Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sudah Sarapan Tapi Masih Merasa Lapar? Ini Penyebabnya!

List Artikel
30 Maret 2020 | 0 Komentar

Sarapan merupakan kebiasaan yang sebenarnya wajib untuk dilakukan setiap pagi hari. Seperti yang sudah kita ketahui ada banyak sekali manfaat sarapan yang bisa kita dapatkan, mulai dari bisa menambah energi, meningkatkan konsentrasi, menjaga berat badan, dan lain sebagainya. Menjadi satu hal yang wajib dilakukan setiap pagi, ada satu hal unik yang kerap kali terjadi setelah kamu sarapan yakni timbulnya rasa lapar. Padahal kamu sendiri sudah menyantap sarapan. Hal seperti ini tidak hanya 1-2 orang saja yang mengalaminya kok. Jadi tenang saja guys! Ketika kamu sudah sarapan tapi perut masih terasa lapar, ternyata dibalik itu semua ada alasan ilmiah yang bisa menjelaskannya kepadamu, yaitu:

 


Sumber : Pergikuliner.com


1. Kurang Tidur

Alasan yang pertama adalah kurang tidur. Faktor kurang tidur ini menjadi salah satu alasan terbesar dan banyak terjadi. Orang yang kurang tidur, sistem metabolisme tubuhnya akan tidak stabil sehingga mengganggu penyerapan nutrisi secara maksimal. Selain itu, kadar ghrelin yang berfungsi sebagai perangsang nafsu makan akan naik. Inilah yang menyebabkan kamu mudah merasa lapar meski sudah sarapan. Kurang tidur juga dapat menyebabkan kekebalan tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Jadi mulai sekarang, tidurlah yang cukup sekitar 6-8 jam per hari.

 

2. Kurang Protein

Alasan yang kedua bisa dikarenakan kurang protein. Perlu kamu ketahui kalau tubuh mendapatkan asupan protein yang cukup, maka tubuh bisa mengendalikan nafsu makan dengan baik. Hal ini dikarenakan dalam protein terdapat kandungan yang dapat meningkatkan produksi hormon perangsang rasa lapar. Sebaliknya, jika asupan protein kurang maka tubuh bisa mudah lapar. Jadi bisa dikatakan kalau saat sarapan kamu tidak mengkonsumsi protein yang cukup, maka tubuh akan tetap merasa lapar.

 

3. Kurang Minum Air Putih

Salah satu penyebab kita merasa lapar meski sudah sarapan adalah karena kurang minum air putih. Air putih ini ternyata tak hanya bisa mencegahmu terkena dehidrasi, tapi juga bisa membuatmu bisa merasa kenyang setelah sarapan. Hal ini dikarenakan air putih bisa membantu tubuh mencerna makanan yang disantap saat sarapan. Air putih juga bisa mengurangi nafsu makan sehingga kamu tak mudah merasa lapar.

 

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat Olahan

Jika ketiga alasan di atas bukanlah penyebabnya, bisa jadi penyebab kamu merasa lapar meski sudah sarapan adalah karena terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan telah mengalami proses yang sedemikian rupa sehingga kandungan nutrisinya hilang, seperti serat, mineral dan vitamin. Karbohidrat olahan juga membuat kadar gula darah menurun cepat dan dapat mengakibatkan tubuh merasa lapar meski sudah sarapan. Salah satu contoh karbohidrat olahan adalah makanan yang dibuat dari tepung.

 

5. Diet Rendah Lemak

Alasan yang terakhir adalah karena diet rendah lemak. Orang-orang yang diet rendah lemak ternyata akan lebih mudah terserang lapar. Hal ini dikarenakan lemak memperlambat pencernaan dan meningkatkan produksi hormon pembuat rasa kenyang. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi makanan berlemak baik seperti alpukat, telur, yoghurt dan lain-lain.

 

Itulah beberapa alasan mengapa kamu tetap merasa lapar meski sudah sarapan pagi. Dari kelimanya, apakah ada satu hal yang terjadi padamu? Jika kesulitan mencari makanan untuk sarapan, kamu bisa coba mampir ke salah satu tempat di bawah ini aja ya!

Outback Steakhouse

Foto Outback Steakhouse
Foto Outback Steakhouse
Foto Outback Steakhouse

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Truedan

Foto Truedan
Foto Truedan
Foto Truedan

Sophie Authentique French Bakery

Foto Sophie Authentique French Bakery
Foto Sophie Authentique French Bakery
Foto Sophie Authentique French Bakery

Jiwa Toast

Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?