Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sotong vs Cumi, Bisa Tidak Kamu Membedakan Keduanya?

List Artikel
21 Oktober 2019 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang suka menyantap seafood? Seafood merupakan olahan kuliner yang dibuat dari bahan dasar hewan laut seperti ikan, udang, hingga cumi. Berbicara tentang cumi, tahukah kamu kalau cumi seringkali salah dikenali sebagai sotong, begitupula sebaliknya. Hal ini dikarenakan bentuk cumi dan sotong memang terlihat mirip satu sama lain. Perlu kamu ketahui kalau cumi dan sotong ini sebenarnya sama-sama termasuk dalam kategori hewan laut dan keduanya juga sama-sama memiliki tinta hitam. Jadi tak heran kalau keduanya ini seringkali salah dikenali. Supaya tak salah mengenali lagi, sebaiknya kamu simak dulu beberapa perbedaan sotong dan cumi yang ada di bawah ini!



 Sumber : Sbs.com


1. Dari Segi Tampilan

Jika dilihat dari segi tampilannya, bentuk cumi cenderung lebih kecil dibanding sotong. Bentuknya ini panjang dan meruncing dengan sirip kecil pada bagian belakangnya. Ada 10 tentakel yang nanti akan kamu temukan dan juga mata besar di sisi kanan dan kiri pada bagian depan tubuhnya. Sementara untuk sotong ukurannya bisa dua kali lipat ukuran cumi dengan delapan tentakel dan dua tentakel yang dilengkapi penghisap untuk menangkap mangsanya. Bentuknya jauh lebih panjang dan agak pipih gepeng dengan ukuran antara 15-25 cm.


2. Dari Segi Tingkat Kesegaran

Kalau dari segi tingkat kesegaran, sotong yang segar biasanya memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek saat ditekan alias akan langsung kembali ke bentuk semula. Sotong punya warna putih dengan sedikit warna kehitaman. Jika sotong sudah lama maka kulitnya akan berubah menjadi kemerahan atau keunguan. Jika kamu angkat, bagian kepala dan badannya tidak tertanggal. Sedangkan untuk cumi, bagian kulitnya berwarna putih cerah. Jika sudah berubah warna, maka tandanya cumi sudah tidak segar lagi. Untuk aromanya, baik itu cumi segar maupun sotong segar tidak akan memiliki aroma amis menyengat. Tapi kalau sudah tidak segar maka akan berbau amis.


3. Dari Segi Nilai Gizi

Selanjutnya ada perbedaan dari segi nilai gizi sotong dan cumi. Untuk 300 gram sotong, di dalamnya terdapat kandungan protein sekitar 28 gram. Sedangkan cumi memiliki sekitar 48 gram protein. Untuk kandungan mineral yang terkandung dalam 100 gram cumi adalah 32 mg kalsium, 680 mg zat besi, 33 mg magnesium, dan 44 mg sodium. Sedangkan sotong per 85 gramnya mengandung 153 mg kalsium, 51 mg magnesium, 3 gram zinc, 493 mg fosfor dan 9,2 mg zat besi.

 

Itulah beberapa perbedaan yang bisa kamu ketahui dari sotong dan cumi. Semoga mulai sekarang kamu bisa membedakannya dengan mudah ya! Jika kamu jadi lapar setelah membaca artikel ini, bisa datangi salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris

Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris
Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris
Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris

Seafood Kalimati 94 Mulyono

Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono

Indah Seafood 94

Foto Indah Seafood 94

Saung 89 Seafood

Foto Saung 89 Seafood

Bola Seafood Acui

Foto Bola Seafood Acui
Foto Bola Seafood Acui

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?