Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Sarapan Bubur? Ini Ragam Bubur yang Ada di Seluruh Dunia!

List Artikel
19 Mei 2018 | 0 Komentar

Bubur menjadi salah satu hidangan yang sangat identik dengan menu sarapan masyarakat Indoensia. Tak hanya itu saja, bubur juga sering dijadikan santapan orang yang sedang tidak enak badan. Pasalnya kuliner ini dihidangkan dalam keadaan hangat dan bahan-bahannya terbuat dari bahan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi. Di Indonesia, ada banyak sekali jenis bubur yang keberadaanya sangat populer seperti bubur ayam, bubur Manado, bubur sumsum, bubur kacang hijau, dan masih banyak lagi. Bubur tak hanya kuliner yang ada di Indonesia saja, tapi juga bisa kamu temukan di beberapa negara di bawah ini!


1. Juk dari Korea Selatan


Sumber: apricosa.com


Sekilas bubur yang satu ini memang mirip dengan bubur ayam dari Indonesia karena memang sama-sama terbuat dari bahan dasar beras atau nasi. Bubur nasi yang berasal dari Korea Selatan ini disebut dengan "juk". Juk tak hanya terbuat dari beras saja, tapi juga ada campuran sayur-sayuran seperti wortel dan daun bawang. Selain itu ada potongan daging ayam, udang, atau cumi sehingga nilai gizinya sangat lengkap.


2. Century Egg Congee dari Cina


Sumber: pergikuliner.com


Tak jauh berbeda dengan juk, bubur khas Cina yang bernama "century egg congee" ini juga terbuat dari beras. Hanya saja perbedaannya adalah dari segi bahan pelengkap yang digunakan. Ada rebung, seafood, cakwe, dan yang tak boleh ketinggalan adalah telur pitan berwarna hitam yang menjadi ciri khas century egg congee. Telur ini terbuat dari telur ayam atau bebek yang diawetkan dengan cara khusus sehingga warnanya menjadi hitam.


3. Ochazuke dari Jepang


Sumber: justonecookbool.com  


Masih di kawasan Asia Timur, ada bubur khas Jepang yang bernama "ochazuke". Sesuai dengan namanya, bubur ini diberi siraman ocha. Bubur ini terbuat dari nasi putih pulen yang diberi tambahan nori, ikan salmon, dan daun bawang yang disiram dengan ocha panas. Setelah disiram, nasi kemudian diaduk hingga tercampur rata dengan kuah sehingga menjadi bubur. Cita rasanya sudah pasti unik dan bubur ini juga menyehatkan.


4. Khao Tom dari Thailand


Sumber: wikimedia.org


Hampir serupa dengan ochazuke, "khao tom" yang berasal dari Thailand ini juga disajikan dengan cara yang sama. Khao tom terbuat dari nasi putih pulen yang disiram dengan kuah kaldu ayam yang gurih dan diaduk hingga menjadi bubur. Biasanya khao tom ini ditambahkan dengan potongan ayam, kecap ikan, daun seledri, dan irisan cabai untuk menambah cita rasa pedasnya.

 

5. Kasha dari Rusia


Sumber: strengthandsunshine.com

 

Bubur dari Rusia ini memang terlihat berbeda dari bubur kebanyakan karena tidak menggunakan bahan dasar beras atau nasi. Kasha merupakan bubur yang terbuat dari oat gandum yang disajikan bersama dengan aneka buah-buahan segar seperti potongan pisang, buah berry, jeruk, serta selai buah-buahan sehingga cita rasanya cenderung manis, segar, dan ada tambahan asam.

 

6. Polenta dari Italia


Sumber: seriouseats.com


Italia tak hanya punya kuliner pizza dan pasta saja yang keberadaannya sudah terkenal di dunia, tapi juga ada "polenta" yang merupakan bubur khas Italia. Polenta merupakan bubur yang terbuat dari biji jagung yang digiling halus lalu direbus dan diberi tambahan aneka bumbu. Tekturnya sangat lembut seperti krim. Jika ingin rasa yang gurih, kamu bisa menambahkan daging serta sayuran. Sedangkan jika kamu lebih suka rasa manis, tambahkan buah-buahan segar di atasnya.


7. Champurrado dari Meksiko


Sumber: mexicanfoodmemories.com


Terakhir ada "champurrado" yang merupakan bubur bercita rasa manis dari Meksiko. Champurrado ini terbuat dari tepung jagung, cokelat, susu, gula, dan kayu manis sehingga aromanya jadi lebih wangi dan rasanya sangat legit namun lembut. Bubur manis ini selalu menjadi kuliner favorit saat musim hujan atau musim dingin.


Nah! Itu dia beberapa ragam bubur yang ada di seluruh dunia. Mungkin akan sedikit sulit menemukan ragam bubur tersebut kalau kamu tidak pergi ke negaranya. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menikmati bubur yang rasanya nggak kalah nikmatnya dari bubur di atas. Cek rekomendasinya di bawah ini ya!

Bubur Kwang Tung

Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1

Bubur Ayam Barito

Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito

Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong

Foto Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong
Foto Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong

Bubur Ayam Spesial Bang Jaya

Foto Bubur Ayam Spesial Bang Jaya
Foto Bubur Ayam Spesial Bang Jaya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?