Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Minum Teh? Deretan Negara Ini Punya Kualitas Teh Terbaik di Dunia

List Artikel
18 Oktober 2017 | 0 Komentar

Selain kopi, teh menjadi minuman paling favorit di dunia. Teh terbuat dari daun teh yang dikeringkan lalu diseduh dengan air panas. Teh mengandung kaya sekali manfaat seperti bisa menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, menenangkan pikiran, melawan radikal bebas, dan masih banyak lagi. Teh bisa dikonsumsi dalam keadaan panas maupun dingin dengan ditambahkan es serta bahan campuran lainnya yang bisa menambah cita rasa. Bagi kamu yang suka minum teh, ada enam negara yang punya kualitas teh terbaik di dunia, yaitu:

 

1. China


Sumber: tes.com


China terkenal sebagai negara asal penghasil teh. Tak heran jika China menjadi negara yang mengekspor teh terbesar di dunia. Kamu bisa menemukan teh China dengan mudah di negara manapun. Jenis teh yang paling banyak dihasilkan oleh China adalah teh bunga yang merupakan campuran teh hijau atau teh putih dengan kuncup bunga yang dikeringkan sehingga aromanya jadi sangat wangi dengan rasa teh yang lembut dan ringan.

 

2. Jepang


Sumber: toyokeizai.com


Seperti yang kamu tahu, teh sudah menjadi minuman khas Jepang. Minum teh bahkan sudah dijadikan sebagai tradisi dan dipelajari sebagai bentuk budaya Jepang. Jenis teh Jepang yang paling dikenal di dunia adalah teh hijau. Saking terkenalnya, teh hijau bahkan dibuat menjadi bubuk yang lebih dikenal dengan nama matcha tea. Warna teh hijau Jepang sangat mencolok dengan cita rasa dan aroma yang sangat kuat.

 

3. Inggris


Sumber: pergikuliner.com


Budaya minum teh tak hanya dimiliki Jepang, tapi juga ada di Inggris. Budaya minum teh di Inggris disebut dengan nama afternoon tea dan high tea yang disajikan saat sore hari atau pada saat acara tertentu. Teh di Inggris diminum bersama kue pendamping seperti scone, madeline, cup cake, hingga muffin. Teh asal Inggris yang paling terkenal di dunia adalah earl grey, chamomile, dan sebagainya.

 

4. Indonesia


Sumber: momjuntion.com


Tak mau kalah dengan negara lainnya, Indonesia juga memiliki kualitas teh kelas dunia yang cita rasanya patut diacungi jempol. Teh asal Indonesia yang paling terkenal adalah teh melati yang memiliki aroma wangi yang khas dan menggugah serta cita rasa yang ringan tapi tetap memiliki after taste yang tak terlupakan. Di Indonesia, teh bisa disantap pada kesempatan apapun. Teh dingin alias es teh lebih diminati oleh orang Indonesia dibanding teh panas.  

 

5. India


Sumber: yimi.com.au


India memiliki teh hitam yang ketenarannya hingga ke mancanegara. Teh hitam di India biasa disajikan bersama dengan susu yang sudah diolah dengan bahan rempah seperti kayu manis, kapulaga, cengkeh, lada hitam, jahe, dan rempah-rempah lainnya sehingga aromanya sangat wangi dan cita rasanya sangat kuat sekali. Olahan teh India ini dinamakan dengan masala chai. Masyarakat India biasanya hanya menambahkan sedikit gula ke dalam masala chai untuk rasa manisnya.

 

6. Tibet


Sumber: www. thirstyfortune.com


Tak seperti warna teh kebanyakan, teh asal Tibet memiliki warna putih seperti susu dan teksturnya tergolong cukup kental. Selain itu, cita rasanya juga berbeda dengan teh-teh lainnya. Teh Tibet diminum dengan bahan campuran cukup aneh, yakni garam dan mentega. Setelah dicampur, teh lalu dimasak selama berjam-jam hingga menghasilkan kekentalan yang khas. Teh khas Tibet ini terkenal dengan sebutan butter tea atau po cha.


Itu dia beberapa teh dari berbagai negara yang memiliki kualitas terbaik di seluruh dunia. Dari ke-enam teh tersebut mana yang jadi favorit kamu nih, teman PergiKuliner? Kalau kamu termasuk pecinta teh, kamu wajib banget datengin beberapa tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

Peacock Lounge - Fairmont Jakarta

Foto Peacock Lounge - Fairmont Jakarta
Foto Peacock Lounge - Fairmont Jakarta
Foto Peacock Lounge - Fairmont Jakarta

Tong Tji Tea House

Foto Tong Tji Tea House
Foto Tong Tji Tea House

Tea Et Al - Leaf Connoisseur

Foto Tea Et Al - Leaf Connoisseur
Foto Tea Et Al - Leaf Connoisseur
Foto Tea Et Al - Leaf Connoisseur

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?