Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tahu vs Tofu, Bisakah Kamu Membedakan Keduanya?

List Artikel
20 Desember 2018 | 0 Komentar
Tahu dan tofu dikenal sebagai sumber protein nabati yang nilai gizinya tak kalah dari daging-dagingan. Tahu dan tofu sebenarnya berasal dari kuliner China yang berkembang ke seluruh negara Asia dan banyak digunakan dalam masakan-masakan khas Asia. Meski sama-sama terbuat dari kacang kedelai, tapi selama ini masyarakat Indonesia mengenal tahu dan tofu sebagai dua jenis bahan makanan yang berbeda. Padahal masyarakat luar negeri hanya mengenal tofu karena tahu merupakan bahan makanan yang hanya bisa dijumpai di Indonesia. Sebenarnya jika kita teliti lebih dalam lagi, tofu dan tahu ini memiliki perbedaan yang bisa dengan mudah kamu jumpai. Coba kita lihat apa saja perbedaannya yuk!



 Sumber : Gildedgingerbread.com


Jika dilihat dari segi bahan pembuatannya, tofu dan tahu dibuat dengan cara yang berbeda yakni pada penggunaan bahan penggumpalnya. Untuk tahu, bahan penggumpal diberikan lebih rendah konsentrasinya dari jumlah susu kedelai yang dipakai. Selain itu, pada proses pembuatannya, adonan tahu diletakkan dalam sebuah wadah dan ditekan dengan bahan pemberat sehingga airnya keluar sehingga tahu terasa lebih padat dibanding tofu karena kadar airnya lebih sedikit. Sedangkan tofu yang memiliki kadar air tinggi lebih terasa lembut dan licin. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia lebih sering menyebut tofu dengan nama tahu sutera.

Sumber : Resepkoki.id

Tak hanya dari segi bahan pembuatannya saja, tapi kalau kamu lihat dari segi variasinya, tahu memiliki variasi yang lebih beragam. Tahu khas Indonesia secara umum terbagi menjadi beberapa jenis yakni tahu kuning yang diberi tambahan pewarna alami kunyit, tahu cokelat segitiga yang sering digunakan sebagai bahan utama gorengan, tahu putih yang sering digunakan dalam campuran masakan dan tahu bulat yang cocok dijadikan cemilan. Sedangkan untuk tofu, jenisnya tergantung dari bahan campurannya. Ada tofu udang, tofu ayam, tofu original dan lain sebagainya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan antara tahu dan tofu? Jangan sampai salah mengenalinya lagi ya teman PergiKuliner. Buat kamu yang jadi ingin menyantap tahu setelah membaca artikel ini bisa langsung datang ke salah satu tempat di bawah ini ya!

Raja Tahu Kriuk No. 1

Foto Raja Tahu Kriuk No. 1

Tahu Gejrot Bang Jack

Foto Tahu Gejrot Bang Jack
Foto Tahu Gejrot Bang Jack

Tahu Plentung

Foto Tahu Plentung
Foto Tahu Plentung

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan

Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas

Foto Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?