Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Pedas? Ini Tips Bedakan Bubuk Cabai Palsu atau Asli

List Artikel
10 Januari 2022 | 0 Komentar

Bagi penyuka pedas, memiliki bubuk cabai di rumahsangatlah diperlukan. Bubuk cabai merupakan cabai yang berbentuk bubuk sehingga bisa mudah digunakan pada makanan apa saja untuk menambah rasa pedas. Bubuk cabai ini dibuat dari bahan dasar cabai rawit atau cabai keriting yang dikeringkan lalu dihaluskan hingga menjadi bubuk. Meski bubuk cabai bisa digunakan menjadi campuran pada kuliner apa saja, tapi yang paling banyak digunakan adalah untuk makanan berkuah seperti bakso, soto, mie rebus, dan lain sebagainya. Tapi selain itu juga sering digunakan dalam campuran bumbu marinasi yang digunakan pada ayam atau daging. Bubuk cabai ini bisa dengan mudah dijumpai, baik itu di supermarket hingga pasar tradisional. Tapi dalam memilihnya, Teman Kuliner harus berhati-hati karena ternyata ada bubuk cabai palsu yang banyak beredar di pasaran. Lantas bagaimana cara membedakannya? Mari kita lihat bersana-sama di bawah ini!

 

Sumber: Halodoc.com


1. Cek Warna

Tips yang pertama adalah mengecek warna dari bubuk cabai. Bubuk cabai yang asli akan berwarna merah alami, bukan orange ataupun merah yang mencolok. Teman Kuliner bisa membandingkannya dengan warna cabai segar. Untuk warna cabai bubuk akan lebih gelap sedikit dibanding warna cabai segar. Hal ini dikarenakan cabai bubuk telah mengalami proses pengeringan atau pemanggangan sehingga pasti akan lebih berwarna gelap. Jika warnanya merah mencolok atau merah terang, biasanya ada campuran pewarna di dalamnya. Jika yang digunakan adalah pewarna makanan tidak masalah, tapi bagaimana jika yang digunakan bukan pewarna makanan? Pastinya bisa membahayakan kesehatan tubuh kita.

 

2. Cek Tekstur

Tips selanjutnya adalah mengecek tekstur dari bubuk cabai. Sebenarnya cara ini tidak sepenuhnya berhasil karena pastinya ada bubuk cabai kasar dan halus yang dijual di pasaran. Tapi tenang saja, kita masih bisa membedakannya. Untuk bubuk cabai kasar akan lebih mudah dibedakan karena akan terlihat sedikit cincangan cabai secara kasar dan juga biji cabai di dalamnya. Tapi untuk bubuk cabai halus akan lebih sulit dibedakan. Bubuk cabai halus yang asli jika dipegang akan terasa sedikit terasa kasar. Jika terlalu halus, ada kemungkinan kalau bubuk cabai tersebut ada campuran bahan lainnya.

 

3. Cek Rasa

Tips yang terakhir adalah mengecek rasanya. Teman Kuliner sudah pasti akan langsung tahu jika mengecek rasanya. Tapi tentu saja kemasan tersebut harus dibuka dan bubuk cabai harus diicip tanpa dicampur atau ditambahkan ke makanan lainnya. Bubuk cabai asli akan memiliki rasa pedas yang memang seperti cabai. Jika rasanya tidak pedas meski warnanya seperti cabai, maka kandungan asli cabai di dalamnya hanya sedikit dan sudah dicampur dengan aneka bahan tambahan lainnya.

 

4. Cek Komposisi yang Ada Pada Kemasan

Tips yang terakhir adalah dengan mengecek komposisi yang ada pada kemasan. Pada kemasan bubuk cabai biasanya akan ada komposisi berapa kadar cabai yang digunakan. Selain cabai, akan ada bahan tambahan lainnya seperti garam, rempah, hingga penyedap. Tapi tentu saja ada komposisi cabai bubuk hingga 80-90%. Carilah yang memiliki kandungan bubuk cabai paling banyak dan kadar penyedap paling sedikit. Semakin banyak kandungan cabainya, maka sudah pasti harganya akan semakin mahal karena semakin sedikit bahan campuran yang digunakan.

 

Setelah mengetahui apa saja perbedaan dari bubuk cabai palsu dengan yang asli, jangan sampai kamu tertipu ya! Buat kamu yang suka makanan pedas, biar tidak tertipu dengan bubuk cabai palsu, lebih baik kamu memilih yang pasti-pasti aja, seperti beberapa rekomendasi makanan pedas di bawah ini. Dijamin asli dan pedasnya tidak abal-abal!

Ayam Blenger PSP

Foto Ayam Blenger PSP
Foto Ayam Blenger PSP
Foto Ayam Blenger PSP

Se'i Sapiku

Foto Se'i Sapiku
Foto Se'i Sapiku
Foto Se'i Sapiku

Seblak Jeletet Murni

Foto Seblak Jeletet Murni
Foto Seblak Jeletet Murni
Foto Seblak Jeletet Murni

Daging Asap Sambal

Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal

Gemba Chicken

Foto Gemba Chicken
Foto Gemba Chicken
Foto Gemba Chicken

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?