Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sisa Kopi yang Sudah Berjam-jam Bolehkah Diminum Lagi?

List Artikel
21 April 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat populer di dunia. Di Indonesia sendiri, kopi juga sangat terkenal, tak hanya di kalangan orangtua, hingga anak muda. Kepopuleran akan kopi memang sudah merambah kalangan remaja. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya kedai kopi yang bisa kita lihat di kota-kota yang ada di Indonesia. Bagi kamu yang sering menyeruput kopi, pernah tidak kamu menyisakan kopi yang kamu minum untuk diminum nanti? Beberapa orang memang kerap kali melakukan hal ini karena tidak sempat menghabiskan kopinya atau memang tidak bisa langsung menghabiskan kopinya. Sebenarnya apakah hal seperti ini boleh dilakukan?



 Sumber : Pergikuliner.com


Pertanyaan mengenai bolehkan kita minum kopi yang sudah disisakan berjam-jam ini sudah banyak dipertanyakan, lantas bolehkah? Sebenarnya boleh atau tidak meminum sisa kopi ini tergantung dari varian kopinya. Untuk kopi yang ada campuran susu dan krimnya, memang sebaiknya langsung kamu habiskan saat itu juga alias jangan sampai disisakan untuk diminum berjam-jam kemudian. Hal ini dikarenakan susu tidak bisa bertahan lama di luar ruangan. Jadi sebaiknya kopi yang ada campuran susunya seperti es kopi susu, cappucinno, flat white, latte dan lain sebagainya. Kopi yang ada campuran susunya sebenarnya hanya bisa bertahan hingga dua jam di luar ruangan. Sedangkan jika  disimpan dalam kulkas bisa bertahan hingga 3-4 jam.



Sumber : Pergikuliner.com


Sedangkan untuk kopi hitam, lain ceritanya lagi. Kopi hitam memang bisa bertahan lama dibandingkan dengan kopi yang ada campuran susunya. Kamu bahkan bisa mendiamkannya selama satu hari, baik itu di suhu ruangan maupun dalam lemari es. Meski bisa bertahan lama dibanding kopi yang ada campuran susunya, tapi cita rasa dari kopi hitam yang didiamkan lama ini pasti akan berubah. Walaupun kopi hitam sudah disaring ampasnya, jika didiamkan dalam jangka waktu yang lama, cita rasa kopi pasti akan semakin pahit di lidah. Hal ini dikarenakan adanya proses oksidasi yang terjadi di dalamnya sehingga bisa mengubah cita rasa dari kopi itu sendiri.



 Sumber : Pergikuliner.com


Jadi sekarang kamu sudah tahu bukan jawabannya? Tapi sebenarnya, baik itu kopi yang ada campuran susunya maupun kopi hitam sebaiknya memang langsung diminum begitu disajikan agar cita rasanya masih terasa enak. Kalau kamu tidak yakin bisa menghabiskannya, lebih baik membeli kopi dalam ukuran regular saja, bukan large agar bisa dihabiskan dengan cepat dan tidak perlu didiamkan berjam-jam. Semoga informasi di atas bisa menjawab pertanyaanmu mengenai sisa kopi. Sekarang, yuk kita ngopi dulu di salah satu kedai kopi di bawah ini!

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Anomali Coffee

Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee

Meanwhile Coffee

Foto Meanwhile Coffee
Foto Meanwhile Coffee
Foto Meanwhile Coffee

Yatta Coffee

Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee

Tuku Kopi

Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?