Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Shokupan, Roti Jepang Viral akan Kelembutannya

List Artikel
27 Januari 2023 | 0 Komentar

Shokupan merupakan varian roti khas Jepang yang saat ini sedang viral dan ramai diperbincangkan. Roti ini memiliki ciri khas teksturnya yang sangat lembut sehingga membuat banyak orang menyukainya. Berbeda dengan roti-roti khas Jepang lainnya yang dikenal akan rasanya, shokupan yang termasuk dalam varian roti tawar ini memiliki rasa yang polos. Oleh karena itu, shokupan lebih sering dijadikan sebagai olahan kuliner lainnya. Kebanyakan shokupan diolah menjadi roti panggang khas Jepang hingga sandwich. Roti yang sedang viral ini sekarang bisa dengan mudah dijumpai di toko roti ternama yang ada di beberapa kota besar di Indonesia. Supaya bisa lebih mengenal roti viral asal Jepang, kamu bisa melirik sekilas informasi mengenai shokupan yang ada di bawah ini!



Sumber: Chopstickchronicles.com

 

Sudah Ada Sejak Abad ke-15

Diketahui kalau ternyata shokupan sudah lama ada di Jepang. Konon roti viral asal Jepang ini sudah ada sejak abad ke-15, tepatnya pada tahun 1543. Pada saat itu, bangsa Portugis yang berlabuh di pesisir pantai Jepang membawa roti tawar yang menjadi perbekalan mereka. Meskipun masih terasa aneh karena masyarakat Jepang awalnya memang hanya mengonsumsi nasi sebagai makanan utama, tapi sejak tahun inilah mereka mengenal roti tawar yang bisa menggantikan nasi sebagai makanan utama. Meski demikian, masyarakat Jepang tidak mengonsumsi roti secara regular dan masih belum ada orang asli Jepang yang membuatnya sendiri.

 

Merupakan Perpaduan dari Roti Portugis, Inggris, dan Amerika

Sekitar tahun 1800-an yakni pada saat awal era Meiji, Jepang mulai memasuki era modernisasi. Pada masa tersebut mulai masuk roti khas Inggris yang memiliki tampilan warna yang putih dengan ciri khas bentuk yang melengkung pada bagian atasnya. Baru setelah Perang Dunia II, masuklah roti khas Amerika yang dibawa oleh para tentara Amerika. Roti khas Amerika memiliki bentuk atas yang kotak dan dipotong menjadi delapan lembar. Baru setelah roti khas Amerika ini masuk ke Jepang, para pembuat kue di Jepang mencoba membuat roti yang cocok di lidah orang Jepang dan menjadi ciri khas roti Jepang. Barulah tercipta roti yang dinamakan shokupan.



Sumber: Pergikuliner.com


Arti Nama Shokupan

Shokupan memiliki arti yang unik. Nama ini diambil dari kata ‘shoku’ yang memiliki arti makan dan kata ‘pan’ yang artinya adalah roti. Jadi kalau digabungkan, nama shokupan ini memiliki arti roti untuk dimakan. Jika dilihat dari sejarahnya, kata ‘pan’ yang memiliki arti roti ini ternyata diambil dari bahasa Portugis ‘pao’ yang memiliki arti roti. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa roti shokupan lebih mirip dengan roti tawar dari Portugis ketimbang roti tawar dari Amerika dan Inggris.

 

Terkenal Akan Kelembutan Teksturnya

Roti shokupan memiliki ciri khas utama teksturnya yang sangat lembut dan empuk. Ternyata ada rahasia dibalik keempukan roti viral asal Jepang ini yakni penggunaan yudane. Yudane adalah sebuah metode pembuatan roti khas Jepang yang dibuat dengan mencampurkan tepung dan air panas sehingga menjadi pati supaya tergelatinisasi. Dengan menambahkan adonan yudane ini, maka tekstur dari roti tawar yang sudah dipanggang akan menjadi lebih lembut, moist, dan tahan lebih lama.

 


Sumber: Justonecookbook.com


Hanya Punya Dua Jenis

Roti shokupan ini ternyata hanya punya dua jenis saja yang beredar di pasaran. Varian pertama adalah yang memiliki bagian atas rata atau yang dikenal dengan kaku shokupan. Sementara varian kedua adalah yama shokupan yang memiliki bagian atas melengkung seperti setengah lingkaran. Selain perbedaan bentuknya, ada perbedaan lainnya yakni dari segi teksturnya. Untuk yama shokupan dipanggang tanpa penutup sehingga mengembang ringan dan lebih lembut, Sementara kaku shokupan dipanggang dengan penutup sehingga teksturnya menjadi lebih lembab dan kenyal.

 

Itulah sekilas informasi mengenai shokupan yang menjadi roti viral asal Jepang. Buat kamu yang ingin menyantap roti-roti enak lainnya, di bawah ini ada rekomendasinya untuk diicip!

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Michelle Bakery

Foto Michelle Bakery
Foto Michelle Bakery
Foto Michelle Bakery

Soon Coffee & Bakery

Foto Soon Coffee & Bakery
Foto Soon Coffee & Bakery
Foto Soon Coffee & Bakery

Capital Bakery & Cake

Foto Capital Bakery & Cake
Foto Capital Bakery & Cake
Foto Capital Bakery & Cake

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?