Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Enak Dinikmati Panas, Ini Jenis Kopi Dingin yang Sedang Populer di Kalangan Anak Muda

List Artikel
19 April 2018 | 0 Komentar

Kopi sudah menjadi minuman kesukaan banyak orang di dunia. Di Indonesia, peminum kopi sudah merata, mulai dari anak remaja hingga orang dewasa. Jenis kopi yang dipilih tentunya sangat beragam, tapi berhubung cuaca di Indonesia yang terbilang cukup panas, maka jenis kopi yang menjadi favorit masyakatnya adalah kopi dingin. Keberadaan kopi dingin pertama kali muncul di Amerika pada abad ke-19. Sedangkan di Indonesia sendiri, kopi dingin sudah ada sejak lama. Hanya saja beberapa tahun terakhir ini, kopi dingin semakin digemari, terutama oleh anak muda yang menyeruputnya untuk menghilangkan dahaga di siang hari. Buat kamu yang suka meminum kopi dingin, PergiKuliner ada empat jenis kopi dingin yang sedang popular dan menjadi perbincangan di sosial media, yaitu:

 

1. Cold Brew


Sumber: pergikuliner.com


Kopi dingin pertama yang paling sering dipesan adalah cold brew yang dibuat dengan metode manual brew tapi perbedaannya adalah tidak menggunakan air panas, melainkan menggunakan air bersuhu ruangan. Setelah diseduh, kopi lalu didiamkan dalam lemari es selama semalaman lebih. Hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan konsentrat kopi yang didinginkan. Biasanya cold brew disajikan bersama dengan es batu kotak. Bisa dikatakan cold brew ini mirip dengan infused water, hanya saja bukan buah dan sayur yang digunakan sebagai bahannya, melainkan bubuk kopi.

 

2. Es Kopi Susu

Sumber: pergikuliner.com


Kalau jenis minuman kopi dingin yang satu ini sudah pasti kamu tahu karena es kopi susu sejak tahun 2017 yang lalu sedang menjadi tren hingga sekarang. Kamu bahkan bisa melihat hampir di setiap kedai kopi berlomba untuk menyajikan menu minuman ini. Es kopi susu dibuat dengan menggunakan bahan campuran espresso, susu segar, susu kental manis, gula aren, dan es batu. Cita rasanya sudah pasti lebih manis dengan tekstur yang agak creamy sehingga cocok di lidah semua orang.

 

3. Nitro Coffee


Sumber: pergikuliner.com


Beralih ke nitro coffee yang banyak disajikan menjadi sajian kopi dingin. Pembuatan nitro coffee tergolong cukup unik karena menggunakan nitrogen yang diinfus ke dalam sajian kopi. Setelah diseduh, nitro coffee ini memiliki gelembung-gelembung busa pada bagian atasnya sehingga mirip dengan minuman bir. Dibanding cold brew, citab rasa nitro coffee lebih tajam dan lebih manis dengan tekstur yang lebih creamy dan kental.

 

4. Coffee Cube Ice


Sumber: pergikuliner.com


Jenis kopi dingin ini bisa dibilang merupakan varian baru yang baru populer belakangan ini karena memiliki penyajian yang unik. Jika kamu memesan menu minuman ini, maka kamu akan mendapatkan batu es yang terbuat dari kopi espresso, segelas susu putih, dan gula cair. Cara meminumnya adalah dengan mencampurkan ketiganya menjadi satu dan aduk hingga rata sebelum diseruput. Fungsi coffee cube ice ini bisa membuat citarasa kopi jadi lebih terjaga dalam suhu yang dingin.


5. Ice Americano


Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada ice Americano yang merupakan versi dingin dari kopi Americano. Americano merupakan jenis kopi yang dibuat dengan cara mencampur espresso dan air. Perbandingannya bisa 1:3. Ice Americano lebih banyak dipesan oleh para cowok karena rasa khas kopinya masih sangat kuat dan tidak manis. Meski keberadaan ice Americano ini lebih lama dibanding ketiga jenis kopi dingin lainnya, tapi ice Americano masih tetap digemari hingga sekarang.


Itu dia beberapa varian kopi dingin yang populer di kalangan anak muda. Kalau kamu nggak mau ketinggalan tren, kamu bisa menikmati aneka kopi dingin di tempat-tempat ini!

Tuku Kopi

Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi

Kopi Kebut

Foto Kopi Kebut
Foto Kopi Kebut

Djournal Coffee

Foto Djournal Coffee
Foto Djournal Coffee

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Guten Morgen Coffee Lab & Shop

Foto Guten Morgen Coffee Lab & Shop

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?