Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sirloin dan Tenderloin Steak, Apa Bedanya Ya?

List Artikel
12 Januari 2023 | 0 Komentar

Jika kamu sudah sering mendengar kata mengenai sirloin dan tenderloin, itu artinya kamu sudah sering mengunjungi rumah makan steak. Memang kebanyakan orang memilih sirloin steak atau tenderloin steak karena rasanya yang lebih juicy dan empuk diantara jenis daging steak lainnya. Untuk sekadar info, steak merupakan salah satu jenis olahan daging sapi yang terkenal lezat namun juga mahal. Bahkan di beberapa tempat, ada yang menyajikan steak dengan harga yang sangat fantastis hingga jutaan rupiah. Meski makanan steak sudah cukup populer di Indonesia, tetapi masih ada juga nih yang sulit membedakan antara sirloin steak dengan tenderloin steak. Karena keduanya sama-sama lezat ketika disantap. Baiklah kalau begitu langsung saja nih PergiKuliner akan memberi tahu perbedaannya. Simak ya!


1. Sirloin


Sumber: Philmaffetone.com


Sirloin adalah daging khas luar yang terletak di bawah iga sapi dan bagian luar tenderloin. Namun pada dasarnya pembagian sirloin terdiri atas tiga bagian yaitu sirloin bagian atas, top sirloin atau bagian terluar dari tenderloin, dan bottom sirloin atau bagian otot sapi yang berada di bawah top sirloin. Sirloin biasanya banyak diselimuti lapisan lemak. Oleh karena itu, metode pematangan yang tepat untuk sirloin adalah dengan memanggangnya. Dengan begitu, sirloin akan menghasilkan daging yang juicy, gurih, dan empuk.


2. Tenderloin


Sumber: Atlassteak.com


Tenderloin dikenal juga sebagai red fillet atau fillet mignon yang merupakan daging khas dalam yang terletak pada bagian tengah sapi. Tenderloin merupakan jenis daging steak yang paling dicari dan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan daging steak lainnya. Hal ini dikarenakan tekstur dari tenderloin yang sangat lembut dan lapisan lemaknya sedikit. Teknik yang paling tepat untuk memasak tenderloin adalah dengan memanggang atau broiling. Selain itu, yang membedakan tenderloin dari sirloin juga terlihat dari cara penyajian. Biasanya tenderloin akan disajikan dengan ukuran daging yang lebih kecil daripada sirloin.


3. Sirloin atau Tenderloin?



Sumber: Pergikuliner.com


Mana yang lebih enak antara sirloin steak atau tenderloin steak? Jawabannya bergantung pada selera dan kebutuhan kalian masing-masing. Buat kamu yang ingin berdiet, tenderloin steak bisa menjadi pilihan yang pas karena mengandung lebih sedikit lemak, walaupun rasanya menjadi lebih mild. Tetapi, buat kamu yang menyukai cita rasa lemak khas steak yang gurih dan juicy, maka sirloin steak bisa menjadi pilihan yang tepat.


Nah sekarang kamu tak perlu bingung lagi untuk memilih menu sirloin steak atau tenderloin steak ya. Kalau kamu mau cobain kenikmatan rasa sirloin steak dan tenderloin steak, kamu bisa coba keduanya di tempat makan steak yang sudah PergiKuliner siapkan rekomendasinya di bawah ini!

/Grams Crafted Grill & Smoke

Foto /Grams Crafted Grill & Smoke
Foto /Grams Crafted Grill & Smoke
Foto /Grams Crafted Grill & Smoke

Sir Loin

Foto Sir Loin
Foto Sir Loin
Foto Sir Loin

Rass Steak House

Foto Rass Steak House
Foto Rass Steak House
Foto Rass Steak House

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Mucca Steak

Foto Mucca Steak
Foto Mucca Steak
Foto Mucca Steak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?