Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sudah Musim Hujan, Hangatkan Tubuh dengan 5 Minuman dari Asia Ini!

List Artikel
29 Januari 2020 | 0 Komentar

Indonesia sudah memasuki musim hujan, pastinya udara di sekitarmu sudah mulai dingin. Biasanya saat cuaca dingin, kita akan malas bergerak dan pastinya akan cepat merasa lapar. Selain menyantap makanan berkuah untuk menghangatkan badan, kita juga lebih suka minum minuman yang hangat-hangat agar suhu tubuh tidak menurun. Biasanya minuman hangat apa yang kamu konsumsi saat musim hujan? Kalau bukan teh atau kopi hangat, biasanya masyarakat Indonesia akan minum minuman tradisional seperti wedang jahe atau wedang ronde yang pastinya bisa menghangatkan tubuh. Tapi jika kamu bosan, di negara Asia ada beberapa minuman hangat yang bisa kamu minum saat musim hujan, yaitu:

 

1. Masala Chai Tea dari India



Sumber : Zliving.com


Pertama ada masala chai tea yang asalnya dari India. Masala chai tea ini merupakan teh yang dibuat dari teh hitam, susu panas, dan aneka rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, lada, kapulaga hijau, pala, dan jahe. Melihat rempah-rempah yang digunakan pastinya bisa membuat badan kamu hangat dan kekebalan tubuh jadi meningkat. Masala chai tea memiliki citarasa yang pedas tapi manis dengan aroma wangi rempah yang kuat. Di negara asalnya, Masala chai tea banyak dijumpai atau dijajakan di stasiun kereta api.

 

2. Ryukuca dari Jepang



Sumber: japanese-tradition.com


Ryukuca adalah minuman hangat dari Jepang yang terbuat dari bahan dasar dari teh hijau yang mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi. Ryukuca lebih sering dijumpai pada kemasan botol siap minum. Tapi dimusim dingin, masyarakat Jepang meminumnya dalam keadaan hangat dengan cara menyeduhnya. Cita rasanya terbilang pahit manis karena memang kandungan gulanya tidak terlalu banyak.

 

3. Boricha dari Korea



Sumber : Bukalapak.com


Selanjutnya ada boricha yang asalnya dari Korea. Boricha ini meruoakan teh yang dibuat dari bahan dasar barley atau gandum panggang. Cita rasanya manis tapi ada sedikit rasa pahitnya. Sedangkan untuk aromanya agak smokey alias ada aroma asapnya. Inilah yang menjadi ciri khaa boricha. Minuman ini selalu disajikan hangat saat musim dingin di berbagai restoran yang ada di Korea. Keberadaannya bisa dikatakan seolah menggantikan air putih.

 

4.Cha Phe dari Vietnam



Sumber : Delightfulplate.com


Cha phe merupakan minuman hangat dari Vietnam yang terbuat dari bahan dasar kopi. Kopi di Vietnam memang disebut dengan nama cha phe. Seperti yang kita ketahui, kopi Vietnam memang selalu disajikan dalam keadaan masih panas sehingga cocok diminum saat musim hujan. Cha phe memiliki cita rasa kopi yang kuat karena berasal dari jenis kopi robusta. Cara penyeduhannya terbilang unik karena menggunakan dripper atau saringan yang diletakkan di atas gelas. Terdapat dua jenis cha phe yang bisa kamu pesan, yaitu cha phe da alias kopi hitam dan cha phe sua da yang merupakan kopi susu.

 

5. Pu Er Tea dari China



Sumber : Detik.net.id


Terakhir ada pu er tea yang asalnya dari China. Pu er tea merupakan hasil fementasi dari teh hitam. Daun teh ini asalnya dari kawasan Yunnan dan memiliki ciri khas warna cokelat gelap khas teh hitam. Cita rasanya sudah tentu agak sedikit pahit sehingga kamu harus menambahkan gula saat menyeduhnya. Sedangkan untuk teksturnya cenderung kental pekat. Meski begitu, selain bisa menghangatkan tubuh, pu er tea ini juga bisa menurunkan kolesterol dan berat badan lho.

 

Itulah beberapa minuman hangat dari Asia. Menurut kamu, mana yang paling enak dan cocok di lidah masyarakat Indonesia? Jika ingin menikmati aneka teh lainnya juga, kamu bisa datang langsung aja ya ke salah satu kedai teh di bawah ini!

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Tea Et Al

Foto Tea Et Al
Foto Tea Et Al

Daily Treats - The Westin Jakarta

Foto Daily Treats - The Westin Jakarta
Foto Daily Treats - The Westin Jakarta
Foto Daily Treats - The Westin Jakarta

Hoshino Tea Time

Foto Hoshino Tea Time
Foto Hoshino Tea Time

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?