Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sushi vs Kimbab, Bedanya Apa ya?

List Artikel
8 September 2018 | 0 Komentar

Jepang dan Korea Selatan, dua negara ini memang tak hanya terkenal akan drama dan musiknya, tapi juga kuliner lezatnya yang sanggup membuat siapa saja ketagihan. Berhubung Jepang dan Korea memiliki letak yang berdekatan dan sama-sama berasal dari Asia Timur, maka tak heran jika ada saja kuliner dua negara ini yang hampir mirip satu sama lain. Contohnya saja sushi dan kimbab. Sushi jenis maki yang diberi lapisan rumput laut sekilas memang sering salah dikenali dengan kimbab, begitu pula sebaliknya. Sebenarnya maki sushi dan kimbab ini sama-sama merupakan nasi gulung, tapi berasal dari kedua negara yang berbeda. Meski sama-sama nasi gulung, ada beberapa perbedaan dari maki sushi dan kimbab yang bisa kamu ketahui dengan lebih jelas lagi, yaitu:



Sumber : Pergikuliner.com (Kimbab)


 

Nasi yang Digunakan

Maki sushi dan kimbab memiliki bahan utama yang sama yakni nasi putih. Meski demikian, nasi yang digunakan diberi tambahan bumbu yang berbeda. Untuk maki sushi, nasi yang digunakan biasanya diberi tambahan cuka beras, garam, dan sedikit gula. Sedangkan untuk nasi yang digunakan pada kimbab diberi tambahan soy sauce dan minyak wijen sehingga aromanya lebih wangi.


Sumber : Pergikuliner.com (Sushi)


Jenis Isian di Dalamnya

Jika dilihat dari jenis isian yang ada di dalamnya, sudah pasti keduanya memiliki jenis isian yang berbeda. Seperti jenis sushi lainnya, maki sushi selalu memiliki isian ikan, mulai dari ikan tuna hingga salmon. Terkadang maki sushi juga diberi tambahan telur ikan atau alpukat. Berbeda dengan maki sushi, isian kimbab sangat beragam, mulai dari bayam rebus yang diberi campuran biji dan minyak wijen, wortel, mentimun, telur dadar, acar lobak, kimchi, dan daging bulgogi.

 

Sumber : Pergikuliner (Kimbab)


Bentuk, Ukuran, dan Warna

Maki sushi memiliki bentuk yang lebih kecil, tapi potongannya lebih tebal. Rata-rata tebal potongannya mencapai 2-3 cm. Sedangkan kimbab memiliki diameter yang lebih besar dengan potongan yang lebih tipis dibanding dengan maki sushi yakni sekitar 1-2 cm. Berhubung isian kimbab lebih bervariasi alias terdapat lebih dari tiga jenis isian, maka saat dipotong-potong, warnanya jadi terlihat lebih cerah dan cantik.


Sumber : Pergikuliner.com (Sushi)


Tekstur dan Cita Rasa yang Berbeda

Terakhir adalah perbedaan dari segi cita rasanya. Maki sushi memiliki cita rasa yang agak manis dan gurih dengan tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan kimbab. Tekstur kimbab memang lebih renyah karena adanya acar lobak, kimchi, ditambah lagi isian sayuran lainnya yang ada di dalamnya sengaja dibuat setengah matang seperti wortel dan mentimun. Sedangkan untuk cita rasanya ada rasa asam dari kimchi dan acar lobak, manis dari wortel dan dagingnya.


Itu dia perbedaan sushi asal Jepang dan kimbab asal Korea. Setelah kamu tau perbedaannya, sekarang kamu bisa mencoba kedua makanan tersebut di restoran Jepang atau Korea yang sudah PergiKuliner siapkan di bawah ini! 

Sushi Kiosk

Foto Sushi Kiosk
Foto Sushi Kiosk

Kiyadon Sushi

Foto Kiyadon Sushi
Foto Kiyadon Sushi

Sushi Tei

Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei

Tokpoki

Foto Tokpoki
Foto Tokpoki

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?