Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Enak Diminum, Ini Manfaat Air Kelapa untuk Masakan!

List Artikel
19 November 2019 | 0 Komentar

Indonesia sebagai negara tropis dengan ribuan kepulauan memiliki kekayaan alam yang tak akan ada habisnya. Salah satu kekayaan alam tersebut adalah melimpahnya buah-buahan yang dimiliki Indonesia. Buah tropis yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia adalah kelapa. Tak hanya bisa dijumpai di kawasan pantai saja, kelapa juga bisa dijumpai di daerah pegunungan. Kelapa di Indonesia tak hanya dijadikan sebagai minuman menyegarkan yang kaya akan nutrisi, tapi juga ternyata sering digunakan sebagai masakan. Mungkin hal ini masih terdengar asing untukmu karena selama ini kita hanya mengenal kelapa sebagai menu minuman dan dessert saja. Memangnya ada manfaat apa saja yang diberikan air kelapa jika digunakan untuk masakan? Coba langsung kita lihat saja!

 


Sumber : Eatthis.com


Menghilangkan Bau Amis

Manfaat yang pertama adalah bisa menghilangkan bau amis pada masakan, terutama masakan-masakan yang menggunakan seafood dan daging kambing di dalamnya. Bau amis pada daging kambing tersebut bisa hilang jika kamu merendamnya dalam air kelapa muda sekitar kurang lebih 30 menit saja. Sedangkan untuk menghilangkan aroma amis pada seafood, kamu cukup merendamnya dalam waktu 2 menitan saja. Setelah direndam air kelapa, kamu tak perlu membilasnya lagi seperti pada saat menggunakan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon karena air kelapa yang meresap dalam daging bisa menjadikan cita rasanya jadi lebih lezat.

 

Memberikan Rasa Manis dan Gurih yang Alami

Manfaat yang kedua dari menggunakan air kelapa untuk masakan adalah bisa memberikan rasa manis dan gurih secara alami tanpa kamu harus menggunakan gula dan penyedap rasa. Gantilah air kelapa pada saat merebus daging sapi, daging kambing, ayam, hingga bebek. Dengan begitu, air kelapa akan terserap ke dalam daging dan menjadikan cita rasanya legit dan manit. Selain itu, kamu juga bisa mengganti air yang digunakan untuk memeras santan dengan air kelapa muda sehingga lebih gurih hasil santannya.

 

Mengempukkan Daging

Daging yang alot ternyata bisa diatasi dengan cara menambahkan air kelapa di dalamnya. Gunakan air kelapa muda saat merebus daging dan kamu bisa mengurangi waktu memasak karena air kelapa bisa mengempukkan daging. Jika tak ingin digunakan untuk merebusnya karena daging akan dibakar atau dipanggang, maka kamu bisa merendam sekitar 15-30 menit daging dengan air kelapa dan rempah lainnya.

 

Meningkatkan Aroma Masakan

Manfaat terakhir dari air kelapa untuk masakan adalah bisa meningkatkan aroma masakan. Indonesia memang terkenal akan bumbu rempah-rempahnya yang melimpah sehingga cita rasa masakan jadi lezat, tapi dengan adanya tambahan air kelapa muda, maka aroma masakan yang tadinya sudah wangi bisa lebih tajam lagi aroma wanginya. Hal ini bisa kamu temukan pada nasi kuning hingga baceman yang menggunakan air kelapa muda di dalamnya.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kalau air kelapa tak hanya bisa digunakan untuk minuman saja? Jika lapar menghantuimu usai membaca artikel ini, kamu tinggal mampir aja ya ke salah satu restoran di bawah ini! 

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Ayam Suwir Wara Wiri

Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri

Live Seafood Cabe Ijo

Foto Live Seafood Cabe Ijo
Foto Live Seafood Cabe Ijo
Foto Live Seafood Cabe Ijo

Oma Seafood

Foto Oma Seafood
Foto Oma Seafood
Foto Oma Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?