Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Bikin Bingung, Ternyata Ini Bedanya Serabi Bandung dan Serabi Solo

List Artikel
29 September 2017 | 0 Komentar

Kata siapa pancake hanya dapat ditemui di luar negeri? Buktinya di negara kita pun juga ditemukan pancake serupa yang sangat digemari. Masyarakat Indonesia menyebutnya dengan serabi alias pancake asli lokal yang sudah dimodifikasi dengan cita rasa khas Indonesia. Masyarakat mengenal serabi sebagai salah satu jajanan pasar paling populer di Indonesia. Bahannya terbuat dari tepung terigu atau tepung beras. Nah bedanya kalau pancake punya saus dengan berbagai pilihan rasa, sementara kue serabi memakai saus khusus yang terbuat dari gula jawa cair atau bisa juga kinca.



Sumber : pergikuliner.com (Serabi Bandung)


Dua jenis serabi yang paling dikenal di Indonesia adalah serabi Bandung dan serabi Solo. Perbedaan dua jenis serabi ini terletak pada bahan pembuatan, cara penyajian, tampilan dan rasa. Namun, belum ada yang dapat memastikan dengan jelas bagaimana sejarah kue serabi ini sebenarnya. Hanya saja, bila melihat dari asal usulnya, kata 'surabi' yang berasal dari bahasa sunda ‘sura’ berarti besar. Sementara itu, serabi dalam bahasa Jawa dikenal juga dengan nama surobi. Lalu apa perbedaan serabi Bandung dan Solo?



Sumber : pergikuliner.com (Serabi Solo)


1. Bahan Pembuatan

Serabi Bandung biasanya menggunakan tepung terigu, telur, dan air kelapa. Sementara, kalau serabi Solo itu bahannya tepung beras, gula, santan kelapa, dan garam. Tepung berasnya pun biasanya diolah sendiri, bukan dari tepung beras yang instan. Selain itu, serabi Solo juga dimasak dengan menggunakan baja, sedangkan serabi Bandung dimasak menggunakan tanah liat, sehingga hasilnya pun berbeda.


2. Cara Penyajian

Nah, untuk cara penyajian keduanya pun memiliki perbedaan dimana biasanya serabi Bandung dimakan dengan kuah kinca atau campuran gula merah, santan, dan daun pandang. Sedangkan, serabi Solo adonannya sudah dicampurkan dengan santan, sehingga tidak perlu lagi memakai kuah. Jadi, bisa dibilang kalau serabi Solo itu umumnya disajikan dalam keadaan kering, tetapi kalau serabi Bandung itu disajikan dengan kuah gula jawa cair yang disiram.


3. Tampilan dan Rasa

Dalam perkembangannya serabi di Indonesia kemudian dilengkapi dengan berbagai pilihan topping di atasnya, sehingga rasanya pun semakin variatif. Ada yang memakai kornet, keju, irisan daging ayam, sosis, dan ada pula yang mengkreasikan isian manis seperti berbagai macam selai, cokelat, cappuchino, dan lain-lain. Nah biasanya serabi Bandung inilah yang rasanya bermacam-macam itu. Sementara itu, tampilan untuk serabi Solo umumnya lebih polos dan putih sesuai warna santan, namun rasanya pun tak kalah rasa legitnya dengan serabi Bandung. Untuk menyesuaikan selera masyakarat, belakangan serabi Solo juga menambahkan topping di atasnya seperti dengan taburan coklat, keju, atau buah-buahan tertentu.


Itu dia beberapa perbedaan yang terdapat pada serabi Bandung dan serabi Solo. Teman PergiKuliner masih merasa bingung dan belum menemukan perbedaan yang jelas? Nah! Ada baiknya kamu rasakan langsung perbedaan antara serabi Bandung dan serabi Solo dengan mengunjungi beberapa tempat makan serabi rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Surabi Teras

Foto Surabi Teras

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Soerabi Bandung Enhaii

Foto Soerabi Bandung Enhaii
Foto Soerabi Bandung Enhaii
Foto Soerabi Bandung Enhaii

Serabi Solo Gulung Cokro Suman

Foto Serabi Solo Gulung Cokro Suman

Serabi Notosuman

Foto Serabi Notosuman
Foto Serabi Notosuman
Foto Serabi Notosuman

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?