Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Minum Kopi? Ini Manfaat Kafein Kopi untuk Tubuh Kamu

List Artikel
10 April 2018 | 0 Komentar

Kopi menjadi minuman yang terus menjadi tren di dunia kuliner. Rasanya tren minum kopi tak akan ada habisnya. Jika beberapa tahun yang lalu diramaikan dengan aneka varian latte dengan hiasan cream art di atasnya, tahun 2017 yang lalu muncul es kopi susu yang keberadaannya benar-benar menjamur. Rasanya tren minum kopi masih akan tetap berlanjut di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Selain karena rasanya yang enak, varian yang sangat banyak sehingga tidak membuat bosan, kopi juga terkenal akan kandungan kafeinnya. Percaya atau tidak, senyawa kafein akan lebih mudah diserap oleh tubuh dibanding dengan kandungan senyawa lainnya sehingga tubuh bisa dengan segera merasakan manfaat efek positif dalam jangka hitungan menit setelah meminum kopi. Lalu sebenarnya apa saja manfaat kafein yang ada pada kopi bagi tubuh? Simak penjelasannya ini!

 

Sumber: pergikuliner.com


Mengurangi Rasa Lelah

Ketika kafein kopi sudah masuk pada jaringan tubuh, maka akan ada efek penghambatan aktifitas adenosin melalui neurotransmiter. Adenosin ini adalah fungsi saraf yang membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk. Ketika adenosin ini terhambat, maka tubuh perlahan akan merasakan rasa rileks lebih lama sehingga rasa lelah perlahan akan hilang.

 

Membuat Mood Jadi Lebih Baik

Kamu pasti sering bertanya-tanya kenapa saat menyeruput secangkir kopi, hati kamu akan merasa lebih senang. Bahkan hanya dengan menghirup aroma wangi biji kopi yang sedang diseduh saja sudah bisa membangkitkan mood kamu. Ini adalah karena efek kafein yang bisa mempengaruhi dopamin yang bisa merubah suasana hati menjadi lebih baik. Dopamin juga bisa melindungi sel otak dari penuaan dini.

 

Meredakan Stress

Tak hanya bisa mempengaruhi adenosin dan dopamin dalam tubuh, kafein juga bisa meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh yang akan mengurangi depresi dan mebuat tubuh jadi lebih santai dan rileks sejenak. Tak hanya itu saja, serotonin ini juga akan meredakan migrain atau rasa pusing akibat terlalu banyak pikiran. Jadi bisa dikatakan kafein dalam kopi memiliki efek yang sama ampuhnya dengan berlibur karena hanya dengan meminum kopi, stress kamu bisa reda.

 

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat yang terakhir pastinya sudah kamu ketahui. Kopi memang terkenal bisa meningkatkan konsentrasi sehingga banyak pekerja kantor yang meminum kopi di pagi hari tak hanya karena untuk menghilangkan rasa kantuk, tapi juga agar bisa lebih berkonsentasi saat bekerja nanti. Ketika kafein masuk dan terserap dalam jaringan tubuh, maka aktifitas asetilkolin akan terpengaruh oleh neurotransmiter. Asetilkolin ini juga mampu meningkatkan ingatan jangka panjang. Jadi tak sia-sia kan kamu menyeruput kopi di pagi hari.


Nah! Itu dia manfaat kafein dari kopi untuk tubuh kamu. Sekarang waktunya cobain aneka racikan kopi dengan biji kopi pilihan di tempat-tempat ini yuk! 

Trafique Coffee

Foto Trafique Coffee
Foto Trafique Coffee
Foto Trafique Coffee

Koultoura Coffee

Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee

Caribou Coffee

Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee

Watt Coffee

Foto Watt Coffee
Foto Watt Coffee
Foto Watt Coffee

Tuku Kopi

Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?