Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Makan Roti Tapi Sedang Diet? Ini Tipsnya Agar Diet Kamu Tidak Gagal

List Artikel
7 November 2018 | 0 Komentar

Roti menjadi salah satu makanan yang selalu diidentikkan sebagai menu sarapan. Tapi di Indonesia, roti bisa disantap kapan saja, baik itu saat sarapan atau makan malam karena kamu pasti sering melihat kedai roti bakar yang buka pada saat malam hari. Meski rata-rata masyarakat Indonesia memiliki persepsi kalau perut belum kemasukan nasi, maka belum makan namanya, tapi roti kerap kali dijadikan sebagai cemilan atau pengganjal rasa lapar. Tapi bagaimana jika kita sedang berdiet untuk menurunkan berat badan, apakah kita tidak boleh menyantap roti selama berdiet? Roti diketahui memiliki kandungan karbohidrat seperti nasi, sehingga ada banyak perdebatan mengenai boleh atau tidaknya mengonsumsi roti ketika sedang dalam masa berdiet. Sebenarnya menyantap roti saat berdiet boleh-boleh saja, tapi pastikan kalau kamu mengikuti beberapa tips yang ada di bawah ini ya!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Pilih Jenis Roti yang Tepat

Jika dilihat dari bahan baku pembuatannya, roti ada yang terbuat dari tepung terigu dan ada yang terbuat dari tepung gandum. Seperti yang kamu ketahui kalau roti yang terbuat dari gandum lebih kaya akan serat sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Jadi kalau ingin menyantap roti, lebih baik kamu memilih roti gandum dibanding roti tawar biasa. Belakangan ini ada roti gandum yang di dalamnya terdapat biji-bijian sehingga nilai gizinya lebih tinggi lagi dan sangat bagus untuk diet.


2. Hindari Menyantap Roti Manis

Kita seringkali tergoda dengan wangi roti yang sedang dipanggang, apalagi roti manis karena aromanya benar-benar bikin menggoda. Tapi tahan dirimu untuk tidak menyantap roti manis selama berdiet karena biasanya roti manis memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Belum lagi roti manis selalu memiliki isian di dalamnya. Lalu bagaimana dengan roti manis yang terbuat dari gandum? Meski terbuat dari gandum, tapi kalau di dalamnya ada selai manis, maka sudah pasti dietmu akan gagal. Jika tak suka roti dengan rasa yang tawar, kamu bisa menambahkan rasa manis dengan cara memberikan olesan madu alami.


3. Perhatikan Waktu Menyantap Roti

Seperti yang sudah dikatakan di atas, roti memiliki kadar karbohidrat sehingga bisa diolah menjadi cadangan energi untuk beraktivitas, jadi sebaiknya kamu menyantap roti saat sarapan atau makan siang agar bisa mendapatkan energi dari roti yang kamu makan. Hindari menyantap roti saat malam hari karena bisa aktivitas tidak tinggi sehingga cadangan energi yang tidak digunakan bisa menjadi tumpukan lemak.


4. Imbangi dengan Buah dan Sayuran

Terakhir adalah mengimbangi santapan roti dengan buah dan sayuran. Hal ini dilakukan agar kebutuhan nutrisi serat dan vitamin juga bisa terpenuhi saat kamu menyantap roti. Untuk sayuran, kamu bisa menjadikannya sebagai salad atau isian roti yang dipadu dengan sour cream. Sedangkan untuk buah, jika tidak suka disantap begitu saja, kamu menjadikannya sebagai jus atau smoothie yang bisa diseruput saat menyantap roti.


Itulah tips buat kamu yang kepingin banget makan roti tapi terhalang dengan diet kamu. Jadi, kamu masih bisa kok makan roti asal kan sesuai dengan tips yang PergiKuliner kasih ya. Dan buat kamu yang kepingin makan roti enak, PergiKuliner punya rekomendasinya buat kamu di bawah ini!

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Saint Cinnamon & Coffee

Foto Saint Cinnamon & Coffee
Foto Saint Cinnamon & Coffee

My Sweet Bun

Foto My Sweet Bun
Foto My Sweet Bun
Foto My Sweet Bun

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Roti Eneng

Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?