Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Makan Ikan? Ini Cara Mengatasi Tersedak Duri Ikan

List Artikel
24 November 2017 | 0 Komentar

Ikan menjadi salah satu kuliner yang memiliki nilai gizi sangat tinggi. Ada kandungan omega 3, vitamin B2, yodium, magnesium, dan kalium yang terkandung dalam ikan. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk setidaknya menyantap ikan minimal 2 kali dalam satu minggu. Ikan bisa diolah menjadi beragam jenis makanan, mulai dari digoreng atau dibakar saja untuk disantap bersama dengan sambal dan nasi hangat, hingga disup atau dijadikan kuliner berkuah yang cocok disantap saat cuaca sedang dingin. Banyaknya olahan ragam ini membuat kamu tak akan bosan menyantapnya.


Sumber : pergikuliner.com


Sayangnya saat sedang menyantap ikan, seringkali kita tersedak durinya yang menyebabkan duri bisa tersangkut di tenggorokan. Hal ini tentunya bisa membuat tenggorokan kamu terluka. Sebenarnya duri ikan bisa hancur dengan sendirinya, tapi tentunya ada beberapa jenis ikan yang memiliki duri agak tebal sehingga susah hancur. Jika hal ini dibiarkan dalam waktu yang lama tentunya bisa berakibat buruk bagi tenggorokan kamu. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

 

Sumber : pergikuliner.com


Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan meminum air putih sebanyak mungkin agar duri ikan bisa terdorong dan lepas dari tenggorokan. Tapi jika hal ini tidak berhasil, kamu bisa berkumur dengan air garam hangat. Garam akan mengikat air sehingga bisa membuat dinding kerongkongan mengempes dan benda asing seperti duri yang tersangkut di tenggorokan bisa terlepas dengan sendirinya.


Sumber : pergikuliner.com


Kamu juga bisa menggunakan nasi putih hangat dan mengepalkannya berbentuk bola kecil dan menelannya dalam waktu yang bersamaan. Selain nasi putih, kamu juga bisa menelan pisang yang tidak dikunyah, tapi harus kamu telan secara perlahan. Jangan lupa untuk meminum air putih hangat setelahnya. Kalau cara-cara tersebut tidak berhasil juga, mau tak mau kamu harus pergi ke dokter THT ya! Ingat, jangan sekali-kali menggunakan jari tangan untuk mengeluarkan duri yang tersangkut di tenggorokan dengan cara memasukkannya ke dalam kerongkongan karena bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan.


Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir ya untuk makan ikan apalagi ikan-ikan di restoran yang PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini. Dijamin rasanya enak dan bisa bikin kamu ketagihan!

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Restoran Ikan Tude Manado

Foto Restoran Ikan Tude Manado

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Radja Gurame

Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?