Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ssst! Ketahui Beberapa Hal yang Harus di Lakukan Saat Bersantap di Restoran Fine Dining

List Artikel
29 April 2017 | 0 Komentar
Bagi kamu yang biasa ke restoran casual atau ngafe dan sekali-sekali ingin mencoba mewahnya fine dining, perlu diketahui bahwa bersantap di restoran-restoran fancy tersebut mempunyai etiket eksklusif. Apalagi yang datang ke restoran-restoran kelaas atas tersebut bukanlah orang-orang sembarangan. Nah, untuk teman PergiKuliner yang baru pertama kali ingin mencoba makan di restoran mewah atau fine dining, biar kamu tidak canggung, perhatikan dulu yuk hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan berikut ini!


sumber : pergikuliner.com

1. Jangan Lakukan: Komplain
Tidak semua makanan di restoran fine dining bisa enak dan sesuai lidah kamu, terkadang kamu pasti menemukan hal-hal aneh yang kamu rasakan pada makanan seperti rasa yang keasinan, kemanisan dan sebagainya. Kalau kamu menemukan ketidak cocokan pada rasa makanan kamu, kamu boleh melakukan komplain lho. Tapi jangan sampai beragumen dengan pelayannya ya, sampaikan saja secara baik-baik. Damai itu indah kan?

2. Lakukan: Letakkan Serbet di Pangkuan Kamu
Serbet biasanya digunakan untuk mencegah pakaian kita kotor karena makanan yang kita makan. Ingat kah kamu pada adegan di serial Mr. Bean ketika dia berkencan dengan kekasihnya di restoran mewah? Pada adegan ini Mr. Bean meletakan serbet di selipan kerahnya, hal ini tidak boleh dilakukan ya teman PergiKuliner, karena dianggap tidak sopan. Sebaiknya kamu meletakan serbet di pangkuan kamu dan jika kamu ingin ke kamar kecil, taruh serbet kamu di bangku. Setelah selesai makan, letakkan dengan rapih, di sebelah kiri piring.

3Lakukan: Letakkan Garpu, Pisau atau Sendok diatas Piring

Biasanya jika di restoran casual biasa setelah kita selesai makan sendok dan garpu akan diletakan begitu saja bukan? Nah, jika di restoran kelas fine dining setelah kamu selesai makan, wajib untuk letakkan garpu dan pisau atau endok diatas piring, dengan membentuk huruf "V" dengan arah tertutup, dengan itu waiter atau waitress bisa mengetahui bahwa kamu sudah selesai makan dan bisa membereskan piringmu.


4. Jangan Lakukan: Meminta Makananmu Untuk Cepat-Cepat Disajikan

Restoran fine dining bukan restoran cepat saji. Beberapa menu memang membutuhkan waktu cukup lama karena dibuat sedemikian rupa supaya kamu bisa menikmatinya dengan baik. Jadi, kamu jangan sekali-kali menanyakan pada pelayan kapan makanan kamu akan di sediakan atau meminta untuk cepat-cepat di sajikan. 


5. Lakukan: Berpakaianlah yang Sepantasnya

Berbeda halnya jika kamu mengunjungi restoran casual atau cafe, kamu bisa menggunakan pakaian santai seperti kaos, celana pendek dan sebagainya. Di restoran fine diningi, kamu harus memakai pakaian yang rapih, bersih dan sopan. Bukan hanya karena kamu akan makan di tempat fancy saja, namun karena kamu juga menghormati teman makanmu.


6. Jangan Lakukan: Berisik

Kalau di cafe atau restoran casual lainnya kamu bisa dengan lepas tertawa dan mengobrol dengan volume suara yang kencang, tapi jangan lakukan itu di restoran fine dining ya! Hormatilah tamu-tamu lain di restoran fine dining yang kamu kunjungi dengan tidak berisik dan kamu pun terlihat elegan.


7. Lakukan: Melakukan Reservasi Terlebih Dahulu

Apalagi jika kamu datang pada saat liburan atau jam makan, dan tidak semua restoran fine dining menerima kunjungan tanpa reservasi, jadi lebih aman jika kamu booking terlebih dahulu. Selain itu, kesempatan kamu mendapatkan meja yang kamu inginkan lebih besar.


8. Jangan Lakukan: Mengatakan Bahwa Kamu Masih Merasa Lapar Setelah Makan

Bagi kamu yang baru pertama kali makan di restoran fine dining, kamu pasti akan kaget melihat porsi makanannya yang kecil dan merasa tidak kenyang. Sekedar informasi menikmati makanan fine dining bukan hanya untuk mendapatkan kekenyangan semata, namun kamu juga harus mengerti esensi dari makan makanan di restoran fine dining. Meski kemungkinan kecil kamu masih merasa lapar setelah makan, jangan sekali-kali mengatakan pada partner makan kamu kalau kamu masih lapar ya! Kamu akan terlihat tidak mengerti esensi dari bersantap di fine dining.


9. Jangan Lakukan: Meniup Makananmu

Kebiasaan orang-orang ketika ingin makan makanan yang masih panas pasti akan meniupnya secara perlahan. Tapi jangan sekali-kali kamu meniup makanan kamu yang masih panas ketika makan di restoran fine dining ya? Jika makananmu masih terlalu panas, tunggu saja sampai makananmu bisa kamu makan tanpa kamu harus meniupnya.


Setiap restoran memang mempunyai aturannya sendiri, tapi tidak salahnya kan kamu mengikuti panduan diatas sebelum kamu bersantap di restoran fine dining. PergiKuliner sudah menyiapkan rekomendasi restoran fine dining yang bisa kamu kunjungi bersama partner kulineran kamu untuk dapat aplikasikan saran-saran tersebut, di bawah ini!

Salt Grill

Foto Salt Grill
Foto Salt Grill
Foto Salt Grill

Le Quartier

Foto Le Quartier
Foto Le Quartier
Foto Le Quartier

Monty's

Foto Monty's
Foto Monty's
Foto Monty's

1945 Restaurant - Fairmont Jakarta

Foto 1945 Restaurant - Fairmont Jakarta
Foto 1945 Restaurant - Fairmont Jakarta
Foto 1945 Restaurant - Fairmont Jakarta

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?