Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Makan Sayur? Ini Mitos Tentang Sayuran yang Harus Kamu Tahu

List Artikel
9 Januari 2017 | 0 Komentar

Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh karena sayuran memiliki beragam vitamin, mineral, serta nutrisi yang melimpah. Di tengah pemahaman masyarakat tentang baiknya mengkonsumi sayuran, ternyata ada mitos-mitos tentang sayuran yang ternyata bisa mengecoh kamu loh guys. Di antara mitos-mitos yang beredar di masyarakat, ada beberapa di antaranya yang tidak benar sehingga kamu wajib tahu ya! Yuk lihat beberapa mitos tidak benar di bawah ini!

 

1. Bayam Bisa Membuat Badan lebih Kuat



Sumber: media.licdn.com


Kamu pasti tahu tokoh kartun Popeye yang bisa memperoleh kekuatan ekstra saat menyantap sekaleng bayam. Berkat ketenaran Popeye, maka banyak orang yang percaya kalau bayam bisa menambah kekuatan. Para orang tua pun selalu menggunakan Popeye sebagai contoh bahwa bayam bisa membuat tumbuh kuat. Tapi tahukah kamu meski bayam mengandung zat besi, tapi bukan berarti bayam bisa menambah kekuatan kamu begitu saja. Kamu juga harus mengonsumsi karbohidrat agar tubuh kamu semakin kuat dan bertenaga.

 

2. Sayuran Segar Lebih Baik dari Sayuran Beku  



Sumber: fresgdesignpedia.com


Banyak orang yang berpikiran kalau sayuran segar selalu lebih baik dan bagus untuk tubuh. Mitos ini sebenarnya benar kok guys, hanya saja ini hanya berlaku bagi sayuran organik atay sayuran yang langsung kamu petik dari kebun sendiri. Jika kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta, sayuran segar yang kamu temukan di supermarket tidaklah lebih bagus dibanding sayuran beku. Pasalnya, sayuran segar tersebut sudah melalui perjalanan yang panjang dari perkebunan menuju Jakarta sehingga kandungan nutrisinya bisa berkurang dibandingkan dengan sayuran beku yang sengaja dibekukan agar nutrisinya tetap terjaga dengan baik.  

 

3. Sayuran Berwarna Cerah Lebih Banyak Manfaat




Sumber: stephinthyme.com


Seperti yang kamu tahu, sayuran dengan warna-warna cerah seperti hijau, kuning, merah, orange adalah sayuran yang memiliki banyak manfaat dan kadar nutrisi yang cukup tinggi. Tapi tahukah kamu kalau tak hanya sayuran berwarna cerah saja yang memiliki banyak manfaat, sayuran dengan warna pucat seperti kol, kubis, hingga kentang juga memiliki banyak sekali nutrisi dan vitamin bagi tubuh kamu. Semua sayuran memiliki manfaat nutrisinya masih-masing kok guys.

 

4. Sayuran Mentah Lebih Bernutrisi



Sumber: pergikuliner.com


Anggapan bahwa memasak sayuran terlalu lama bisa mengurangi kadar nutrisinya. Hal itu memang benar, jika kamu terlalu lama memasak sayuran maka kandungan nutrisinya bisa lenyap. Hal itulah yang membuat banyak orang menganggap sayuran mentah alias sayuran yang belum dimasak memiliki kandungan nutrisi yang masih utuh, tapi ternyata tak semua sayuran itu nutrisinya lebih bagus saat disantap mentah. Ada beberapa sayuran seperti tomat yang memiliki lebih banyak kandungan nutrisi setelah dimasak. Kandungan lycopene pada tomat akan lebih keluar setelah dimasak.

 

5. Konsumsi Wortel Bisa Tingkatkan Kualitas Pandangan



Sumber: pbs.org


Terakhir ada wortel yang dianggap oleh banyak orang sangat bagus untuk mata karena memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Wortel memang memiliki kandungan beta carotene yang bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Tapi mengonsumsi wortel tak berarti kamu bisa memiliki pandangan yang sangat tajam. Wortel hanya mampu membuat pandanganmu lebih cerah dan tidak buram. Selain itu, tak hanya wortel saja loh yang mengandung vitamin A, tapi ada ubi jalar dan kale yang biasa digunakan pada salad. 

Portico Terrace Bistro

Foto Portico Terrace Bistro
Foto Portico Terrace Bistro
Foto Portico Terrace Bistro

Ninety-Nine

Foto Ninety-Nine
Foto Ninety-Nine

Bourbon Eatery & Coffee

Foto Bourbon Eatery & Coffee
Foto Bourbon Eatery & Coffee

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?