Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Minum Susu Almond? Cek Dulu Beberapa Faktanya di Sini!

List Artikel
30 Januari 2020 | 1 Komentar

Siapa di antara kamu yang sudah pernah atau bahkan gemar mengonsumsi susu almond? Susu almond menjadi salah satu jenis susu nabati yang memiliki banyak penggemarnya. Susu almond dihasilkan dari kacang almond yang sudah direndam air semalaman terlebih dahulu kemudian dihaluskan dan disaring hingga menjadi susu. Untuk memperkaya citarasa dan teksturnya, susu almond biasanya diberi sedikit pemanis dan mentega almond. Susu almond memiliki warna yang cenderung lebih pucat jika dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu, teksturnya juga lebih kental. Sama seperti susu sapi, susu almond juga bisa dijumpai dalam bentuk kemasan karton maupun botol. Susu almond dikenal memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah bisa menyehatkan jantung, mengurangi resiko diabetes, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi. Tapi tahukah kamu kalau susu almond ini menyimpan beberapa fakta unik yang dimilikinya? Ingin tahu apa saja fakta uniknya? Yuk, coba cek dulu!



Sumber: thespureeates.com


1. Sudah Ada Sejak Abad ke-14

Fakta yang pertama adalah susu almond ini ternyata sudah ada sejak abad ke-14 loh. Hal ini diperkuat oleh adanya resep susu almond yang ditemukan di daerah Timur Tengah. Konon resep susu almond ini katanya sengaja dibuat sebagai salah satu minuman untuk berbuka puasa. Tapi ada juga yang mengatakan kalau kacang almond ini asalnya dari Yunani. Penyebaran susu almond kemudian merata hingga ke daratan Eropa dan Asia Timur, baru kemudian dikenal oleh seluruh masyrarakat dunia.


2. Susu Terpopuler Setelah Susu Sapi

Susu almond ternyata menyandang predikat sebagai susu terpopuler setelah susu sapi. Lho, bukannya yang lebih populer susu kedelai? Di Indonesia, susu kedelai memang lebih populer karena lebih mudah dicari. Tapi di luar negeri, susu almond justru lebih populer. Hal ini disebabkan karena kacang almond mudah didapat.


3. Aman untuk Orang dengan Intoleransi Laktosa

Tak sedikit orang tidak suka minum susu karena punya intoleransi laktosa. Orang yang mengalami intoleransi laktosa akan kesulitan untuk mencerna susu sapi. Susu almond tidak mengandung laktosa di dalamnya sehingga aman bagi penderita intoleransi laktosa. Ditambah lagi susu almond kebanyakan dibuat secara organik sehingga bisa ditambahkan vitamin dan mineral lainnya.


4. Tidak Mengandung Lemak Jenuh

Bagi orang-orang yang sedang berdiet, susu almond sangat bagus dikonsumsi karena tidak mengandung lemak jenuh. Selain itu, susu almond juga bebas kolesterol karena tidak ada kandungan hewani di dalamnya. Kandungan kalori dan lemak baik pada susu almond juga lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi maupun susu kedelai. Jadi jangan takut mengonsumsinya saat sedang berdiet ya.


5. Protein Susu Almond Lebih Rendah dari Susu Sapi

Fakta yang terakhir dari susu almond adalah proteinnya yang ternyata jauh lebih rendah di bawah susu sapi. Sama seperti kandungan kalori dan lemaknya yang rendah, kandungan proteinnya juga rendah. Oleh karena itu, susu almond tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena mereka tidak bisa mendapatkan protein sesuai dengan kebutuhan tubuh. Lain halnya dengan orang-orang yang berdiet.

 

Itulah beberapa fakta dari susu almond. Jadi, apakah kamu ingin mencoba untuk mencicipnya? Jika ingin menikmatinya, kamu bisa datangi salah satu tempat di bawah ini ya!

Nomwow Milk Bar

Foto Nomwow Milk Bar
Foto Nomwow Milk Bar

SUMOO Milk Bar

Foto SUMOO Milk Bar
Foto SUMOO Milk Bar
Foto SUMOO Milk Bar

Kopi Soe

Foto Kopi Soe
Foto Kopi Soe
Foto Kopi Soe

Susu Mbok Darmi

Foto Susu Mbok Darmi

Dirty Milk

Foto Dirty Milk
Foto Dirty Milk
Foto Dirty Milk

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Picture 1432536536
untuk yang suka bobba juga bisa coba yang almond milk bobba nya hey mi mi! mereka ada susu non sapi.
caca_ietcha | 30 Jan 2020 pk. 04:01 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?