Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Masakan Sunda? Ini Dia Olahan Nasi yang Rasanya Bisa Bikin Kamu Nambah Terus!

List Artikel
21 April 2018 | 0 Komentar

Di Indonesia, masing-masing daerah selalu punya masakan khasnya. Sebut saja masakan Padang yang identik dengan rendang, balado, serta gulainya. Lalu ada masakan Betawi, masakan Yogyakarta, masakan Manado, masakan Solo, hingga masakan Sunda. Berbicara tentang masakan Sunda, sudah pasti yang terbayang dalam benak kamu adalah sambal dan lalapan. Yup, masakan Sunda memang sangat khas dengan sambal dan lalapan. Tapi tentunya kamu tak boleh melupakan adanya nasi tradisional khas Sunda yang citarasanya sangat Indonesia banget. Memang ada banyak variannya? Ternyata ada lima varian nasi tradisional khas Sunda yang perlu kamu tahu, yaitu:


1. Nasi Liwet


Sumber: pergikuliner.com


Nasi khas Sunda yang paling popular adalah nasi liwet. Kita mengenal dua jenis nasi liwet, yakni nasi liwet Solo dan nasi liwet Sunda. Meski namanya sama, keduanya berbeda, baik itu dari segi bumbu, rasa, hingga bumbunya. Jika tekstur dan cita rasa nasi liwet Solo lebih gurih karena ada campuran santan di dalamnya, nasi liwet Sunda lebih wangi karena terdapat banyak rempah-rempah di dalamnya. Ditambah lagi adanya penggunaan ikan asin atau ikan teri di dalamnya. Nasi liwet Sunda biasanya disajikan di atas daun pisang yang dibentangkan lalu diberi tambahan lauk pauk, lalapan, dan sambal.


2. Nasi Timbel


Sumber: pergikuliner.com


Nasi timbel dalam bahasa Sunda disebut dengan sangu timbel. Keunikan dari nasi timbel ini adalah penyajiannya yang dibungkus dalam daun pisang seperti lontong. Meski tidak dibumbui yang macam-macam, nasi timbel memiliki aroma yang wangi dari daun pisang yang digunakan. Nasi timbel dulunya merupakan makanan yang selalu dibawa sebagai orang yang akan bertani atau meladang. Kebanyakan nasi timbel disajikan dengan ayam goreng atau ayam bakar dengan lalapan dan sambal terasi.


3. Nasi Tutug Oncom


Sumber: pergikuliner.com


Beralih ke nasi tutug oncom yang dibuat dengan nasi yang diaduk dan ditumbuk dengan oncom goreng atau bakar. Dalam bahasa Sunda, tutug memiliki arti menumpuk sehingga nasi ini dinamakan nasi tutug oncom. Nasi ini memiliki rasa yang gurih dan beraroma unik sehingga sangat cocok disantap dengan aneka lauk pauk, mulai dari ayam, tahu, tempe, serta ikan goreng yang dilengkapi dengan lalapan dan sambal ulek pedas.


4. Nasi Cikur


Sumber: pergikuliner.com


Nasi cikur merupakan nasi khas Sunda yang pembuatannya dicampur dengan kencur sehingga aromanya sangat wangi dan cita rasanya tentu berbeda dengan nasi lainnya. Nasi cikur dibuat dengan cara mencampur nasi di atas wajan penggorengan dengan aneka rempah dan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan kencur. Nasi cikur disajikan bersama dengan bawang goreng dan dilengkapi dengan ayam goreng serta lalapan dan sambal.


5. Nasi Jamblang



Sumber: pinterest.com


Terakhir ada nasi jamblang yang asalnya dari Cirebon, Jawa Barat. Meski ada nama ‘jamblang’ di dalamnya, tapi nasi jamblang sama sekali tak ada hubungannya dengan pohon atau buah jamblang. Nasi jamblang memiliki keunikan dari segi penyajiannya karena menggunakan daun jati untuk membungkus nasinya. Kenapa dibungkus dengan daun jati? Menurut masyarakat setempat, nasi yang dibungkus dengan daun jati akan lebih tahan lama dibanding dengan nasi yang dbungkus dengan daun pisang.


Dan itu dia beberapa aneka olahan nasi khas sunda yang telah PergiKuliner rangkum. Nah! Kalau kamu jadi pingin makan aneka masakan sunda, kamu bisa mengunjungi beberapa restoran khas masakan Indonesia yang ada di bawah ini!

Cabe Rempah

Foto Cabe Rempah
Foto Cabe Rempah
Foto Cabe Rempah

Radja Gurame

Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame

Dapur Sunda

Foto Dapur Sunda
Foto Dapur Sunda
Foto Dapur Sunda

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?