Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Siasati Kekurangan Cairan Saat Puasa dengan Ini

List Artikel
8 Juni 2018 | 0 Komentar

Saat berpuasa, tubuh pasti akan kekurangan cairan alias mengalami dehidrasi karena berkurangnya asupan air yang dikonsumsi. Kondisi saat sedang berpuasa membuat kamu hanya bisa memenuhi asupan cairan saat berbuka dan sahur saja. Kekurangan cairan ini bisa menyebabkan kurangnya konsentrasi, kulit kering, serta tenggorokan kering. Tentunya kamu tak ingin hal tersebut terjadi kan? Oleh karena itu, agar puasa tetap lancar dan tubuh tidak kekurangan cairan, kamu bisa menyiasatinya dengan hal ini:

 

1. Minum Air Putih Saat Buka dan Sahur



Sumber: pergikuliner.com


Hal pertama yang harus kamu lakukan agar tidak kekurangan cairan adalah minum air putih secara berkala saat buka puasa dan sahur. Jangan meminum air putih sekaligus, tapi minumlah satu gelas dalam waktu satu jam sehingga tubuh bisa menyerap cairan dengan baik. Saat puasa sangat dianjurkan untuk meminum delapan gelas air putih dalam sehari, untuk itu kamu juga bisa menggunakan metode 2-4-2 yaitu, 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur. 

 

2. Minum Infused Water



Sumber: pergikuliner.com


Jika tak terlalu suka meminum air putih begitu saja, kamu bisa menambahkan irisan lemon atau buah-buahan segar dalam air putih kamu dan diamkan selama satu hingga dua hingga tiga jam terlebih dahulu sebelum kamu minum karena infused water selain memiliki rasa yang berbeda juga bisa membuat tubuh kamu jadi lebih segar.

 

3. Konsumsi Sup Saat Sahur



Sumber: pergikuliner.com


Jika biasanya kamu berbuka dengan makanan yang berkuah, maka cobalah untuk mengonsumsi makanan berkuah saat sahur seperti sup. Dengan menyantap sup saat sahur bisa membantu kamu terhindar dari kekurangan dehidrasi pada saat puasa karena sup selain mengandung banyak mineral yang tinggi juga terdiri dari berbagai macam sayuran yang bernutrisi tinggi seperti wortel, brokoli, kacang merah, jagung, dan lain sebagainya.

 

4. Perbanyak Buah



Sumber: pergikuliner.com


Selain sayuran yang bernutrisi tinggi, kamu juga harus memperbanyak menyantap buah-buahan saat berbuka dan sahur. Buah yang cocok disantap saat berbuka adalah buah yang manis dan mengandung banyak air seperti semangka, melon, blewah, serta timun suri. Sementara buah yang cocok untuk disantap saat sahur adalah buah yang memiliki kadar karbohidrat dan lemak baik seperti pisang, alpukat, serta apel.

 

Setelah mengetahui cara menyiasati kekurangan cairan di atas, bagaimana jika kamu menyantap makanan di bawah ini!

Bale Bengong Seafood

Foto Bale Bengong Seafood
Foto Bale Bengong Seafood

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Muju Avenue

Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?