Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Jepang, Indonesia Juga Punya 5 Hidangan Ikan Mentah yang Lezat

List Artikel
27 November 2018 | 0 Komentar

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang rendah kolesterol dan sangat menyehatkan bagi tubuh. Di negara Jepang, ikan lebih sering disantap dalam keadaan mentah seperti dijadikan sashimi atau sushi sehingga nilai gizinya masih utuh. Tapi di Indonesia, kita lebih mengenal olahan ikan matang seperti ikan goreng, ikan bakar, gulai ikan, pindang ikan, hingga pepes ikan. Sebagai negara kepulauan yang kaya akan hasil lautnya, di beberapa wilayah Indonesia, ikan justru terasa lebih sedap jika disantap dalam keadaan mentah karena masih fresh dan juicy. Ingin tahu ada hidangan ikan mentah apa saja yang dimiliki Indonesia? Yuk, kita lihat!

 

1. Naniura


Sumber : Id.tastemade.com


Pertama ada naniura yang merupakan kuliner khas suku Batak. Kuliner naniura bisa kamu jumpai di sekitar wilayah Danau Toba, Sumatera Utara. Naniura terbuat dari jenis ikan mas atau dekke yang dibersihkan dari duri dan lendirnya lalu direndam selama dua hingga tiga jam di air yang sudah diberi perasan jeruk purut. Setelah itu, ikan disiram dengan campuran sepuluh macam bumbu sehingga cita rasanya menjadi gurih dan wangi. Selain itu, teksturnya juga menjadi lebih kenyal.

 

2. Gohu


Sumber : Primarasa.co.id


Gohu menjadi salah satu hidangan ikan mentah yang sangat populer di Indonesia. Pasalnya, tampilan kuliner ini sekilas sangat mirip dengan kuliner poke yang berasal dari Hawai. Gohu merupakan kuliner khas Ternate yang menggunakan ikan tuna atau ikan cakalang sebagai bahan bakunya. Ikan segar yang sudah dibersihkan sisik dan durinya kemudian dipotong-potong dadu kemudian dicampur dengan irisan bawang merah, daun kemangi, perasan lemon, cabai rawit, kacang tanah yang ditumbuk kasar, dan minyak kelapa. Tak heran kalau aromanya sangat wangi dan cita rasanya sangat lezat.

 

3. Lawa Bale


Sumber : Indonesianfoods313.blogspot.com


Kuliner lawa bale menjadi hidangan yang disantap sehari-hari oleh masyarakat Polewi Mandar, Sulawesi Barat. Lawa bale merupakan hidangan ikan mentah yang menggunakan jenis ikan kecil seperti ikan teri, ikan jambu-jambu dan ikan banjar yang diberi perasan jeruk nipis, parutan kelapa, dan garam. Setelah semua bumbu dicampurkan, ikan kemudian didiamkan beberapa menit sehingga aroma amis dan anyirnya hilang berganti dengan aroma wangi yang sedap.

 

4. Rusip



Sumber : Indonesiakaya.com


Di daerah Bangka Belitung ada kuliner ikan mentah bernama rusip yang sekilas tampilannya tidak terlalu menggugah selera, tapi ketika kamu santap kuliner ini bisa membuat nafsu makanmu bertambah karena cita rasanya sangat lezat. Rusip terbuat dari bahan baku ikan teri yang difermentasikan terlebih dahulu selama tujuh hari dalam wadah tertutup. Setelah aroma khasnya tercium, maka ikan tandanya sudah siap disantap. Tapi sebelum disajikan, ikan teri diberi perasan jeruk kunci, irisan bawang merah dan cabai rawit. Kuliner masyarakat Bangka Belitung ini paling lezat disantap dengan nasi putih hangat.

 

5. Pacco


Sumber : Stalktr.com


Terakhir ada pacco yang menjadi kuliner khas Luwu, Sulawesi Selatan. Masyarakat Luwu membuat pacco dengan bahan baku ikan teri putih yang dibersihkan terlebih dahulu, baru kemudian dibilas dengan air matang lalu diberi tambahan perasan jeruk nipis dan didiamkan selama beberapa menit agar bau amisnya hilang. Setelah itu, ikan dicampur dengan jeruk purut, kacang tanah goreng, cabai rawit dan garam. Cita rasa dari pacco ini sangat segar, gurih dan ada campuran rasa asamnya.

 

Nah, itu dia lima hidangan ikan mentah yang dimiliki oleh Indonesia, kamu sudah pernah coba yang mana saja nih? Jangan lupa cicipi aneka sajian ikan dari beberapa tempat makan di bawah ini ya!

Ikan Nila Pak Ugi

Foto Ikan Nila Pak Ugi
Foto Ikan Nila Pak Ugi

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

O! Fish

Foto O! Fish
Foto O! Fish
Foto O! Fish

Pokinometry

Foto Pokinometry
Foto Pokinometry
Foto Pokinometry

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?