Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Seafood? Ini Olahan Cumi Paling Lezat yang Pas Dimakan dengan Nasi Hangat!

List Artikel
16 Oktober 2018 | 0 Komentar

Cumi merupakan salah satu seafood yang memiliki banyak sekali penggemar. Cumi mengandung protein yang sangat tinggi dibanding seafood lainnya. Selain itu, cumi juga rendah kalori dan nggak mengandung karbohidrat sehingga cocok disantap saat sedang diet. Cumi termasuk seafood yang susah-susah gampang mengolahnya karena jika nggak dimasak dengan cara yang benar, daging cumi akan terasa alot sehingga teksturnya nggak enak disantap. Berbicara tentang makanan yang terbuat dari cumi, di Indonesia ada banyak sekali olahan cumi yang sanggup menggoyang lidah kamu, baik itu kuliner yang memiliki cita rasa pedas hingga manis. Kali ini PergiKuliner akan memberikan lima olahan cumi lezat yang pas untuk kamu santap dengan nasi putih hangat nih!


1. Cumi Saus Tiram



Sumber : PergiKuliner.com


Cumi saus tiram menjadi salah satu olahan cumi yang paling laris dipesan di restoran seafood. Olahan cumi yang satu ini memiliki rasa gurih dengan aroma yang khas. Sebelum dimasak, cumi harus dicuci bersih dan dihilangkan tintanya terlebih dahulu, lalu ditumis bersama dengan bawang putih dan bawang bombay, lalu diberi tambahan saus tiram. Nggak butuh waktu lama untuk memasak cumi saus tiram, karena jika dimasak terlalu lama, daging cumi akan terasa alot.

 

2. Cumi Saus Padang



Sumber : PergiKuliner.com


Olahan cumi terfavorit kedua adalah cumi saus Padang yang kuahnya juga terasa lezat untuk disantap. Di setiap restoran seafood pasti selalu ada menu cumi saus Padang karena olahan cumi ini memang pas disantap dengan nasi putih hangat bersama kangkung balacan atau cah kangkung. Meski namanya saus Padang, tapi saus yang digunakan merupakan bukan saus dari Padang, tapi saus yang terbuat dari campuran bumbu bawang putih, bawang merah, cabai, saus tiram, saus sambal, jahe, daun jeruk, gula, dan garam. Cumi saus Padang memiliki citarasa manis cenderung pedas.   

 

3. Cumi Asam Manis



Sumber : Selerasa.com


Buat kamu yang nggak suka pedas, kamu bisa memilih olahan cumi asam manis. Cumi asam manis dibuat dengan cara menumis cumi yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong lalu dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, tomat, daun bawang, gula, dan garam. Biasanya untuk menambah rasa asam, kamu bisa menambahkan potongan nanas segar yang dimasukkan sesaat sebelum diangkat. Selain menambah rasa asam, penambahan nanas juga bisa menambah harum aroma.

 

4. Cumi Telur Asin



Sumber : PergiKuliner.com


Belakangan ini olahan telur asin sangat populer dan banyak diincar. Padahal telur asin ini sudah digunakan menjadi saus untuk aneka olahan seafood sejak beberapa tahun yang lalu. Salah satu olahan seafood yang menggunakan saus telur asin adalah cumi. Sebelum diberi saus telur asin, cumi digoreng tepung terlebih dahulu hingga garing, lalu diberi saus telur asin yang terbuat dari campuran kuning telur asin yang sudah dihaluskan lalu diberi tambahan susu, mentega, gula, garam, dan lada. Cita rasanya sudah tentu gurih asin dengan tekstur creamy.

 

5. Kalio Cumi



Sumber : Saribundo.biz


Kalau kamu suka makan di restoran Padang, pastinya kamu pernah melihat atau mencoba olahan cumi yang satu ini. Kalio cumi merupakan olahan cumi yang dimasak dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, ketumbar, jintan, kunyit, jahe, lengkuas, asam kandis, dan santan kelapa. Cumi yang dimasak utuh ini biasanya diisi dengan telur agar nggak terlihat kempes. Kalio cumi memiliki cita rasa pedas gurih.

 

Dari kelima olahan cumi di atas, kamu sudah pernah coba yang mana saja nih?, Membayangkannya dengan nasi hangat pasti langsung membuat perut lapar dong tentunya? Nah, langsung saja yuk mampir ke beberapa rekomendasi restoran dari PergiKuliner berikut ini!

Seafood Santa 68

Foto Seafood Santa 68

Central Restaurant

Foto Central Restaurant
Foto Central Restaurant

Bandar Djakarta

Foto Bandar Djakarta
Foto Bandar Djakarta
Foto Bandar Djakarta

Bola Seafood Acui

Foto Bola Seafood Acui

Aroma Dermaga Seafood

Foto Aroma Dermaga Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?