Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Masakan Padang? Yuk, Intip Apa Sih Rahasia Kelezatan Rendang

List Artikel
10 Agustus 2017 | 0 Komentar

Rendang menjadi salah satu masakan Padang yang paling banyak digemari masyarakat Indonesia, juga dunia. Rendang tak hanya sedap disantap bersama dengan nasi, tapi juga enak disantap menjadi aneka ragam kuliner lainnya. Belakangan ini, ada beragam inovasi kuliner yang memadukan rendang dalam bahan penyajiannya seperti pizza, spagheti, sushi, hingga burger. Di balik citarasa rendang yang sangat lezat ini tentunya ada rahasia yang tersimpan. PergiKuliner sudah mencaritahu kenapa rendang bisa membuat siapa saja ketagihan karena kelezatannya. Yuk simak tiga alasannya di bawah ini!

 


sumber : pergikuliner.com 


1. Penggunaan Kelapa

Seperti yang kalian ketahui kalau rendang merupakan makanan bersantan. Penggunaan santan pada rendang menjadi kunci kelezatan dari kuliner khas Padang ini. Santan yang digunakan haruslah dari kelapa tua dan harus santan kental dari perasan santan pertama dengan perbandingan tiga butir kelapa untuk digunakan pada 1kg daging sapi atau kerbau. Kenapa jumlah santannya sangat banyak? Penggunaan santan ini bisa membuat rendang terasa jadi lebih gurih. Jumlah takaran tidak boleh dikurangi, tapi bisa ditambah agar cita rasanya jadi lebih kental seperti menggunakan empat butir kelapa untuk 1kg daging. Rendang haruslah menggunakan santan kelapa asli, bukan santan instan atau santan siap pakai karena cita rasanya pasti tidak akan sama.

 

2. Proses Memasak yang Lama

Santan yang sudah diperas tersebut akan dimasak bersama dengan daging selama berjam-jam hingga kadar air yang ada pada santan berubah menjadi minyak kelapa. Rendang adalah proses memasak yang bisa mengawetkan daging karena saat air berubah menjadi minyak, bakteri yang hidup dalam air akan hilang. Minyak alami yang terbuat dari santan kelapa inilah yang bisa membuat rendang terasa lebih lezat. Selain itu, proses memasak yang lama juga bisa mengempukkan daging sehingga mudah disantap dan bumbu-bumbu yang digunakan akan lebih meresap ke dalam daging rendang.

 

3. Bumbu Rempah yang Melimpah

Masakan Indonesia memang dikenal menggunakan bumbu rempah yang sangat melimpah, tak terkecuali rendang. Terdapat lebih dari 20 macam bumbu rempah khas Indonesia yang diigunakan untuk memasak rendang seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai merah keriting, jahe, merica, kemiri, ketumbar, jinten, pala, daun kunyit, sereh, lengkuas, daun jeruk purut, dan masih banyak lagi. Bumbu-bumbu yang dihaluskan ini dimasak bersamaan dengan santan dan daging dalam waktu yang cukup lama sehingga membuat daging bisa menyerap bumbu secara maksimal serta aromanya jadi sangat wangi dan khas. Saat menyantap rendang, kamu pasti akan merasakan betapa kaya cita rasa yang dihasilkan oleh bumbu rempah-rempah tersebut.


Itu dia ketiga alasan kenapa rendang begitu nikmat. Pantas saja, rendang sangat dicintai dan diakui kelezatannya hingga mancanegara. Tentunya sebagai orang asli Indonesia yang bisa menikmati rendang setiap saat kita jadi bangga bukan? Karena orang Indonesia tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati rendang khas Padang ini. Selain bisa membuatnya sendiri, berdirinya banyak rumah makan Padang di Jakarta dan di daerah lainnya menjadi faktor mudahnya kita untuk mengkonsumsi rendang. Daripada kamu makin kepingin makan rendang, langsung aja sambangi restoran Padang rekomendasi PergiKuliner di bawah ini ya!

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

Padang Express

Foto Padang Express

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Salero Jumbo

Foto Salero Jumbo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?