Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Makan Panas Lalu Minum Dingin Bergantian? Ini Akibatnya!

List Artikel
19 Agustus 2018 | 0 Komentar

Makanan memang lebih enak disantap saat masih panas. Selain karena rasanya yang lebih enak, aroma wangi dari makanan saat masih panas memang sangat tercium sehingga menggugah selera makan. Kebanyakan makanan Indonesia disajikan dalam keadaan panas-panas seperti bakso, mie ayam, nasi goreng, soto, dan lain sebagainya. Sebenarnya tidak apa-apa menyantap makanan panas, tapi yang menjadi masalah adalah ketika kamu membarenginya dengan minuman dingin secara bergantian. Ada beberapa akibat yang bisa kamu alami ketika makan panas lalu minum dingin bergantian, yaitu:



Sumber : Pergikuliner.com


1. Rusaknya Lapisan Dentin

Ketika menyantap makanan panas lalu minum minuman dingin, sudah pasti yang akan terkena dampak langsungnya adalah gigi sebagai organ tubuh yang langsung bersentuhan dengan makanan panas dan minuman dingin. Pergantian suhu pada apa yang kamu makan bisa menyebabkan pergerakan cairan pada tubulus dentin gigi. Dentin ini merupakan lapisan dalam gigi yang langsung bersinggungan dengan ujung-ujung saraf. Jadi jangan heran kalau setelah makan panas lalu minum dingin, gigi kamu akan langsung terasa ngilu.


2. Pelemahan Saraf dan Gigi Sensitif

Masih dengan gigi, ternyata dampak makan panas lalu minum dingin juga bisa berpengaruh pada pelemahan saraf serta jaringan lunak lainnya pada gigi. Hal ini tentu saja menyebabkan jaringan gigi akan terus terganggu. Apalagi jika kamu minum minuman dingin yang rasanya asam. Maka dampaknya bisa lebih parah. Dengan berbagai macam dampak bagi gigi tersebut, sudah pasti gigimu akan lebih sensitif ketika makan panas, dingin, atau manis. Gigi yang tadinya tidak ngilu akan merasa ngilu setiap tersentuh makanan-makanan tersebut.


3. Menggangu Pencernaan

Makan pedas lalu minum dingin bergantian ternyata tak hanya berdampak pada gigi saja, tapi juga pencernaan kamu. Perubahan suhu yang mendadak dalam waktu yang sangat cepat bisa membuat tubuh mengubah konsistensi makanan yang kamu makan sehingga susah untuk dicerna, apalagi diserap nutrisinya oleh tubuh. Kamu tak ingin kan nutrisi pada makanan yang kamu makan hilang begitu saja? Ditambah lagi, perut juga bisa mengalami kram atau kaku jika sering makan panas lalu minum dingin secara bergantian.

 

Mulai sekarang, ketika makan panas, usahakan untuk minum minuman yang bersuhu normal atau hangat. Jika ingin sekali minum dingin, kamu harus mengambil jeda terlebih dahulu setelah makan makanan panas atau menunggu sampai kamu selesai menyantap makanan panas tersebut ya. Jadi, kamu akan terhindar dari hal-hal seperti di atas dan sekarang kamu siap untuk makan makanan panas yang menggugah selera di bawah ini!

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Shaburi Shabu Shabu

Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu

Bubur Kwang Tung

Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung

Soto Roxy H. Darwasa

Foto Soto Roxy H. Darwasa
Foto Soto Roxy H. Darwasa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?