Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Masakan Padang? Ini 7 Fakta Unik Tentang Rendang yang Bikin Kamu Makin Suka!

List Artikel
17 Oktober 2016 | 0 Komentar

Kamu sangat suka makan masakan Padang? Salah satu tolak ukur enaknya sebuah restoran Padang adalah dari masakan rendangnya. Dari semua jenis masakan Padang yang ada, rendang jadi yang paling terfavorit. Oleh karena itu, jika rendangnya tak lezat, maka restoran Padang tersebut pasti dipandang sebelah mata. Rendang aslinya terbuat dari daging kerbau yang dimasak dengan santan dan bumbu khas Minang. Proses pembuatannya selama berjam-jam membuat semua bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging. Buat kamu yang suka masakan Padang, berikut ada beberapa fakta mengenai rendang yang pastinya akan membuatmu makin jatuh cinta dengan makanan ini:


Sumber: pergikuliner.com


1. Makanan Nomor 1 Versi CNN

Sejak tahun 2014, rendang menjadi makanan nomor satu dalam World’s 50 Delicious Food versi CNN Internasional. Oleh karena itu, rendang kini telah dikenal oleh seantero dunia. Di luar negeri, rendang menjadi kuliner Indonesia paling favorit di negara Eropa.

 

2. The Most Balanced Food Tahun 2012

Rendang juga dinobatkan sebagai 'The Most Balanced Food' dalam acara LA Travel & Adventure Show, sebuah pameran travel terbesar di Amerika yang diselenggarakan pada tanggal 14-15 Januari 2012 di Los Angeles, Amerika.

 

3. Kuliner Para Bangsawan

Rendang pada awalnya merupakan kuliner para bangsawan karena pada masa kerajaan, masyarakat menengah ke bawah sangat susah mendapatkan daging kerbau. Rendang harus dimasak dengan menggunakan kelapa yang sudah tua untuk memperoleh rasa nikmat dari santan kelapa kental.

 

4. Rendang Sudah Ada Sejak Abad ke-8

Keberadaan kuliner yang satu ini diperkiraan sudah ada sejak abad ke-8, yaitu pada masa kerajaan Adityawarman. Rendang kemudian menjadi kuliner yang familiar di masyarakat Pariangan, Sumatera Barat.


5. Rendang Bercita Rasa Eropa Timur

Kenapa rendang sangat disukai masyarakat Eropa? Karena rasa rendang mirip dengan rasa khas mediterania Eropa Timur sehingga familiar di lidah mereka.

 

6. Makanan yang Berfilosofi

Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang. Bahan pembuat rendang seperti daging sapi (dagiang) melambangkan para pemimpin suku adat (Niniak Mamak), kelapa (karambia) melambangkan kaum intelektual (Cadiak Pandai), cabai (lado) yang digunakan melambangkan Alim Ulama yang tegas, dan bumbu lainnya (pemasak) yang melambangkan keseluruhan masyarakat Minang yang beragam.

 

7. Rasa Unik yang Menipu

Bagi orang yang belum pernah merasakan rendang, saat pertama kali mereka melihat rendang pasti mereka menduga kalau kuliner yang satu ini bercitarasa sangat pedas karena aroma serta warnanya. Tapi saat masuk di dalam mulut, rasa pedas yang dihadirkan tak seberapa bahkan terkadang tidak ada rasa pedas sama sekali. Betul tidak?

 

Bagaimana? Apa kamu jadi semakin suka makan rendang? Yuk, langsung tancap gas ke beberapa tempat ini untuk mencicipi rendang enak di Jakarta!


Sari Ratu

Foto Sari Ratu

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Rumah Makan Padang Raya II

Foto Rumah Makan Padang Raya II
Foto Rumah Makan Padang Raya II

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?