Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Nanas, 5 Buah Ini Juga Bisa Dijumpai dalam Kemasan Kaleng

List Artikel
17 Februari 2023 | 0 Komentar

Kemasan kaleng merupakan salah satu bentuk cara untuk mengawetkan bahan makanan supaya bisa bertahan lama. Makanan yang bisa dikemas dengan kemasan kaleng bisa beragam, mulai dari daging, ikan, sayuran, hingga buah-buahan. Makanan yang dikemas dalam kaleng ini sudah ada sejak tahun 1800-an dan dan pertama kali ditemukan oleh seorang berkebangsaan Amerika. Tujuan awal dari makanan yang dikemas dalam kaleng tidak hanya untuk mengawetkannya tapi juga untuk mempermudah tentara dalam membawa persediaan makanan mereka. Tentu saja bahan makanan yang pertama kali dijadikan kemasan kaleng adalah daging-dagingan dan sayuran, barulah buah-buahan yang juga ikut dikemas dalam kaleng. 



Sumber: My-best.id


Buah nanas merupakan buah yang paling banyak dijumpai di dalam kemasan kaleng. Hal ini dikarekanan buah tropis ini sulit untuk ditemukan. Tapi ternyata selain buah nanas ada lima buah lainnya yang bisa kamu jumpai di dalam kemasan kaleng. Apa saja? Kita bahas sama-sama yuk!


1. Jeruk



Sumber: Arcticgardenstudio.blogspot.com


Buah pertama yang paling sering dijumpai dalam kemasan kaleng selain nanas adalah jeruk. Jeruk adalah buah yang memiliki ciri khas tampilan yang orang kekuningan dengan daging buah berbentuk bulir dan memiliki campuran rasa asam dan manis di dalamnya. Di Indonesia, buah jeruk ada banyak jenisnya, ada jeruk sunkist, jeruk kepok, jeruk nipis, jeruk mandarin, hingga jeruk bali. Tapi yang sering dijumpai dalam kemasan kaleng adalah buah jeruk mandarin, karena jeruk mandarin memiliki bentuk yang kecil sehingga lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam kaleng. Buah jeruk mandarin yang dikalengkan ini biasanya nanti akan dipergunakan untuk hiasan kue hingga campuran minuman serta dessert.


2. Leci



Sumber: Foxyfolksy.com


Selain jeruk, ada buah leci yang juga kerap kali dijumpai dalam kemasan kaleng. Sedikit berbeda dengan buah jeruk, buah leci kalengan justru lebih banyak dikalengkan karena buah segarnya terbilang sulit untuk dijumpai. Selain itu buahnya juga mudah busuk jika disimpan dalam waktu lama sehingga lebih banyak yang diawetkan dengan cara dikalengkan. Leci merupakan buah yang memiliki tampilan kulit yang berwarna kemerahan dan bagian dalam dagingnya yang putih. Buah leci memiliki rasa yang sangat manis sehingga cocok dijadikan sebagai pelengkap pada olahan dessert hingga minuman dingin.


3. Persik



Sumber: Delish.com


Buah dalam kemasan kaleng selanjutnya ada peach atau buah persik. Buah persik memiliki rasa manis dan tekstur yang sangat lembut. Buah ini memang terbilang cukup sulit dijumpai di negara Indonesia karena memang buah termasuk buah tropis. Persik biasanya dikalengkan dalam bentuk atau dalam bentuk irisan. Tidak jauh berbeda dengan buah leci, persik juga banyak digunakan sebagai topping pada aneka dessert dan juga minuman.


4. Ceri



Sumber: Onehundreddollarsamonth.com


Untuk buah ceri kalengan pastinya sudah sering kamu lihat. Buah ceri yang dikalengkan ada banyak jenisnya, tapi yang paling sering dijadikan buah kaleng adalah ceri merah. Buah ceri yang dikalengkan bisa dengan menggunakan tangkainya atau tanpa tangkai. Keduanya tidak jauh berbeda. Hanya saja jika dilihat dari segi estetika, ceri merah bertangkai akan terlihat lebih cantik. Buah ceri kaleng sangat sering dijadikan sebagai hiasan pada kue atau olahan dessert lainnya. Tak hanya membuat tampilan kue menjadi lebih cantik, buah ceri kalengan memiliki rasa yang manis dan sedikit rasa asam sehingga tidak mudah membuat enek. 


5. Buah Zaitun



Sumber: Terramarimports.com


Buah yang sering dijumpai dalam kemasan kaleng adalah buah zaitun. Buah zaitun adalah buah yang masuk dalam kategori superfood karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Buah zaitun ada yang berwarna hijau dan ada yang hitam. Buah zaitun sangat sulit dijumpai di Indonesia karena tidak mudah untuk membudidayakannya sehingga lebih sering dijumpai dalam bentuk kalengan dibanding bentuk segarnya. Berbeda dengan buah-buahan kaleng lainnya, buah zaitun justru lebih sering dijadikan campuran dalam olahan salad hingga makanan bercita rasa asin gurih lainnya.


Itu dia lima jenis buah yang bisa dijumpai di dalam kemasan kaleng selain nanas. Dari lima buah di atas, yang mana favorit kamu? Dan buat kamu pecinta buah-buahan, PergiKuliner sudah siapkan rekomendasi tempat di mana kamu bisa makan olahan buah yang enak dan segar. Cek di bawah ini!

Oranje Juicery

Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery

Juice Point

Foto Juice Point
Foto Juice Point
Foto Juice Point

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

Nutrisi Cafe

Foto Nutrisi Cafe
Foto Nutrisi Cafe
Foto Nutrisi Cafe

Chia-Yo

Foto Chia-Yo
Foto Chia-Yo
Foto Chia-Yo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?