Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Cabai, 5 Bahan Makanan Ini Juga Punya Efek Pedas Lho!

List Artikel
30 September 2019 | 0 Komentar

Suka kuliner pedas? Bagi masyarakat Indonesia, menyantap kuliner pedas memang sudah menjadi kegemaran. Pasalnya makanan pedas bisa meningkatkan nafsu makan seseorang dan bisa membuat kita nambah porsi. Selama ini kita selalu menganggap kalau rasa pedas hanya bisa didapat dari cabai saja, tetapi pada kenyataannya ada banyak bahan makanan lain yang memiliki efek pedas ketika disantap seperti cabai. Supaya tahu apa saja bahan makanan lainnya yang punya efek pedas selain cabai, kita akan lihat deretannya di bawah ini!

 

1. Merica



Sumber : Wetmarket.com


Kalau bahan makanan yang pertama ini sudah pasti kamu tahu. Merica sebagai rempah yang paling banyak digunakan untuk memasak ini memang memiliki cita rasa pedas dan bisa menghangatkan tubuh. Merica biasa digunakan sebagai bumbu masakan seperti pasta, sup, gorengan, hingga aneka kuliner yang dipanggang atau dikukus. Rasa pedas yang dihasilkan merica ini memiliki sensasi yang bisa menghangatkan tubuh. Berbeda dengan pedas cabai yang terasa di lidah, rasa pedas dari merica ini justru kamu rasakan di tenggorokan.

 

2. Jahe



Sumber : Heartapps.com


Selain merica, ada jahe yang juga memiliki sensasi pedas seperti cabai. Rasa pedas pada jahe ini mirip dengan merica yang bisa dirasakan di tenggorokan. Tapi tak hanya tenggorokan saja yang bisa merasakan sensasi hangat, tapi juga seluruh tubuhmu juga bisa merasakannya. Jahe bisa digunakan sebagai bumbu masakan serta campuran minuman. Rasa pedas jahe ini dihasilkan dari senyawa zingeron yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

 

3. Pala



Sumber : Pixeeds.com


Berikutnya ada pala yang tanpa disangka juga memiliki efek pedas saat kamu menyantapnya. Pala merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang bisa menciptakan rasa pedas jika diberikan pada masakan. Cita rasa pedas pada pala memang tidak sepedas cabai atau jahe dan merica, tapi tetap saja ada sensasi pedas dan hangat ketika kamu memakannya. Di Indonesia, pala lebih banyak ditemukan pada olahan masakan seperti semur.

 

4. Paprika



Sumber : Detik.net.id


Jika bahan-bahan makanan yang ada di atasa termasuk dalam kategori bumbu masakan, kali ini ada paprika yang termasuk jenis sayuran. Paprika memang masih satu keluarga dengan cabai. Meski demikian, cita rasa pedas pada paprika tidak sepedas cabai. Paprika justru cenderung memiliki cita rasa manis yang bisa kamu nikmati. Tingkat kepedasan paprika ini tergantung dari warnanya, untuk paprika yang memiliki cita rasa paling pedas adalah paprika hijau. Sedangkan untuk paprika kuning, merah dan orange cenderung lebih manis rasanya.

 

5. Wasabi



Sumber : Oyokata.com.pl


Terakhir ada wasabi yang memang sangat identik dengan kuliner Jepang, terutama sushi dan sashimi karena wasabi ini selalu dijadikan sebagai cocolan pendamping kedua kuliner tersebut. Wasabi sendiri merupakan sayuran yang memiliki aroma menyengat dan rasa pedas berbeda. Selain bisa memberikan citarasa pedas, wasabi memiliki antioksidan tinggi dan antimikroba yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada ikan segar.

 

Itulah beberapa bahan makanan yang mempunyai efek pedas saat menyantapnya. Kamu sendiri lebih suka rasa pedas dari bahan makanan yang mana? Daripada bingung mikirnya, lebih baik cobain dulu salah satu masakan pedas yang ada di bawah ini!

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Ayam Suwir Wara Wiri

Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Sushi Apa

Foto Sushi Apa
Foto Sushi Apa
Foto Sushi Apa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?