Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tahu Kah Kamu? Ini Dia Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh

List Artikel
10 Juni 2020 | 0 Komentar

Indonesia dikenal sebagai negara yang punya kekayaan alam melimpah. Salah satu kekayaan alamnya adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan subur, seperti sayur-sayuran. Kita tidak akan mati kelaparan karena apapun yang ditanam bisa tumbuh dengan subur di tanah Indonesia. Coba saja kalau kita perhatikan, ada banyak sayur-sayuran yang bisa didapat dengan mudah dan pastinya harganya murah. Salah satu sayuran tersebut adalah daun singkong. Singkong tak hanya buahnya saja yang bisa disantap, tetapi daunnya juga bisa diolah menjadi masakan tradisional yang lezat. Daun singkong punya tekstur yang agak renyah dan sedikit kesat setelah dimasak. Biasanya daun singkong dijadikan lalap begitu saja untuk dimakan bersama dengan cocolan sambal  ulek atau dijadikan sebagai sayur daun singkong yang dimasak bersama dengan santan dan aneka rempah sehingga cita rasanya jadi gurih. Buat kamu yang suka banget makan sayur daun singkong, ternyata ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat, yaitu:



Sumber: Doyanresep.com


Sumber Energi Bagi Tubuh

Manfaat yang pertama dari sayur daun singkong adalah bisa menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam daun singkong terdapat asam amino yang bisa diolah menjadi energi ketika tubuh merasa lemas. Zat asam amino membantu mengubah sumber karbohidrat menjadi energi. Ditambah lagi kandungan lemak pada santan yang digunakan pada sayur daun singkong juga bisa memberikan energi bagi tubuhmu.


Mengobati Diare

Tahukah kamu kalau ternyata sayur daun singkong ini juga bisa mengobati diare. Jadi kalau sedang mengalami diare, kamu bisa mengonsumsi sayur daun singkong. Daun singkong bisa mengobati gangguan pada pencernaan seperti diare. Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa efek ekstrak daun singkong serupa dengan obat-obatan diare.


Mengembalikan Nafsu Makan

Daun singkong juga dapat mengembalikan nafsu makan. Sudah sejak lama daun singkong dimanfaatkan sebagai obat tradisional  oleh masyarakat Indonesia. Biasanya daun singkong direbus bersama dengan jahe. Tapi dalam sayur daun singkong, jahe juga termasuk dalam salah satu bumbu rempahnya.


Mencegah Gizi Buruk

Dengan rutin mengonsumsi sayur daun singkong 1-2 kali seminggu, maka kamu bisa mencegah terjadinya gizi buruk. Gizi buruk yang dimaksud di sini adalah gizi buruk yang terjadi akibat kekurangan protein atau yang lebih dikenal dengan kwashiokor. Tapi tentu saja, kamu juga harus membarenginya dengan menyantap makanan kaya nutrisi lainnya sebagai lauk pauknya.


Mengobati Stroke Ringan

Stroke ringan bisa diobati dengan daun singkong. Pasalnya dalam daun singkong terdapat kandungan zat isoflavon yang dapat mengobati stroke ringan. Tapi untuk mengobati stroke ringan ini, sebaiknya sayur daun singkong yang disajikan tidak dimasak bersama dengan santan agar kandungan lemaknya jadi lebih sedikit.


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat yang terakhir dari sayur daun singkong adalah bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini, imunitas tubuh harus tetap dijaga agar bisa tetap sehat dan terhindari dari virus. Dalam daun singkong terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan juga asam folat yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.


Itulah beberapa manfaat dari menyantap sayur daun singkong. Jadi mulai sekarang kalau ke rumah makan Padang, jangan lupa untuk menyantapnya ya!

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?