Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Indonesia, 7 Negara Ini Juga Punya Sambal Favorit

List Artikel
21 Oktober 2017 | 0 Komentar

Sambal dikenal sebagai hasil olahan cabai yang memiliki cita rasa pedas dan disukai banyak orang. Sambal biasa disantap sebagai bahan pelengkap makanan yang bisa membuat nafsu makan seseorang bertambah. Indonesia menjadi negara yang masyarakatnya tak bisa lepas dari sambal. Pada berbagai makanan khas Indonesia bisa kamu temui sambal yang disajikan sebagai pelengkap untuk menambah rasa pedas. Di Indonesia, sambal dibuat dari bahan utama cabai, bawang, dan garam. Meski identik dengan masakan Indonesia, tapi tahukah kamu kalau sambal juga dimiliki tujuh negara di bawah ini!

 

1. Gochujang dari Korea


Sumber: seriouseats.com


Penggemar masakan Korea pasi sudah tahu gochujang yang merupakan sambal khas Korea. Gochujang atau pasta cabai ini terbuat dari campuran cabai merah kering yang dihaluskan menjadi bubuk lalu dicampur dengan beras ketan, dan fermentasi kedelai lalu kemudian disimpan dalam toples tanah liat selama beberapa hari. Gochujang ini bisa kamu jumpai pada hampir semua masakan Korea yang memiliki cita rasa pedas seperti bibimbap, kimchi jjigae, dan lain sebagainya.

 

2. Tabasco dari Amerika Serikat


Sumber: webstaurantstore.com


Tabasco bisa kamu jumpai sebagai penambah cita rasa pedas pada masakan Barat. Meski berasal dari Amerika Serikat, tapi tabasco lebih banyak dijumpai di Meksiko. Tabasco terbuat dari bahan utama cabai, cuka, dan garam yang disimpan dalam botol kaca selama kurang lebih tiga tahun agar bisa mendapatkan rasa dan cita rasa yang unik yakni perpaduan rasa pedas dan asam.

 

3. Chili Oil dari Tiongkok


Sumber: seriouseats.com


Sesuai dengan namanya, chili oil merupakan sambal yang terbuat dari perpaduan cabai rawit dengan minyak sayur yang diletakkan dalam wadah dan dibiarkan dalam waktu yang cukup lama sehingga warna minyak sayur kemudian perlahan berubah warnanya menjadi kemerahan. Chili oil ini yang memiliki cita rasa gurih pedas ini sangat umum digunakan pada campuran masakan khas Tiongkok atau dijadikan sebagai penambah rasa pedas pada sajian makanan.

 

4. Harissa dari Tunisia


Sumber: delicious-food.com


Harissa merupakan sambal khas Tunisia yang terbuat dari kombinasi cabai panggang dan bawang putih, minyak zaitun, ketumbar, dan jinten. Sambal ini sebenarnya mirip dengan sambal khas Indonesia, tapi yang membedakannya adalah penambahan air mawar pada penyajiannya sehingga harissa memiliki aroma yang wangi serta cita rasa yang pedas yang unik untuk kamu coba. Meski berasal dari Tunisia, harissa juga popular di Maroko dan Afrika Utara.

 

5. Sriracha dari Thailand


Sumber: webstaurantstore.com


Jika kamu mampir ke restoran Thailand, kamu pasti menemukan sambal khas Thailand yang memiliki tekstur encer dengan warna orange kemerahan. Sriracha merupakan sambal khas Thailand yang namanya diambil dari nama pembuatnya yakni Si Racha. Sriracha terbuat dari bahan campuran cabai merah, bawang putih, cuka, garam, dan gula yang difermentasikan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga citarasanya pedas cenderung asam dengan aroma bawang putih yang menyengat.

 

6. Piri-piri dari Afrika Selatan


Sumber: chilipeppermadnes.com


Piri-piri diambil dari nama salah satu cabai terpedas yang berasal dari Afrika. Jadi kebayang khan pedasnya sambal ini seperti apa? Piri-piri terbuat dari campuran cabai, bawang putih, minyak zaitun, air lemon, daun bay, taragon, oregano, dan paprika. Penggunaan rempah-rempah yang cukup bervariasi membuat sambal ini memiliki aroma wangi yang sangat menggoda, tapi saat kamu menyantapnya, tentu saja rasa pedas akan mulai menggigit lidahmu.

 

7. Sambar dari Srilanka


Sumber: indianhealthyrecipes.com


Sambar merupakan sambal yang berasal dari Srilanka. Sambar dibuat dari bahan-bahan yang cukup banyak seperti cabai merah, kunyit, merica, mustard, tomat, minyak sayur, kelapa parut kering, dan lain sebagainya. Sambar tak hanya bisa kamu jumpai pada kuliner khas Srilanka, tapi juga kuliner khas India. Pada kuliner India, sambar disajikan bersama dengan dosa untuk dijadikan sebagai sambal cocolan.


Nah, sudah tahu kan ternyata tidak hanya Indonesia saja yang punya sambal dan menjadi andalan. Buat kamu yang kepingin icip-icip makanan dari asal negara-negara di atas atau kamu termasuk pecinta pedas, kamu bisa langsung datang ke restoran di bawah ini!

Fat Stone

Foto Fat Stone
Foto Fat Stone
Foto Fat Stone

Ying Thai

Foto Ying Thai
Foto Ying Thai
Foto Ying Thai

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

Queen's Tandoor

Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor

The Grand Duck King

Foto The Grand Duck King
Foto The Grand Duck King

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?