Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sudah Terlanjur Lapar Berat, Bolehkah Langsung Santap Nasi Ketika Buka Puasa?

List Artikel
28 Mei 2018 | 0 Komentar

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menyantap nasi saat berbuka puasa. Hal ini memang tidak asing lagi karena kebanyakan dari mereka merasa sangat lapar berat setelah seharian berpuasa dan ingin segera mengisi perut dengan menyantap nasi yang bisa membuat mereka kenyang. Lantas sebenarnya boleh tidak kita langsung menyantap nasi ketika berbuka puasa?


 

 Sumber: pergikuliner.com


Ajaran Islam memang menganjurkan kamu untuk berbuka dengan yang manis karena setelah seharian berpuasa, kadar gula dalam darah akan menurun dan cadangan energi sudah menipis sehingga kamu harus meningkatkannya kembali dengan menyantap sesuatu yang manis agar bisa diubah langsung menjadi gula darah dan energi. Bukan berarti kamu tidak boleh langsung menyantap nasi saat berbuka, tapi setidaknya kamu makan satu buah kurma atau minum teh manis terlebih dahulu agar gula darah bisa naik secara perlahan.


Sumber: pergikuliner.com 


Setelah itu, barulah kamu bisa menyantap nasi. Tapi dengan syarat porsi yang disantap jangan berlebihan. Kalau bisa kurangi porsi nasi setengahnya dari porsi makan kamu biasanya. Ini bertujuan untuk mencegah kamu terkena gangguan pencernaan karena ketika makan nasi dalam jumlah banyak setelah seharian berpuasa, otomatis lambung akan kaget sehingga pencernaan akan terganggu. Ditambah lagi, nasi merupakan jenis karbohidrat yang memiliki kadar gula kelewat tinggi sehingga kalau terlalu banyak disantap langsung saat buka puasa, kamu bisa cepat lemas dan mengantuk ketika shalat Tarawih.  

 

Sumber: pergikuliner.com


Jadi bukannya dilarang ya, teman PergiKuliner. Kamu harus minum minuman manis terlebih dahulu sebelum makan nasi dan usahakan untuk benar-benar memperhatikan porsi nasi yang kamu santap ketika berbuka. Kalau bisa tambahkan juga sayur-sayuran dan lauk pauk yang seimbang. Selamat berbuka puasa! 

Nasi Pedes Cipete

Foto Nasi Pedes Cipete
Foto Nasi Pedes Cipete
Foto Nasi Pedes Cipete

Mamadar Ayam Kaser

Foto Mamadar Ayam Kaser

Nasi Uduk 126

Foto Nasi Uduk 126
Foto Nasi Uduk 126

Nasi Uduk Meranti

Foto Nasi Uduk Meranti
Foto Nasi Uduk Meranti
Foto Nasi Uduk Meranti

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?