Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Soba vs Ramen vs Udon, Yuk Cari Tahu Perbedaannya!

List Artikel
24 November 2022 | 0 Komentar

Mie menjadi makanan pokok kedua setelah nasi yang paling banyak diminati masyarakat Asia. Meski awalnya berasal dari China, mie juga sangat populer di Jepang. Kamu bahkan bisa dengan mudah menemukan sajian mie di berbagai restoran dan juga kedai kaki lima. Berbicara tentang mie khas Jepang, kamu pastinya sangat mengenal ramen yang menjadi salah satu mie khas Jepang paling terkenal di dunia. Tapi tahukah kamu, selain ramen masih ada soba dan udon yang juga tak kalah enaknya? Meski sama-sama mie asal Jepang, tapi ketiga memiliki perbedaan yang cukup mencolok, mulai dari bahan pembuatnya, cita rasanya, serta cara penyajiannya. Nah, buat kamu penyuka kuliner Jepang, yuk ketahui dulu perbedaan soba, ramen, dan udon berikut ini!

 

Mie Ramen



Sumber: Pergikuliner.com


Ramen menjadi mie khas Jepang yang paling mudah dikenali. Mie ramen terbuat dari tepung terigu yang dibentuk layaknya mie kebanyakan. Jenis-jenis ramen bisa digolongkan dari aneka kuah dan topping-nya. Ada yang menggunakan kuah kaldu daging babi, ayam, dan sapi. Sedangkan untuk taburan topping-nya bisa menggunakan chasiu, menma, relur rebus, sayuran hijau, daun bawang, serta nori hingga cita rasanya jadi lebih berbeda.

 

Mie Soba



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada soba yang menjadi mie khas Jepang yang terbuat dari tepung gandum. Soba kebanyakan dibuat secara manual dan tradisional dengan menggunakan wadah kayu sehingga cita rasanya masih terasa sangat tradisional sekali. Bentuknya lebih lebih tebal dari mie ramen tapi lebih kecil dari udon. Warnanya pun bermacam-macam tergantung bahan tambahannya. Mie soba bisa disantap secara panas dengan kuah kaldu dan juga dingin dengan cocolan saus.  

 

Mie Udon



Sumber: Pergikuliner.com


Mie Jepang yang satu ini memang bisa dengan mudah kamu kenali dari bentuknya karena ukurannya lumayan besar dibanding mie Jepang lainnya. Mie udon memiliki bentuk mirip dengan pipa dengan diameter sekitar 1,7 mm. Mie udon kebanyakan disajikan dengan kuah coklat yang lebih ringan dibanding kuah ramen karena hanya terbuat dari dashi, mirin, dan kecap. Mie udon disajikan dengan aneka goreng-gorengan seperti tempura udang, katsu, hingga kakiage alias tahu goreng.


Nah, sudah mencoba yang mana nih? Mana yang paling menjadi favorit kamu? Hm, kalau masih bingung mau nyobain ketiga makanan di atas dan mencari manakah yang akan menjadi favorit, PergiKuliner sudah menyiapkan lima rekomendasi restoran Jepang yang menyajikan ramen, soba, dan udon di bawah ini. Dijamin sih ketiganya akan jadi favorit kamu!

Ramen SeiRock-Ya

Foto Ramen SeiRock-Ya
Foto Ramen SeiRock-Ya
Foto Ramen SeiRock-Ya

Ramen For The Soul

Foto Ramen For The Soul
Foto Ramen For The Soul
Foto Ramen For The Soul

Abura Soba Yamatoten

Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Futago Ya

Foto Futago Ya
Foto Futago Ya
Foto Futago Ya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?