Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Indonesia, 5 Negara Ini Juga Punya Ikan Asin yang Rasanya Endol Banget

List Artikel
3 Maret 2018 | 0 Komentar

Suka menyantap ikan asin? Keberadaan ikan asin di Indonesia memang sangat terkenal karena sering dijadikan lauk pauk atau dicampur dengan makanan lainnya. Ikan asin merupakan ikan yang diawetkan dengan menggunakan garam. Tujuan dari penggaraman ini sebenarnya adalah untuk mengawetkan ikan agar awet dan tahan lama karena garam bisa menghambat hingga menghentikan pertumbuhan bakteri pada ikan. Tak heran jika ikan asin bisa bertahan hingga jangka waktu berbulan-bulan jika kamu menyimpannya dengan baik. Jenis ikan yang dijadikan ikan asin biasanya adalah ikan laut. Oleh karena itu, penghasil ikan asin terbanyak bisa kamu jumpai di derah yang berada di pinggir laut.

 

1. Baccala dari Italia


Sumber: thenoshery.com


Baccala merupakan ikan asin yang berasal dari Italia. Ikan ini terbuat dari pengeringan dan pengasinan ikan cod yang bergizi tinggi karena jenis ikan ini berasal dari laut. Baccala memiliki daging yang cukup tebal sehingga bagian dalamnya masih tetap lembut meski sudah dikeringkan. Baccala sering dimasak dalam tumisan atau salad yang dicampur dengan aneka sayuran.

 

2. Tuyo dari Filipina


Sumber: flickr.com


Tuyo merupakan ikan asin yang berasal Filipina. Tak hanya bisa dibuat dari ikan laut, tuyo juga bisa dibuat dari ikan air tawar yang diasinkan terlebih dahulu lalu dikeringkan dengan cara dijemur hingga berhari-hari. Ikan yang digunakan untuk tuyo ini biasanya jenis ikan yang berukuran kecil. Di negara asalnya, tuyo bisa disantap sebagai tambahan menu sarapan pagi bersama dengan telur mata sapi atau digoreng begitu saja untuk disantap dengan bubur nasi.

 

3. Kusaya dari Jepang


Sumber: jpnfood.com


Kusaya dikenal di Jepang sebagai camilan yang paling sering dikonsumsi dengan minuman sake. Kusaya merupakan ikan asin Jepang yang memiliki aroma cukup menyengat dan rasa yang sangat asin. Meski aromanya menyengat, tapi tekstur ikan ini lebih lembut dan warnanya lebih gelap dibanding jenis ikan asin lainnya. Citarasa kusaya tidak terlalu asin karena konsentrasi campuran garamnya hanya 8%, berbeda dengan ikan asin Indonesia yang memiliki konsentrasi garam hingga 20%.

 

4. Shutki dari Bangladesh


Sumber: wikimedia.org


Tak berbeda jauh dengan kusaya, shutki yang berasal dari Bangladesh ini juga punya aroma yang menyengat karena dikeringkan dalam waktu yang cukup lama. Inilah yang membuat teksturnya terbilang tipis dan agak garing. Ada banyak sekali olahan makanan Bangladesh yang dicampurkan dengan shutki seperti loitta shutki vuna yang merupakan kuliner bercitarasa pedas yang mirip sambal, begun shutki yang mencampurkan shutki dengan terong, dan masih banyak lagi.

 

5. Hongeohoe dari Korea Selatan


Sumber: smartshanghai.com


Terakhir ada hongeohoe yang merupakan ikan asin khas Korea Selatan. Hongeohoe terbuat dari irisan ikan pari segar atau yang difermentasikan dalam guci tanah liat selama kurang lebih 10 hari. Tak seperti ikan asin kebanyakan yang sengaja difermentasikan dalam keadaan utuh, ikan pari yang digunakan dalam hongeohoe dipotong-potong kotak terlebih dahulu sebelum difermentasikan. Hongeohoe sering disajikan saat ada acara-acara khusus seperti pesta pernikahan.

 

Teman PergiKuliner sekarang jadi tahu kan kalau ada negara lain yang juga punya ikan asin seperti Indonesia? Jangan bersedih kalau kamu akan kesulitan mencari jenis ikan asin yang berasal dari luar negeri tersebut karena ikan asin di Indonesia tidak kalah enaknya kok, apalagi kalau kamu makan di tempat-tempat di bawah ini!

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Ikan Nila Pak Ugi

Foto Ikan Nila Pak Ugi
Foto Ikan Nila Pak Ugi

Restoran Ikan Tude Manado

Foto Restoran Ikan Tude Manado
Foto Restoran Ikan Tude Manado

Radja Gurame

Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame

Pondok Pangandaran

Foto Pondok Pangandaran
Foto Pondok Pangandaran
Foto Pondok Pangandaran

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?