Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Kuliner Saja yang Enak, Ini Kue Khas Manado yang Paling Favorit

List Artikel
23 November 2018 | 0 Komentar

Di Indonesia, kuliner dari daerah mana saja yang paling terkenal? Ada kuliner Padang, Sunda, Betawi, Jawa, hingga kuliner Manado. Manado memang sangat terkenal akan kuliner-kuliner khasnya, mulai dari bubur Manado, ayam tuturuga, ayam woku, ayam rica, pisang goroho, sambal roa dan masih banyak lagi lho. Kamu bahkan bisa dengan mudah menemukan restoran-restoran Manado di Jakarta. Tapi ternyata tidak hanya makanannya saja yang terkenal enak, tapi kue-kuenya pun juga terasa enak. Kira-kira ada kue-kue apa saja ya? Mari kita lihat yuk!

 

1. Panada



Sumber : Pergikuliner.com


Sekilas kue yang satu ini memang mirip dengan pastel. Tapi ternyata keduanya berbeda. Panada terbuat dari adonan roti yang di dalamnya diisi dengan ikan cakalang suwir yang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, cabai, kemangi dan garam. Cita rasanya tentu saja sangat gurih dan ada sedikit rasa pedas. Nama panada aslinya diambil dari bahasa Portugis ‘empanada’ yang memiliki arti makanan yang dibungkus.


2. Klapertart



Sumber : Kepyurpyur.wordpress.com


Berbicara tentang kue khas Manado pasti yang terbayang adalah klapertart yang merupakan kue berbahan dasar daging kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur yang kemudian diberi taburan kismis dan kacang almond lalu dipanggang hingga bagian atasnya berwarna kecoklatan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan meleleh di mulut dengan cita rasa manis serta gurih.  


3. Biapong

Sumber : Masakandapurku.com


Biapong merupakan bakpao khas Manado yang sering dijual oleh pedagang kaki lima pinggir jalan. Biapong terbuat dari campuran tepung terigu dan air yang diadon lalu diberi isian. Ada dua jenis isian biapong, yakni daging cincang untuk cita rasa gurih dan untuk yang cita rasanya manis ada kacang hitam dan unti yang terbuat dari campuran gula aren dan kelapa parut. Biapong sangat cocok dikonsumsi bersama dengan secangkir kopi hangat.


4. Pinende



Sumber : Tempatwisataindonesia.id


Kue bercita rasa manis yang satu ini memang dari tampilannya terlihat imut karena bentuknya yang kecil. Kue pinende merupakan kue khas Manado yang terbuat dari tepung ketan dan campuran kelapa parut. Setelah dibentuk bulat, bagian tengahnya diberi cekungan untuk meletakkan sirup gula merah atau kinca. Cita rasa kue ini manis dan gurih karena ada parutan kelapa di dalamnya. Pinende sangat sering dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Manado.


5. Kukis Gelang


Sumber : Warongbakudapa.com


Selain pinende, ada lagi nih oleh-oleh khas Manado yang juga banyak dicari. Kukis gelang merupakan cemilan enak yang terbuat dari campuran tepung terigu, kuning telur, santan, kacang tanah, gula aren, kayu manis dan garam. Setelah tercampur rata, adonan tersebut kemudian digoreng hingga matang dan ditiriskan. Kukis gelang memiliki aroma yang sangat wangi dengan cita rasa manis yang pas untuk dijadikan cemilan saat sedang mengobrol dengan teman.


6. Balapis


Sumber : Pergikuliner.com


Kue bertekstur legit dan bercita rasa manis gurih ini merupakan kue lapis khas Manado yang terbuat dari campuran tepung beas, santan kelapa, gula pasir, pandan, cokelat bubuk dan vanili. Adonan yang sudah tercampur rata kemudian dipisahkan menjadi dua warna, hijau dan cokelat yang kemudian dikukus secara berlapis. Kue balapis ini biasa ditemukan di rumah makan Manado atau ada juga di toko kue tradisional.

 

7. Koyabu



Sumber : Drinklifedeeply.blogspot.com


Meski namanya seperti nama cemilan asal Jepang, tapi koyabu merupakan cemilan khas Manado yang terbuat dari tepung ketan, kelapa parut kasar dan garam yang dicampur hingga rata lalu dibungkus dengan daun pandan lalu diisi dengan gula merah yang telah disisir. Setelah dikukus hingga matang, koyabu bisa langsung disantap saat masih hangat karena nanti gula merah yang meleleh akan terasa lezat bercampur dengan gurihnya kelapa parut.

 

Nah, itu dia tujuh kue khas manado yang terfavorit, kamu sudah pernah coba yang mana saja nih? Jangan lupa icip aneka kue lainnya yang sudah Pergikuliner siapkan di bawah ini ya!

Redbox Manadonese Food By BOX Inc.

Foto Redbox Manadonese Food By BOX Inc.
Foto Redbox Manadonese Food By BOX Inc.
Foto Redbox Manadonese Food By BOX Inc.

Sakura Anpan

Foto Sakura Anpan
Foto Sakura Anpan

Dynamic

Foto Dynamic

Amaro Cake & Pastry

Foto Amaro Cake & Pastry
Foto Amaro Cake & Pastry

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?