Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sudah Masuk Musim Hujan? 5 Kuliner Berkuah Khas Korea Ini Bisa Hangatkan Badan

List Artikel
31 Oktober 2018 | 0 Komentar

Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Perubahan iklim dari panas menjadi dingin ini pastinya membuat tubuh kamu membutuhkan banyak nutrisi dan juga vitamin agar bisa tetap sehat. Saat musim hujan, biasanya kita akan memilih kuliner berkuah karena kebanyakan kuliner berkuah selalu disajikan dalam keadaan hangat sehingga bisa membuat tubuhmu jadi lebih hangat. Jika bosan menyantap kuliner berkuah khas Indonesia, kamu bisa mencoba kuliner berkuah khas Korea yang juga sangat cocok jika dipadukan bersama dengan nasi putih hangat. Kira-kira ada kuliner berkuah apa saja ya? Coba yuk kita lihat bersama!


1. Kimchi Jjigae



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada kimchi jjigae yang seperti kamu ketahui kalau Korea sangat identik dengan kuliner yang bernama kimchi. Ternyata kimchi tidak hanya cocok disajikan untuk makanan pendamping saja, tapi juga bisa dijadikan makanan utama dengan dibuat menjadi kuliner berkuah. Kimchi jjigae atau sup kimchi ini memiliki bahan utama kimchi sawi putih yang dipotong-potong lalu diberi tambahan bawang bombay, daun bawang, bubuk cabai, serta garam dan gula. Biasanya akan ada bahan tambahan lainnya seperti tahu putih dan daging sapi iris.


2. Miyeok Guk



Sumber : Pergikuliner.com


Di negara asalnya, miyeok guk sangat identik dengan kuliner ulang tahun karena memang selalu disajikan saat perayaan hari ulang tahun. Tapi selain disajikan saat ulang tahun, miyeok guk juga sering disantap untuk sarapan pada saat musim dingin. Miyeok guk terbuat dari rumput laut dan biasanya terdapat campuran kerang atau daging sapi di dalamnya sehingga kuliner ini memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Meski disajikan dalam keadaan panas, citarasa miyeok guk ini sangat segar dan gurih.


3. Samgyetang



Sumber : Pergikuliner.com


Ketika berbicara tentang kuliner berkuah yang memiliki nilai nutrisi tinggi, kita tidak boleh melewatkan samgyetang yang merupakan sup ayam ginseng. Sup ini dimasak dengan ayam utuh yang bagian dalamnya diberi dengan isian beras ketan, bawang putih, jujube, ginseng, dan tanaman herbal lainnya. Berhubung menggunakan ayam utuh dan ginseng, sudah pasti harganya terbilang cukup mahal jika dibandingkan kuliner-kuliner khas Korea lainnya. Tapi harga yang harus dibayar sebanding dengan khasiat dan manfaat yang didapat setelah menyantapnya.


4. Galbitang



Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada galbitang yang sekilas mirip dengan mirip dengan sup iga. Yup, galbitang memang merupakan sup iga khas Korea. Daging iga sapi yang sudah dipotong-potong kemudian dimasak dengan berbagai bumbu khas Korea. Sebelum diangkat, galbitang biasanya diberi tambahan bihun atau soun dan irisan daun bawang serta telur dadar iris. Kuliner ini memiliki rasa yang gurih dan sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.

 

5. Yukgaejang



Sumber : Pergikuliner.com


Selain kimchi jjigae, kuliner berkuah Korea lainnya yang punya cita rasa agak pedas adalah yukgaejang. Yukgaejang merupakan kuliner yang berbahan dasar daging sapi dan beberapa sayuran khas Korea seperti gosari atau sejenis tanaman paku. Semua bahan tersebut dimasak dengan cara direbus dalam waktu yang lama sehingga cita rasanya menjadi lebih kaya dan kuahnya menjadi agak kental.


Itu dia beberapa kuliner berkuah khas Korea yang bisa kamu coba untuk menghangatkan badan ketika musim hujan. Kalau kamu kepingin makan makanan tersebut, langsung aja datang ke restoran Korea di Jakarta rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Jjigae House

Foto Jjigae House

Darin Master Of Noodle

Foto Darin Master Of Noodle
Foto Darin Master Of Noodle

Korean Food Yeongwon

Foto Korean Food Yeongwon

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?