Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Simpan Keju dalam Kulkas vs Suhu Ruangan vs Freezer, Mana yang Lebih Benar?

List Artikel
28 Oktober 2019 | 0 Komentar

Keju menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat barat. Keju dibuat dari bahan utama susu, bisa berupa susu sapi, susu kambing, domba, dan lain sebagainya. Kepopuleran keju ini tak lepas dari cita rasanya. Keju memiliki cita rasa yang gurih dan agak asin sehingga bisa menimbulkan keinginan untuk terus menyantapnya. Selain populer karena cita rasanya, keju sangat cocok untuk dipadukan dengan olahan makanan barat apa saja, mulai dari burger, spaghetti, pasta, pizza dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, keju juga sangat cocok untuk dipadukan dengan beberapa jajanan khas Indonesia seperti martabak, surabi, kue cubit, hingga kue lekker. Berhubung cocok untuk dipadukan dengan jenis olahan makanan, beberapa orang selalu sedia keju di rumah mereka. Membahas perihal penyimpanannya, sebenarnya keju ini baiknya disimpan di mana?



 Sumber : Vegetariantimes.com


Keju merupakan bahan makanan yang sangat rentan rusak sehingga kamu harus menyimpannya dengan benar. Ada orang yang beranggapan kalau keju sangat cocok jika disimpan di dalam kulkas, di dalam freezer, hingga baiknya disimpan di suhu ruangan saja. Tapi sebenarnya mana yang lebih bagus?  Sebenarnya, kita tidak bisa menentukan dengan pasti tempat mana yang paling benar untuk menyimpan keju karena beda jenisnya, beda pula tempat penyimpanan yang baik. Idealnya, semua keju paling aman disimpan dalam suhu 1,6 derajat hingga 7 derajat celcius alias suhu kulkas. Suhu ini berlaku untuk menyimpan keju semua jenis, baik itu keju yang bertekstur keras hingga lembek atau krim. Lantas apakah keju tidak boleh disimpan di suhu ruangan?



 Sumber : Wisconsincheeseman.com


Keju yang disimpan di freezer akan menjadi beku karena suhu terlalu rendah. Bakteri memang tidak bisa berkembang, tapi teksturnya ini menjadi agak keras. Sedangkan jika disimpan pada suhu ruangan, maka keju akan cepat basi. Apalagi jika kemasan keju sudah terbuka dan sudah kamu gunakan sebagian. Tempat paling aman untuk menyimpan keju adalah pada bagian bawa freezer dekat kotak penyimpanan sayur. Di bagian tersebut suhunya lebih dingin dari tempat penyimpanan sayur, tetapi lebih rendah suhunya dari suhu di freezer. Khusus untuk keju yang bertekstur lembut atau lembek, harus diberikan penanganan ekstra yakni dibungkus rapat dengan kemasan atau plastik wrap atau kertas khusus pembungkus keju sehingga tidak ada udara yang masuk. Kertas khusus ini bisa kamu jumpai di beberapa supermarket. Fungsi dari kertas keju bisa mempertahankan kelembapan keju tapi tetap bisa memberikan udara yang cukup pada keju sehingga tekstur serta citarasa keju tidak rusak.

 

Itulah jawaban dari pertanyaanmu. Jadi, tempat paling aman untuk menyimpan keju adalah tepat di bagian bawah freezer ya! Bukan di suhu ruangan atau freezer. Nah, sekarang mari kita nikmati aneka kuliner dengan topping keju berikut ini yuk!

Ayam Keprabon Express

Foto Ayam Keprabon Express
Foto Ayam Keprabon Express
Foto Ayam Keprabon Express

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

Willie Brothers Steak and Cheese

Foto Willie Brothers Steak and Cheese
Foto Willie Brothers Steak and Cheese
Foto Willie Brothers Steak and Cheese

Hokkaido Baked Cheese Tart

Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?