan

Daging yakiniku biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding daging bulgogi sehingga pada saat sudah hampir matang, daging yakiniku harus dipotong-potong terlebih dahulu menggunakan gunting, kemudian dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam bumbu saus terlebih dahulu. Yakiniku ini disantap bersama dengan nasi putih hangat. Sedangkan untuk bulgogi disantap dengan bahan tambahan daun selada yang diberi kimchi dan sedikit gochujang atau pasta cabai. Jadi cara memakannya dengan meletakkan daging bulgogi dengan kimchi dan gochujang di atas daun selada kemudian dibungkus dan langsung dilahap.


Tampilan dan Cita Rasa

Jika kamu teliti lagi. Warna daging bulgogi saat sudah matang terlihat lebih pucat dibanding daging yakiniku yang lebih berwarna kecoklatan dibanding daging bulgogi karena yakiniku langsung dimasak di atas bara api. Berbeda dengan bulgogi yang dimasak di atas hot plate. Selain itu, daging yakiniku mengalami karamelisasi saat pemanggangan sehingga warnanya lebih cokelat karena menggunakan campuran kecap manis. Cita rasa yakiniku pun jadi lebih manis dibanding bulgogi.

 

Sekarang sudah tahu kan perbedaan dari keduanya. Bagaimana jika kamu langsung menyantap salah satu di antara keduanya di restoran rekomendasi di bawah ini!

Kintan Yakiniku

Foto Kintan Yakiniku
Foto Kintan Yakiniku
Foto Kintan Yakiniku

Shaburi & Kintan Buffet

Foto Shaburi & Kintan Buffet
Foto Shaburi & Kintan Buffet
Foto Shaburi & Kintan Buffet

Bulgogi Brothers

Foto Bulgogi Brothers
Foto Bulgogi Brothers
Foto Bulgogi Brothers

The Bulgogi

Foto The Bulgogi

Yakinikuya

Foto Yakinikuya
Foto Yakinikuya
Foto Yakinikuya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?