Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Salah Kaprah, Ini Loh Bedanya Kopi Tubruk dan Americano

List Artikel
27 Juli 2018 | 0 Komentar

Apa yang terlintas di pikiranmu saat melihat kopi tubruk dan Americano. Bagi orang awam, keduanya mungkin terlihat sama saja yakni sama-sama kopi hitam. Masyarakat Indonesia memang lebih mengenal nama kopi hitam dibanding kopi tubruk dan Americano karena merasa kalau tak ada perbedaan dari keduanya jika disandingkan bersama. Tapi keduanya ini sangat berbeda lho, teman PergiKuliner. Jika kamu dalami lebih lanjut lagi, dari segi tampilan warna, tekstur, dan cita rasa keduanya sangat berbeda. Penasaran kan, jadi ingin tahu seperti apa perbedaannya?


Kopi Americano



Sumber : Ninjakitchen.com


Sesuai dengan namanya, Americano merupakan kopi yang berasal dari Amerika. Kopi ini dibuat dari bahan campuran kopi espresso dan air panas. Jadi espresso sudah disiapkan terlebih dahulu, baru kemudian air panas dituang di atasnya. Americano sengaja dibuat untuk orang-orang yang tidak terlalu kuat meminum espresso karena Americano memiliki tekstur yang lebih encer. Lantas apa bedanya dengan long black? Banyak yang menyamakan Americano dengan long black. Sebenarnya keduanya tak jauh berbeda karena sama-sama dibuat dari espresso dan air panas. Bedanya dari segi penyajian. Kamu harus menyiapkan air panas terlebih dahulu, baru kemudian dituang dengan espresso. Hal ini bertujuan agar krema yang ada pada espresso tetap utuh.


Kopi Tubruk



Sumber : Majalah.ottencoffee.co.id


Berbeda jauh dengan Americano dan long black yang berasal dari luar negeri, kopi tubruk merupakan kopi asli khas Indonesia. Kopi ini merupakan kopi hitam yang dinikmati dengan ampas kopinya alias ampasnya tidak dibuang sehingga kopi ini sering dijuluki dengan kopi lumpur. Cara membuatnya mungkin kamu sudah familiar yakni menaruh bubuk kopi di gelas atau cangkir lalu disiram dengan air panas mendidih. Setelah diaduk, kopi biasanya didiamkan beberapa detik agar ampasnya tenggelam ke dasar. Setelah itu, kopi baru diseruput. Sebagai pemanis, kopi tubruk biasanya ditambahkan susu kental manis. Jika dibedakan dari segi warna, Americano memiliki warna hitam yang cukup bening dan bersih, sedangkan kopi tubruk memiliki warna hitam yang lebih pekat dan kental. Kalau dari segi rasa, tentu saja cita rasanya tergantung dari pilihan biji kopi yang digunakan.


Nah, sekarang kamu sudah tau kan perbedaan keduanya? Jadi kepingin langsung cobain aja? Kalau gitu yuk langsung ngopi ke coffee shop rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Pigeon Hole Coffee

Foto Pigeon Hole Coffee
Foto Pigeon Hole Coffee
Foto Pigeon Hole Coffee

Omnikopi

Foto Omnikopi
Foto Omnikopi
Foto Omnikopi

Kok Tong Kopi

Foto Kok Tong Kopi
Foto Kok Tong Kopi

Portafilter

Foto Portafilter

Cyclo Coffee & Apparel

Foto Cyclo Coffee & Apparel

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?