Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Bedanya Yakiniku vs Bulgogi

List Artikel
26 November 2020 | 0 Komentar

Jika kamu penyuka kuliner Jepang dan Korea, pastinya sudah tak asing lagi dengan yakiniku dan bulgogi, yakni kuliner yang berbahan baku daging sapi yang diiris tipis-tipis. Kedua makanan tersebut sering disama-samakan karena di Jepang, keduanya sama-sama disebut yakiniku karena merupakan daging yang diiris tipis lalu dibumbui baru kemudian dibakar hingga matang. Menurut sejarah, bulgogi sudah ada terlebih dahulu di Korea, baru kemudian dibawa oleh imigran Korea ke Jepang seusai Perang Dunia II. Setelah itu, munculah yakiniku pertama yang dibuat oleh Harumonyaki di Kansai. Jadi, bisa dikatakan kalau yakiniku ini mengadaptasi kuliner bulgogi asal Korea. Meski demikian, keduanya ini berbeda lho teman kuliner!



Sumber: Pergikuliner.com (Yakiniku)


Bumbu yang Digunakan

Bulgogi menggunakan bumbu soy sauce, lada hitam, bawang putih, jahe, minyak wijen,  gula, serta bahan pelengkap daun bawang, bawang bombay, dan cabai hijau besar yang diiris agak tebal. Sementara yakiniku menggunakan bumbu soy sauce atau kecap asin Jepang, sake, gula pasir, bawang putih, kecap manis, dan minyak.


Cara Memasak

Untuk membuat bulgogi, kamu harus merendam irisan daging ke dalam bumbu selama kurang lebih lima jam. Sedangkan untuk yakiniku kebanyakan tidak di-marinate atau direndam terlalu lama. Tak lama setelah direndam, daging yakiniku harus langsung dimasak di atas bara api atau pemanggang khusus BBQ. Sedangkan untuk bulgogi dimasak di atas hot plate sehingga masih terdapat sedikit kuah yang dihasilkan dari kaldu daging sapi.


Sumber: Blog.naver.com


Cara Memakan

Daging yakiniku biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding daging bulgogi sehingga pada saat sudah hampir matang, daging yakiniku harus dipotong-potong terlebih dahulu menggunakan gunting, kemudian dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam bumbu saus terlebih dahulu. Yakiniku ini disantap bersama dengan nasi putih hangat. Sedangkan untuk bulgogi disantap dengan bahan tambahan daun selada yang diberi kimchi dan sedikit gochujang atau pasta cabai. Jadi cara memakannya dengan meletakkan daging bulgogi dengan kimchi dan gochujang di atas daun selada kemudian dibungkus dan langsung dilahap.


Tampilan dan Cita Rasa

Jika kamu teliti lagi. Warna daging bulgogi saat sudah matang terlihat lebih pucat dibanding daging yakiniku yang lebih berwarna kecoklatan dibanding daging bulgogi karena yakiniku langsung dimasak di atas bara api. Berbeda dengan bulgogi yang dimasak di atas hot plate. Selain itu, daging yakiniku mengalami karamelisasi saat pemanggangan sehingga warnanya lebih cokelat karena menggunakan campuran kecap manis. Cita rasa yakiniku pun jadi lebih manis dibanding bulgogi.


Kalau kamu perhatikan dan gemar memakan kedua makanan ini pasti akan tahu bedanya. Nah, sekarang waktunya kamu untuk mencoba yakiniku ataupun bulgogi di restoran-restoran yang PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Motto Yakiniku

Foto Motto Yakiniku
Foto Motto Yakiniku
Foto Motto Yakiniku

Yakiniku Like

Foto Yakiniku Like
Foto Yakiniku Like
Foto Yakiniku Like

Pochajjang Korean BBQ

Foto Pochajjang Korean BBQ
Foto Pochajjang Korean BBQ
Foto Pochajjang Korean BBQ

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Gyu Kaku

Foto Gyu Kaku
Foto Gyu Kaku
Foto Gyu Kaku

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?