Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Daging Segar, Daging Kering Juga Kaya Nutrisinya Lho!

List Artikel
10 April 2020 | 0 Komentar

Daging menjadi salah satu sumber protein hewani yang punya banyak kandungan nutrisi untuk tubuh. Daging biasa dimasak dengan cara dipanggang, direbus, atau dibakar. Lantas bagaimana dengan daging kering? Daging kering merupakan daging yang dikeringkan, bisa dengan dijemur di bawah sinar matahari maupun digantung dan dibiarkan hingga kadar airnya berkurang. Jenis daging yang biasanya dikeringkan kebanyakan adalah daging sapi atau domba, tapi kamu juga bisa menggunakan jenis daging lainnya. Beberapa dari kita pasti menganggap kalau daging kering ini kandungan nutrisinya pasti berkurang. Padahal pada kenyataannya daging kering juga punya nutrisi yang tak jauh berbeda dengan daging segar. Banyaknya kadar nutrisi pada daging kering juga bisa memberikan manfaat sebagai berikut:

 



Sumber : Wayanadspicevalley.in


1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Tahukah kamu kalau ternyata daging kering punya kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu. Hal ini karena adanya kandungan zinc yang ada di  dalamnya. Kandungan zinc pada daging sapi kering bisa tingkatkan kekebalan tubuh serta membantu pembelahan sel di tubuhmu. Dalam 100 gram daging sapi kering mengandung 2,3 ml zinc. 

 2. Dapat Membangun Jaringan dan Enzim
Daging kering memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein dalam dendeng kering akan terurai dalam usus dan menjadi asam amino yang dapat digunakan oleh tubuh untuk membangun jaringan sel tubuh dan enzim yang dapat berguna untuk semua fungsi anggota tubuh. Per 100 gram daging kering mengandung sekitar 9,4 gram protein yang bisa memenuhi kebutuhan protein harian.

3. Mengurangi Peradangan
Dalam daging kering terdapat kandungan lemak yang ternyata bisa berguna untuk tubuh. Hal ini dikarenakan lemak tersebut adalah lemak baik yang dapat mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan otak. Dalam 100 gram dendeng sapi mengandung 116 kalori. Meski demikian, kami tak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Jadi konsumsinya jangan melebihi 100 gram per harinya ya!

 4. Mengontrol Kadar Gula Darah
Daging kering ternyata mengandung karbohidrat yang lebih sedikit dibanding dengan daging segar. Inilah yang membuatnya bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet. Berhubung daging kering rendah kadar karbohidratnya, maka kadar gulanya juga rendah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes dan juga bisa mengontrol gula darah dalam tubuh.

5. Dapat Mencegah Bakteri Masuk ke Tubuh
Dalam daging kering ada kandungan sodium nitrite yang dapat membantu menghalau bakteri-bakteri yang akan masuk dalam tubuh. Sodium nitrite sebenarnya adalah sejenis bahan pengawet yang dapat membantu daging kering tidak cepat basi. Tapi ternyata sodium nitrite punya kegunaan lain, yakni jika dikonsumsi, maka bisa menghalau masuknya bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Tapi bukan berarti kamu bisa menyantap sebanyak-banyaknya untuk menghalau bakteri. Konsumsi daging kering yang wajar adalah sekitar 100 gram per harinya.

Itulah beberapa manfaat dari banyaknya nutrisi yang ada pada daging kering. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya ya! Nah, jika perutmu jadi auto lapar setelah membaca artikel ini, sebaiknya kamu mampir ke salah satu tempat makan di bawah ini aja ya!

Palmier

Foto Palmier
Foto Palmier

Steak 21 Buffet

Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet

AB Steakhouse by Chef Akira Back

Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake

Street Steak

Foto Street Steak
Foto Street Steak
Foto Street Steak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?